Kumpulan Masalah Android yang Sering Ditemui dan Solusinya

12 Oct 2011 08:00 9870 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berikut ini adalah beberapa masalah Android mid-end hingga low-end yang sering Anda jumpai, Paseban merangkumnya khusus untuk Anda, lengkap dengan solusi untuk mengatasi masalah Android tersebut:

Anda pemilik smartphone Android high-end, bisa dengan puas mengaktifkan semua fitur animasi yang dimiliki Android, menginstal banyak aplikasi dengan berbagai macam fungsi, menginstal game hingga yang berkemampuan 3D, dan memaksimalkan fungsi dari smartphone Android Anda. Tetapi bagaimana dengan nasib pengguna smartphone Android mid-end hingga low-end? Ini akan menjadi masalah Android Anda

Berikut beberapa masalah Android mid-end hingga low-end dan juga solusi untuk mengatasi masalah Android tersebut:

Smartphone Android Tiba-Tiba Menjadi Lamban, "Hang", atau Kembali ke Homescreen dengan Sendirinya

Masalah Android ini terjadi terjadi karena Android Anda terbebani dengan aplikasi yang sedang Anda jalankan dan beberapa fitur yang masih aktif di background, seperti animasi bawaan OS Android.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambahkan aplikasi "launcher" yang berfungsi untuk customize fitur dan tampilan bawaan dari OS Android. Dengan adanya akses lebih terhadap setting fitur dan tampilan yang ditawarkan oleh aplikasi "launcher", Anda bisa menyesuaikan sendiri fitur dan tampilan tersebut sesuai dengan kemampuan smartphone Android Anda.

Plimbi sudah membahas tentang berbagai macam aplikasi launcher ini pada artikel mengenai aplikasi Launcher Terbaik Android. Adapun Launcher yang cocok untuk mengatasi masalah ini adalah Zeam dan LauncherPro yang sudah Paseban bahas pada artikel tersebut.

Kapasitas Internal Memory yang Terbatas

Pada smartphone Android mid-end hingga low-end, kapasitas internal memory yang tersedia akan terbatas, hanya dalam hitungan megabytes, di mana apabila Anda terlalu banyak menginstal aplikasi dan game akan membebani kinerja OS. Tetapi, apalah gunanya smartphone Android tanpa dukungan berbagai aplikasi menarik yang tersedia di Android Market.

Solusi untuk masalah Android ini adalah dengan memindahkan media penyimpanan aplikasi-aplikasi tersebut ke SDcard dengan cara "Setting -> Applications -> Manage applications -> pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan -> klik tombol Move to SD card."

Pada menu ini, beberapa aplikasi tidak akan memiliki pilihan "Move to SD card" yang aktif. Dan untuk bisa memiliki akses penuh dan bisa memindahkan semua aplikasi , Anda perlu me-root smartphone Android Anda (caranya klik link ini) dan menginstal aplikasi Titanium Backup yang telah Paseban bahas pada artikel rooted Android. Solusi lain tentang masalah ini bisa Anda temukan pada artikel maintanence handset Android.

Baterai Boros

Masalah Android ini adalah masalah klasik pada hampir semua smartphone. Hal ini bisa dibilang wajar terjadi karena perkembangan teknologi smartphone, yang saat ini memiliki kemampuan multifungsi, belum secara seimbang diikuti dengan perkembangan teknologi baterai yang mumpuni

Namun upaya untuk sedikit mengurangi boros baterai smartphone bisa Anda lakukan dengan cara yang tersedia pada artikel berikut:

Demikian masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone Android mid-end hingga low-end, Apabila Anda memiliki masalah lain dengan smartphone Android Anda, feel free to share with us. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel