Berbagai Manfaat Teknologi dalam Pendidikan

20 Oct 2011 13:00 10467 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan kemajuan teknologi yang kita miliki di dunia sekarang ini tidak mengherankan bila kita jadi dapat melihat banyak teknologi yang dimasukkan dalam dunia pendidikan. Kini merupakan hal yang lumrah dan normal untuk melihat teknologi seperti komputer dan Internet menjadi salah satu komponen dalam dunia pendidikan.

Dengan kemajuan teknologi yang kita miliki di dunia sekarang ini tidak mengherankan bila kita jadi dapat melihat banyak teknologi yang dimasukkan dalam dunia pendidikan. Kini merupakan hal yang lumrah dan normal untuk melihat teknologi seperti komputer dan Internet menjadi salah satu komponen dalam dunia pendidikan.

Manfaat teknologi di dalam dunia pendidikan dapat membuka siswa untuk mendapatkan pengalaman lebih banyak yang memungkinkan mereka juga akan mendapatkan lebih banyak kesempatan yang mungkin tidak mereka miliki. Ketika siswa dapat manfaat teknologi dan pengalaman teknologi, dalam kehidupan sehari-hari mereka akan lebih mudah beradaptasi untuk belajar teknologi baru karena mereka pernah mempelajarinya di dalam kelas.

Siswa akan dihadapkan dengan dunia teknologi yang sangat kuat ketika mereka keluar dari sekolah. Tidak mempersenjatai mereka untuk menangani hal ini dapat membuat tidak siap dan menjauhkan mereka dari kesuksesan. Oleh karenanya mereka dapat belajar jauh lebih banyak ketika mereka terikat ke dalam dunia teknologi dan bisa mendapatkan manfaat teknologi.

Ada sejumlah sekolah yang telah berhasil mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulumnya. Mereka melengkapi para siswa dengan kemampuan untuk menggunakan komputer, menghadirkan tamu di dalam kelas melalui seminar web, juga siswa dapat belajar banyak tentang penggunaan Internet.

Ketika siswa menggunakan teknologi sebagai alat atau dukungan untuk berkomunikasi dengan orang lain, mereka berada dalam peran aktif daripada peran pasif penerima informasi yang dikirimkan oleh seorang guru, buku teks, atau broadcast. Siswa secara aktif membuat pilihan tentang bagaimana untuk menghasilkan, memperoleh, memanipulasi, atau menampilkan informasi.

Menggunakan teknologi memungkinkan siswa lebih banyak untuk secara aktif berpikir tentang informasi, membuat pilihan, dan melaksanakan keterampilan daripada yang biasanya dibimbing oleh guru. Apalagi, ketika teknologi digunakan sebagai alat untuk mendukung siswa dalam melaksanakan tugas-tugas otentik, para siswa berada dalam posisi menentukan tujuan mereka, membuat keputusan desain, dan mengevaluasi kemajuan mereka.

Peran guru pun turut berubah. Guru tidak lagi menjadi pusat perhatian sebagai dispenser informasi, melainkan memainkan peran sebagai fasilitator, menetapkan tujuan proyek dan memberikan pedoman dan sumber daya, bergerak dari siswa untuk siswa atau kelompok ke kelompok, memberikan saran dan dukungan untuk kegiatan siswa. Saat siswa bekerja pada teknologi yang didukung produk mereka, guru berputar melalui ruangan, melihat dari atas bahu, bertanya tentang alasan siswa memilih salah satu desain atau informasi, dan menunjukkan sumber daya yang dapat digunakan.

Kemampuan untuk mendapatkan fasilitas online dengan bantuan guru untuk penelitian proyek adalah keuntungan besar bagi para siswa dan bahkan suatu keharusan jika Anda mempertimbangkan bahwa mereka akan perlu melakukannya ketika mereka telah lulus sekolah dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan memanfaatkan teknologi dalam kelas, siswa bisa mendapatkan ilmu baru dan keterampilan yang dapat berguna pada tingkat berikutnya di mana kelak dapat diterapkan pada pekerjaan di masa depan dan kehidupannya sehari-hari.

Pihak Plimbi sendiri pun serasa ikut bertanggung jawab terhadap pemanfaatan teknologi di dalam dunia pendidikan. Plimbi menghadirkan Latihan SNMPTN Online untuk para siswa yang akan mengikuti SNMPTN pada tahun mendatang. ND

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel