Mengenal Sejarah Internet dan Perkembangannya

4 Oct 2011 11:00 9679 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet adalah kepanjangan dari Interconnected Network yang berarti jaringan yang saling terhubung. Disebut sebagai jaringan yang terhubung karena internet menghubungkan komputer yang satu dengan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat luas.

Internet adalah kepanjangan dari Interconnected Network yang berarti jaringan yang saling terhubung. Disebut sebagai jaringan yang terhubung karena internet menghubungkan komputer yang satu dengan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat luas.

Semua perangkat yang terhubung ke internet tersebut dapat mengakses semua informasi yang tersedia di internet dengan beberapa ketentuan. Berbicara masalah internet, Anda pasti telah mengetahui bahwa internet merupakan dunia tanpa penguasa. Setiap orang memiliki hak yang sama di internet, baik itu dari kalangan korporat ataupun kalangan biasa. Pada artikel ini Paseban akan me-review sejarah Internet.

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah internet bermula pada tahun 1957, ketika Negara Rusia meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik. Kala itu Amerika Serikat menganggap bahwa Rusia bisa saja mengirim rudal nuklir dengan satelit tersebut. Berlatar belakang dari masalah itukah kemudian Amerika Serikat membuat proyek ARPA yang juga disebut sebagai ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) sebagai tindakan dalam menangkal kemungkinan dari adanya serangan rudal yang diluncurkan Rusia.

Pada tahun 1969 Amerika mendemonstrasikan bagaimana kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh melalui sambungan telepon. ARPANET membuat sebuah bentuk rancangan jaringan, kehandalan serta hitungan besarnya kapasitas informasi yang bisa dipindahkan. Pada tahun 1969 ARPANET membuat sebuah jaringan terpadu yang mengubungkan empat situs di antaranya Universitas Utah, Universitas California, Institut Penelitian Stanford serta Santa Barbara, lalu pada tahun 1972 Amerika mulai memperkenalkan ARPANET tersebut kepada masyarakatnya secara luas.

Dikarenakan pesatnya perkembangan proyek ARPANET sebagai dampak perkenalannya, ARPANET menjadi sangat kewalahan dalam mengatur semua jaringan yang masuk. Sehingga terpecahlah menjadi dua bagian yakni MILNET yang difokuskan pada kepentingan militer Amerika dan ARPANET baru yang ditujukan bagi kepentingan non militer. Meskipun terpecah menjadi dua bagian, Amerika mencoba membuat gabungan dari kedua jaringan tersebut dengan nama DARPA Internet. Tetapi berhubung namanya kepanjangan, disebutlah Internet sebagai bentuk sederhana dari nama DARPA Internet tersebut.

Pada tahun yang sama pula, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program email yang dibuatnya setahun yang lalu. Program email yang diciptakannya tersebut dengan cepat menyebar hingga akhirnya populer di kalangan masyarakat Amerika. Selain email, ia juga memperkenalkan lambang penting dalam sebuah email yakni ikon [@ - dibaca: at] yang berarti 'pada'. Hingga tahun berikutnya, jaringan ARPANET mulai merambah ke luar Amerika Serikat.

Tanggal 26 Maret 1967, Ratu Inggis mencoba mengirim email dari Royal Signals dan radar Estabilishment di Malvern, dan itu berhasil. Lalu tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroup pertama dengan nama USENET dan tahun 1981 France Telecom membuat gebrakan dengan meluncurkan telepon televise pertama, di mana kita bisa saling menelepon sambil menonton via vlink video. Dalam rangka menyeragamkan alamat jaringan computer, tahun 1984 dibuatlah system nama domain yang dikenal dengan Domain Name System /DNS.

Tahun 1990, menjadi tahun yang paling bersejarah karena Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang membentuk jaringan, yang sekarang kita kenal dengan world wide web. Begitulah sejarah internet hingga berkembang saat seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat. MG

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel