Tips Merawat Laptop Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

3 Oct 2011 14:00 4942 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penggunaan laptop yang kini serba mobile dan cukup praktis, ditambah dengan mudahnya berkonseksi dengan internet lewat modem operator atau WiFi, kerap membuat kita lupa untuk merawat laptop. Karena lasan-alasan tersebut lah, Tips merawat laptop sudah pasti Anda butuhkan.

Bagi Anda para pengguna laptop, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk merawat laptop Anda sehingga dapat memperpanjang masa pemakaian laptop. Karena memang kehadiran laptop menjadi sangat penting, terlebih jika laptop Anda berisi data pribadi yang berhubungan dengan perkuliahan, pekerjaan ataupun data pribadi Anda yang lain.

Penggunaan laptop yang kini serba mobile dan cukup praktis, ditambah dengan mudahnya berkonseksi dengan internet lewat modem operator atau WiFi, kerap membuat kita lupa untuk merawat laptop. Karena lasan-alasan tersebut lah, Tips merawat laptop sudah pasti Anda butuhkan.

Berikut ini Plimbi akan memberikan tips merawat laptop agar lebih awet dan tahan lama.

Mengunci laptop Anda

Tips merawat laptop yang pertama adalah mengunci laptop Anda. Hal ini mungkin terkesan tidak perlu tetapi mengunci atau memberi password pada laptop Anda untuk menjaga kemungkinan pemakaian secara sembarangan oleh orang lain. Cara mengunci laptop cukup mudah yaitu tekan Windows + L pada waktu bersamaan dan laptop Anda pun terkunci. Untuk membuka laptop Anda cukup menekan Ctrl + ATL + Del dan kemudian masukkan password Anda. Kunci laptop Anda pun akan terbuka.

Pemeliharaan Ventilasi

Anda harus memeriksa semua ventilasi pada laptop Anda setidaknya seminggu sekali untuk memastikan semua ventilasi tidak terhalang. Cara paling aman untuk membersihkan ventilasi laptop Anda dengan menggunakan kaleng udara ang dapat dibeli di beberapa toko peralatan.

Pemeriksaan Kipas

Tips merawat laptop yang selanjutnya adalah pemeriksaan kipas secara berkala. Jika kipas Anda tidak bekerja dengan benar maka laptop Anda bisa mengalami beberapa masalah besar berkaitan dengan overheating pada laptop Anda. Untuk menghindari masalah ini maka Anda perlu memastikan bahwa kipas tersebut bekerja denga benar. Anda dapat menemukan software yang dapat digunakan untuk menguji kipas pada laptop Anda.

Menjaga putaran piringan harddisk

Ini mungkin tampak sepele, namun dalam rangka mencegah dan memastikan laptop Anda mendapatkan aliran udara yang tepat, pastikan Anda menggunakan sesuatu seperti meja atau permukaan yang keras yang dapat menjaga stabilitas laptop Anda saat digunakan sehingga putaran piringan hardisk dapat bekerja secara maksimal dan resiko yang diminimalisir.

Menghindari memangku laptop atau menggunakan bantal sebagai alas

Hal ini merupakan masalah yang cukup sering terjadi saat Anda ingin menggunakan laptop di rumah. Hal ini mungkin terlihat biasa namun penggunaan seperti ini dapat membatasi aliran udara ke kipas dan ventilasi sehingga akan menyebabkan laptop Anda akan memanas secara signifikan dan membuat laptop Anda mudah rusak.

Pilih tas laptop yang aman

Tas laptop yang besar dengan berbagai warna dan corak mungkin terlihat indah. Namun pastikan bahannya tidak terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Pastikan laptop Anda telah mati total dan telah mendingin sebelum dimasukkan ke dalam tas laptop Anda.

Berhati-hatilah saat minum

Kebiasaan minum atau menaruh minuman di dekat laptop sebenarnya cukup berbahaya. Anda sebaiknya waspada karena kemungkinan laptop dapat tersiram tumpahan air. Sebaiknya minuman dan sejenisnya ditaruh jauh-jauh dari laptop Anda.

Menghindari guncangan

Hindari memindah-mindahkan laptop saat laptop dalam keadaan menyala. Pastikan Anda memindahkannya pada permukaan yang kokoh dan jauh dari berdesakan dengan barang disekitarnya. Jika posisi laptop tidak stabil, sebaiknya Anda segera mematikannya terlebih dahulu sebelum memindahkannya.

Jangan meninggalkan laptop di lantai

Hal ini berlaku bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan dan anak kecil karena meletakkan laptop Anda dapat membuat peliharaan atau anak anda menggunakan komputer sebagai mainan atau bahkan mungkin tidak sengaja terinjak oleh seseorang

Gunakan pelindung layar

Tips merawat laptop yang terakhir dari Paseban adalah menggunakan pelindung layar. Beberapa dari Anda mungkin terbiasa menaruh kertas antara layar dan keyboard laptop Anda. Hal ini berbahaya karena kemungkinan kertas tersebut dapat menggores layar Anda. Ingat tagihan untuk memperbaiki layar cukup besar. Jadi sebisa mungkin pastikan layar Anda terlindungi dengan baik. EK

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel