Sejarah Singkat Perkembangan Screensaver

26 Sep 2011 12:30 10351 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Screensaver adalah jenis program komputer yang pada awalnya dirancang untuk mencegah fosfor menjadi *burn-in* atau terbakar pada tabung *cathode-ray* monitor komputer. Berikut ini Paseban akan mengulas sejarah perkembangan Screensaver di komputer dan dunia maya.

Screensaver adalah jenis program komputer yang pada awalnya dirancang untuk mencegah fosfor menjadi burn-in atau terbakar pada tabung cathode-ray monitor komputer. Pada awalnya screensaver hanya dibuat dengan layar berwana hitam, karena warna ini merupakan warna yang paling efektif untuk screensaver di mana tidak akan menimbulkan kerusakan cahaya yang lebih lanjut. Secara umum, fungsi screensaver yang bersifat kontemporer tidak hanya sebatas untuk hiburan saja tetapi juga untuk sebuah kemanan.

Screensaver pertama dibuat oleh John Socha untuk IBM PC, yang dikenal baik sebagai pembuat Norton Commander yang juga merupakan pencipta bagi istilah screensaver ini. Screensaver dipublikasikan pada bulan Desember 1983 oleh majalah Softalk. Screensaver pertama yang memungkinkan pengguna mengubah waktu kapan screensaver ingin ditampilkan, dirilis pada tahun 1983 oleh Lisa dari Apple.

Pada tahun 1989, Bill Stewart dan Ian MacDonald memperkenalkan Magic Screensaver dari Software Dinamika. Sejak saat itu, penggunaan genre gambar dinamis, termasuk gambar animasi dan 3-D animasi menyebar dari mulut ke mulut ketika jamannya internet yang masih primitif. Perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Hewlett Packard dan Exxon pun mulai berlomba-lomba membuat screensaver yang bagus.

Sekarang ini, dengan adanya teknologi grafis modern koleksi screensaver semakin beragam. Seperti koleksi screensaver yang bisa Anda download di Plimbi download center. Anda bisa mengunduh screensaver dengan berbagai kategori, baik itu gambar yang bersifat religi, pemandangan alam, kartun, kontemporer dan sebagainya. Semuanya bisa Anda download dengan gratis! MG

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel