Ketahui Error Yang Ada Dibalik Bluescreen dengan BlueScreenView

6 Oct 2011 18:00 5428 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda pengguna Windows, mulai dari Windows 98 hingga Windows 7 yang terbaru saat ini, pasti pernah mengalami *"bluescreen"*, terjadi saat komputer Anda mengalami *"crash"*. Tampilan dari *"bluescreen"* ini seringnya ditampilkan dengan cepat sehingga Anda tidak sempat untuk membaca semua *error* yang ditampilan.

Anda pengguna Windows, mulai dari Windows 98 hingga Windows 7 yang terbaru saat ini, pasti pernah mengalami "bluescreen", terjadi saat komputer Anda mengalami "crash". Tampilan dari "bluescreen" ini seringnya ditampilkan dengan cepat sehingga Anda tidak sempat untuk membaca semua error yang ditampilan.

Untuk mengatasi masalah tersebut terdapat aplikasi gratisan bernama BlueScreenView yang akan menyimpan informasi "crash" pada "bluescreen" sehingga kemudian Anda bisa me-review dan mencari apa yang salah dengan komputer Anda.

Agar Anda BlueScreenView bisa berfungsi dengan benar, Anda perlu mengkonfigurasi agar Windows menyimpan informasi "crash" pada sebuah minidump folder. Secara default konfigurasi ini sudah diaktifkan oleh Windows, untuk melihat setting dan mengetahui folder tempat menyimpan file informasi "crash" tersebut di Windows 7, akses "Control Panel -> Advanced system settings -> pada Startup and Recovery klik Settings", pada bagian "System failure" Anda bisa mendapatkan informasi tersebut.

Saat Anda tiba-tiba mengalami "bluescreen" dan selanjutnya komputer melakukan reboot, setelah komputer Anda berjalan normal Anda bisa membuka BlueScreenView dan melihat apa yang baru saja terjadi sehingga mengakibatkan "bluescreen."

BlueScreenView, yang hanya berupa aplikasi dan tidak memerlukan proses instalasi, bisa dijalankan pada Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Vista, dan Windows 7. Untuk Informasi lebih lanjut dan download aplikasi dengan ukuran kurang dari 1 megabytes ini, Anda bisa mengunjungi link ini.

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel