Tips Membeli BlackBerry Bekas

2 Oct 2011 17:00 5801 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda ingin memiliki ponsel BlackBerry namun dompet Anda belum mampu menjangkau harga beli BlackBerry baru? Solusi terbaik adalah dengan membeli BlackBerry *Secondhand* atau bekas. Namun seperti membeli barang bekas lainnya, ada **tips membeli BlackBerry** bekas yang harus Anda perhatikan

Anda ingin memiliki ponsel BlackBerry namun dompet Anda belum mampu menjangkau harga beli BlackBerry baru? Solusi terbaik adalah dengan membeli BlackBerry Secondhand atau bekas. Namun seperti membeli barang bekas lainnya, ada tips membeli BlackBerry bekas yang harus Anda perhatikan. Berikut Paseban akan memberikan sedikit tips membeli BlackBerry bekas yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Salah satu pertanyaan pertama yang akan Anda minta sebelum membeli adalah nomor IMEI, jika telepon yang digunakan adalah model GSM. IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity, merupakan cara yang unik untuk mengidentifikasi sebuah ponsel. Jika yang ingin Anda beli adalah ponsel CDMA maka nomor yang Anda ingin ditanyakan adalah ESN atau Elektronik Serial Number. Jika penjual menolak atau tidak dapat menyediakan nomor ini, jangan membeli BlackBerry tersebut.

Tips membeli BlackBerry bekas berikutnya adalah Anda harus menanyakan mengapa ponsel tersebut dijual oleh pemilik sebelumnya. Hal ini harus Anda tanyakan karena bisa jadi pemilik sebelumnya menjual ponsel BlackBerry karena terdapat kerusakan seperti terjatuh atau mungkin jatuh ke dalam air sehingga Anda harus teliti memeriksa kadar kelembaban dalam ponsel tersebut.

Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah ponsel Anda pernah mengalami kelembaban yang berlebihan. Pertama ada 2 slip pada ponsel yang bisa mendeteksi adanya air atau kelembaban yang berlebihan, satu di bawah homebase ponsel Anda (di bawah baterai) dan yang kedua pada baterai itu sendiri. Jika slip berwarna putih atau putih dengan pink X, itu artinya ponsel tidak mengalami kelembaban yang berlebihan. Sedangkan bila warnanya menjadi merah muda atau merah atau bahkan hilang, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk membeli ponsel BlackBerry tersebut.

Sebelum membeli BlackBerry bekas, Anda juga harus memastikan apakah ponsel tersebut dalam keadaan terkunci atau tidak. Beberapa vendor operator memilih untuk mengunci paket ponsel yang mereka jual untuk mempertahankan pelanggannya sehingga kemungkinan hanya mereka yang bisa membuka kunci tersebut. Namun biasanya kunci pada BlackBerry dapat dibuka sehingga dapat digunakan pada jaringan lain.

Tips membeli BlackBerry bekas yang terakhir adalah sebaiknya Anda membeli dari seorang penjual yang sudah Anda kenal dan memiliki reputasi yang baik. Gali dan gunakan semua informasi yang bisa Anda dapatkan dari keluarga, teman, dan orang-orang yang memang ahli seperti para teknisi atau IT. Bila perlu, ajaklah orang yang paham mengenai ponsel BlackBerry sehingga Anda tidak akan salah menilai dan membeli ponsel BlackBerry bekas. EK

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel