Perbandingan Situs e-Commerce Indonesia, Juale.com vs Plasa.com

12 Oct 2011 16:00 3297 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perkembangan e-Commerce Indonesia terbilang cukup pesat, semakin ke sini semakin banyak orang yang berbisnis menggunakan internet dalam bertransaksi. Dari sekian banyak e-commerce Indonesia yang menjamur di dunia maya, Paseban tertarik untuk membandingkan Plasa.com dan Juale.com.

Perkembangan e-Commerce Indonesia terbilang cukup pesat, semakin ke sini semakin banyak orang yang berbisnis menggunakan internet dalam bertransaksi. Dari sekian banyak e-commerce Indonesia yang menjamur di dunia maya, Paseban tertarik dengan dua e-commerce Indonesia yang mungkin tidak terlalu populer tetapi cukup di kenal di bidangnya. Mereka adalah Plasa.com dan Juale.com.

Plasa.com merupakan portal e-commerce yang didirikan oleh PT. Telekom Indonesia sedangkan Juale.com adalah situs e-commerce yang didirikan oleh Nukman Luthfie. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua e-commerce Indonesia tersebut, dimak review di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan

Ketika pertama kali membuka sebuah situs, kita berharap akan langsung masuk ke tempat yang kita tuju, seperti apabila kita membuka juale.com, kita akan langusung dihadapkan dengan rincian berbagai produk yang ada di portal e-commerce tersebut. Sedangkan di plasa.com kita hanya disuguhi sebuah dashboard semacam ucapan salam selamat datang. Sehingga mungkin Anda akan merasa bahwa Anda tidak sedang berada di halaman e-commerce. Meskipun demikian, kedua situs tersebut memiliki sistem yang akan sangat menarik para pelanggannya, sistem tersebut adalah sistem diskon. Jika di situs plasa.com bernama hot deals dengan ditampilkan di menu bar maka di juale.com bernama multi diskon tanpa adanya menu bar.

Hot Deals yang ditawarkan oleh plasa.com terbilang sangat sedikit dan lebih terfokus pada barang-barang elektronik seperti contohnya produk single telepon. Berbeda dengan plasa.com, juale.com malah tidak memperlihat harga diskon pada calon pembeli. Usut punya usut, ternyata diskon tersebut hanya berlaku bagi pelanggan juale.com yang loyal, yang sering berbelanja di juale.com. Dan diskon tersebut hanya diketahui oleh pihak juale dan pelanggan yang sudah loyal, berapa diskonnya Paseban tidak mengetahuinya dengan pasti karena tidak ada keterangan lengkap.

Ketika Anda dihadapkan untuk berbelanja, Paseban berpendapat bahwa plasa.com dan jual.come memiliki sistem kemudahan yang tidak berbeda jauh dalam melakukan transaksi online. Ketika Anda mengklik barang yang ingin dibeli di plasa.com Anda akan disuguhi kembali menu pembelian di mana Anda harus menambahkannya ke menu add to chart atau add to wishlist. Menu tersebut berfungsi untuk mengumpulkan data barang yang akan Anda beli, untuk menambahkan ke wishlist dan chart, Anda harus mendaftar dahulu menjadi member. Sedangkan jika Anda membeli di juale.com, ada menu "beli" dan "beli cepat". Ketika Anda mengklik "beli", Anda akan langsung diarahkan ke situs yang memiliki barang tersebut. Paseban sempat merasa bingung ketika mencoba membeli suatu barang, karena situsnya sudah bukan berada di juale.com lagi, melainkan ada di situs lain tetapi memakai logo juale di site address bar-nya. Tetapi jika Anda mengklik "beli cepat", Anda akan langsung disuguhkan data-data yang harus Anda isi untuk keperluan data pembeli, ini yang lebih memudahkan calon pembeli di juale.com.

Secara keseluruhan, masing-masing e-commerce ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak terlalu signifikan, mereka sama-sama memiliki sistem tersendiri untuk menghindari penipuan dari calon pembeli maupun penjual. Keputusan harus membeli di e-commerce mana, itu tergantung pilihan Anda. MG

Tags Ulasan Bisnis

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel