Tips Email - Mengamankan dari Hacker

28 Oct 2011 12:30 4246 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Email tidak hanya digunakan untuk kepentingan peibadi, tetapi juga untuk kepentingan bisnis. Demi menyelamatkan data-data yang ada di email Anda, maka Anda perlu mengetahui tips email bagaimana cara memiliki email yang aman dari kelinci percobaan hacker.

Email merupakan salah satu komponen terpenting dalam berkomunikasi di dunia maya. Ketika Anda menggunakan jejaring sosial contohnya, notifikasi atau pemberitahuan seputar aktivitas Anda dengan teman akan diberitahuan melalui email. Misalnya ada kasus ketika situs jejaring sosial Anda ada yang meng-hack, maka solusi pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka email. Pastikan bahwa email Anda juga aman dari tindakan hack tersebut, di sini tips email lah yang Anda butuhkan untuk menghindari email Anda dari tindakan hacker.

Email tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, tetapi juga untuk kepentingan bisnis. Demi menyelamatkan data-data yang ada di email Anda, maka Anda perlu mengetahui tips email bagaimana cara memiliki email yang aman dari kelinci percobaan hacker.

Berikut tips email dari Plimbi:

  1. Pilihlah layanan penyedia email yang menyediakan situs login yang aman. Situs yang aman ditunjukkan oleh alamat situs-nya di mana ia dimulai dengan kode "https". Mungkin email yang sekarang Anda gunakan adalah tipe "http", alamat situs tersebut bukannya tidak aman, tetapi hanya kurang aman saja karena situs "http" tidak memiliki kemampuan penuh untuk melindungi sandi dan informasi lain ketika Anda login dan ditransmisikan ke situs.

  2. Tips email selanjutnya adalah pilih operator yang menawarkan data enkripsi untuk email Anda. Menurut layanan Hushmail email, enkripsi akan melindungi pesan dari kemungkinan terbacanya oleh pihak ketiga bahkan mereka bisa saja mendapatan akses ke server email Anda. Hal ini juga akan melindungi Anda dari pesan seseorang yang telah menyadap koneksi Internet pada jaringan publik atau koneksi nirkabel tanpa jaminan.

  3. Gunakan layanan email yang memungkinkan Anda untuk menggunakan nama samaran. Hal ini memungkinkan Anda untuk melindungi identitas sebenarnya ketika Anda mengirim dan menerima pesan email.

  4. Jangan membuka attachment dari pengirim yang tidak dikenal, karena mungkin saja pesan tersebut berisi virus atau perangkat lunak yang berbahaya yang akan memonitor aktivitas Anda atau bahkan mengambil alih komputer Anda. Anda juga harus mencurigai lampiran-lampiran pesan yang dianggap aneh dari pengirim yang Anda kenal sekalipun. Komputer pengirim bisa saja diambil alih oleh malware yang akan mengirimkan Anda virus tanpa sepengetahuan pemilik akun email-nya.

  5. Hati-hati saat memberikan alamat email aman Anda kepada orang lain. Sedikit batasi penggunaan email untuk bisnis atau untuk teman dekat. Anda bisa menggunakan alamat email dari layanan gratis seperti Gmail atau Yahoo! untuk melakukan pembelian, signup untuk berlangganan atau melakukan hal lain yang mungkin mengekspos Anda untuk spam.

  6. Sebaiknya Anda juga memisahkan email antara email pribadi atau bisnis dan email untuk notifikasi jejaring sosial yang Anda miliki, hal ini dikarenakan dipastikan ada banyak notofikasi dari jejaring sosial yang akan terkirim ke email Anda, tentu hal ini akan sangat mengganggu jika email Anda satukan dengan email pribadi atau bisnis Anda.

Itulah lima hal penting yang harus Anda perhatikan agar email Anda aman dari hacker. Semoga berguna. MG

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel