Hemat Baterai Android dengan Membiarkan WiFi tetap Menyala

30 Sep 2011 09:00 5736 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda pengguna Android, ketika sedang terhubung ke WiFi sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa baterai Android Anda akan cepat habis jika terus-terusan terhubung ke WiFi. Padahal, tidak seperti yang Anda pikirkan. Anda juga bisa menghemat baterai Android Anda namun dengan WiFi tetap menyala, mau tahu caranya? simak review dari Paseban.

Bagi Anda pengguna Android, ketika sedang terhubung ke WiFi sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa baterai Android Anda akan cepat habis jika terus-terusan terhubung ke WiFi. Padahal, tidak seperti yang Anda pikirkan.

Mungkin tips dari Plimbi kali ini akan tampak kontra-intuitif bagi sebagian orang, karena mungkin Anda berpendapat bahwa membiarkan WiFi tetap hidup ketika ponsel dalam kondisi sleeping dapat menyebabkan baterai Andorid Anda menjadi aus. Ponsel Anda butuh energi untuk melakukan ping ke cell tower bahkan untuk mengirim data dari dan ke ponsel Anda. Sebenarnya, radio WiFi menggunakan sedikit daya dan WiFi tidak akan terus mencari akses point yang baik. Ini merupakan salah satu cara bagaimana komunikasi data selular dirancang.

Tapi bagaimana jika Anda menghabiskan waktu sepanjang hari atau sepanjang malam di satu tempat untuk terhubung ke Wifi? Jika Anda berkata bahwa ponsel Anda harus mematikan WiFi saaat idle, WiFi malah akan memantulkan kembali data ponsel Anda baik dalam jaringan 2G, 3G atau 4G, lalu mulai menghisap elektron kembali ketika layar dimatikan.

Sebenarnya apa yang dilakukan tersebut kurang begitu baik bagi kehidupan baterai Android Anda, dan untuk mengatasinya berikut Paseban sertakan panduannya :

  • Buka pengaturan WiFi dengan menekan tombol menu => kemudian Setting => Wireless & networks => WiFi Setting lalu tekan tombol menu lagi. Anda harus memilih either Scan atau go Advanced - go Advanced.

  • Tekan WiFi sleep policy entry. Anda akan melihat dialog pop up dengan gambar di atasnya yang bsia Anda pilih. Lalu pilih dan Anda akan mendapatkan pop up dialog dengan pilihan yang Anda lihat dalam gambar di atas. Pilih Never.

Sekarang, ketika ponsel Anda dalam keadaan modus siaga pun Anda akan tetap terhubung dengan WiFi, dengan begitu Anda masih tetap bisa mendapatkan mail dan pesan tanpa harus menyalakan cell radio kembali dan menghamburkan kehidupan baterai Android Anda. Jika Anda tidak berada di daerah koneksi WiFi, matikan saja koneksi WiFi-nya, baik melalui menu atau dengan handy toggle widget, baterai Android Anda akan berterima kasih untuk hal itu. MG

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel