Bluetooth dari Masa ke Masa (Part 2)

14 Oct 2011 13:00 4256 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bluetooth memfasilitasi koneksi dan pertukaran informasi pada alat-alat seperti komputer, telepon seluler, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, dan router. Kali ini Paseban akan membahas mengenai manfaat dari Bluetooth itu sendiri.

Seperti yang pernah Plimbi bahas pada tulisan sebelum mengenai sejarah Bluetooth dari masa ke masa, kita tahu bahwa Bluetooth diambil dari nama seorang Raja Inggris bernama Harald Blatand yang dijuluki Harald Bluetooth pada Abad ke 10, Bluetooth juga merupakan spesifikasi industri untuk jaringan wilayah pribadi nirkabel (WPAN) dan beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GDz (antara 2.402 GHz sampai 2.480 GHz, sehingga mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host to host Bluetooth dengan jangkauan layanan terbatas.

Bluetooth memfasilitasi koneksi dan pertukaran informasi pada alat-alat seperti komputer, telepon seluler, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, dan router. Kali ini Paseban akan membahas mengenai manfaat dari Bluetooth itu sendiri.

Bagi Anda yang memiliki perangkat elektronik yang terintegrasi dengan Bluetooth tentunya merasakan sendiri manfaatnya. Saat Anda melakukan pertukaran informasi atau memindahkan data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain, Anda tidak perlu direpotkan harus mengatur sambungan kabel, karena Bluetooth ini memang hadir tanpa kabel.

Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat Bluetooth untuk menyambungkannya satu sama lain dan akan secara otomatis tersambung. Jarak tersambungnya Bluetooth pun mencapai 10 meter. Namun jika dalam satu ruangan terdapat banyak koneksi Bluetooth, hal ini akan menyulitkan Anda untuk menemukan penerima yang diinginkan.

Daya sinyal pada Bluetooth terhitung rendah, karena Bluetooth memang dirancang untuk bekerja hemat daya berbasis tranceiver microchip murah. Sehingga energi yang diperlukan teknologi yang menggunakan Bluetooth tidak terlalu besar. Kemudian manfaat Bluetooth lainnya yaitu dapat menghubungkan database yang ada di dalam ponsel ke komputer dan dapat digunakan sebagai perantara modem.

Bluetooth dapat menghindari penyadapan dengan mengandalkan algoritma SAFER untuk otentikasi dan pembuatan kunci. Sementara itu untuk enkripsi paket data, Anda dapat mempercayakannya pada teknologi E0 Stream Chiper.

Beberapa versi Bluetooth di antaranya yaitu Bluetooth 1.0 dan Bluetooth 1.0B. perbaikan terus dilakukan, sehingga melahirkan Bluetooth 1.1. selanjutnya tercipta Bluetooth 1.2 yang memiliki kecepatan transmisi lebih tinggi dan lebih tahan terhadap interferensi frekuensi radio. Tidak sampai di situ, Bluetooth versi 2.0 pun hadir yang saat ini banyak dipakai gadget-gadget mutakhir. RF

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel