Cara Setting Aplikasi PKGBackup untuk iPhone

29 Sep 2011 16:30 3731 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah membahas tentang aplikasi PKGBackup, backup untuk iPhone jailbreak, Paseban ingin menghadirkan cara setting dari PKGBackup yang sedikit agak kompleks ini.

Setelah membahas tentang aplikasi PKGBackup, backup untuk iPhone jailbreak, Paseban ingin menghadirkan cara setting dari PKGBackup yang sedikit agak kompleks ini.

Yang Anda butuhkan untuk men-setting aplikasi ini adalah:

  • Jailbreak iDevice Anda

  • Akun Dropbox. Setelah register ke Dropbox, Anda akan mendapat media penyimpanan gratis sebesar 2 GB, dan versi gratisan Dropbox ini akan sangat cukup untuk back up data iPhone Anda.

  • Dapatkan PKGBackup seharga $ 8

Setelah semua yang dibutuhkan siap, Anda bisa memulai setting PKGBackup. Saat membuka aplikasi, Anda akan menemui banyak menu pilihan, dan untuk memulai yang perlu Anda lakukan adalah mengakses menu Settings dengan icon berbentuk "gear" yang terletak pada ujung kiri atas.

Step 1: Link Your Dropbox Account

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun Dropbox Anda. Pilihan Anda selanjutnya pada panel settings adalah "Primary Storage, di sini Anda bisa menentukan Address book atau Dropbox sebagai media penyimpanan backup Anda.

Penggunaan Dropbox lebih disarankan daripada menggunakan Address book iDevice Anda, karena dengan media Address book back up akan terbatas dan juga Anda harus Sync iDevice untuk melakukan back up. Dengan Dropbox, back up akan lebih mudah dan memiliki media penyimpanan yang sangat besar.

Setelah Anda login dan menghubungkan akun Dropbox Anda, Dropbox tab akan berubah nama menjadi DB Logout. Apabila Anda klik DB Logout, link ke akun Dropbox Anda akan putus dan Anda harus re-link lagi.

Step 2: Scan Packages at Startup and Other Toggle Settings

Setting yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah "Scan packages at startup". Apabila Anda mengaktifkan pilihan ini, scan data yang bisa di back up pada iPhone Anda akan berjalan secara otomatis setiap Anda membuka aplikasi PKGBackup.

Lebih baik Anda menonaktifkan pilihan ini dan melakukan scan secara manual karena; scan dan backup ini membutuhkan waktu yang cukup lama, Anda tidak bisa menggunakan iPhone Anda saat proses ini, dan proses tidak bisa dengan mudah dibatalkan. Oleh karena itu lebih baik Anda memilih "OFF" untuk setting yang satu ini.

Step 3: Select What You Want to Back Up

Selanjutnya adalah memilih apa yang ingin Anda back up. Seperti pada gambar bagian atas, terdapat pilihan "Installed packages". Klik menu ini untuk memilih aplikasi, extension, dan file lain yang Anda install saat jailbreaking. Beberapa akan Anda kenali dan beberapa tidak, karena file tersebut secara default terinstal saat proses jailbreaking. Untuk memastikan Anda mem-back up semua data yang penting, lebih baik Anda memilih tombol back up All Packages yang tersedia pada ujung kanan atas, lalu klik tombol "All".

Selanjutnya adalah setting bagian bawah yang menampilkan aplikasi dan data lain selain jailbreak packages Anda. Pilih aplikasi atau data yang Anda inginkan dengan klik salah satu pilihan tersebut.

Step 4: Start Your Backup

Setelah semua setting sudah Anda lakukan, proses back up sudah siap untuk dilakukan. Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan back up adalah; saat proses back up berlangsung Anda tidak boleh melakukan aktivitas lain menggunakan iPhone Anda, pastikan layanan data internet Anda mencukupi atau lebih baik apabila Anda menggunakan jaringan WiFi. Apabila Anda siap untuk menjalankan proses backup, klik tombol "Back up" di ujung kanan bawah.

Scheduling backup

Setting fitur lain yang terdapat pada PKGBackup adalah "Scheduling Backup" dan "Restore". Seperti terlihat pada gambar, mengatur jadwal back up sangatlah mudah untuk dilakukan.

Restore

Restore menggunakan PKGBackup memiliki proses yang hampir sama dengan backup. klik tombol "View Backup" untuk memilih file yang ingin Anda restore dan klik tombol "Restore" untuk memulai proses restore. Seperti proses back up, Anda juga boleh menggunakan iPhone Anda saat proses restore dan saat proses selesai Anda akan diminta untuk reboot iPhone Anda. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel