Generasi Terbaru Chip NFC untuk Mobile Payment

30 Sep 2011 12:00 4029 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

NFC (Near-Field Communication) dengan kemampuan seperti WiFi dan Bluetooth, untuk bertukar data hingga melakukan koneksi internet, ditambah dengan sistem keamanannya yang memungkinkan digunakan untuk sistem pembayaran, membuat teknologi ini sangat menjanjikan. Sayangnya di tanah air teknologi ini belum banyak digunakan karena perangkat pendukung masih belum banyak tersedia.

NFC  (Near-Field Communication) dengan kemampuan seperti WiFi dan Bluetooth, untuk bertukar data hingga melakukan koneksi internet, ditambah dengan sistem keamanannya yang memungkinkan digunakan untuk sistem pembayaran, membuat teknologi ini sangat menjanjikan. Sayangnya di tanah air teknologi ini belum banyak digunakan karena perangkat pendukung masih belum banyak tersedia. Maybe soon, I hope.

Anyway, Broadcom Corporation, perusahaan global yang menjadi pemimpin dalam hal inovasi semikonduktor untuk komunikasi kabel dan nirkabel, baru saja mengumumkan keluarga baru pada chip untuk perangkat NFC bernama BCM2079x pada hari senin lalu, 26 september 2011 kemarin. Broadcom merilis BCM2079x ini dengan harapan akan memacu adopsi masal dari NFC.  Chips berukuran 40nm ini lebih kecil daripada chips NFC sebelumnya dan menjadi chips paling efisien dalam hal konsumsi energi.

Keunggulan produk chip terbaru Broadcom ini menggunakan komponen yang 40% lebih sedikit pada perangkat yang berukuran 40% lebih kecil dan 90% lebih hemat energi dibandingkan produk chips NFC lainnya. BCM2079x juga mendukung berbagai macam elemen sistem keamanan dan juga berbagai macam SIMcard.

BCM2079x memiliki teknologi baru yang disebut "Maestromiddleware" yang mana memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi NFC yang dapat digunakan dengan WiFi dan Bluetooth. Hal ini berarti antar NFC, WiFi, dan Bluetooth bisa melakukan koneksi, pairing, dan transfer data.

Broadcom berkomitmen untuk membuat NFC menjadi seperti Bluetooth dan WiFi yang berada di mana-mana. Dengan diluncurkannya chip terbaru ini, akan memberikan sarana untuk mencapai hal tersebut. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel