iFixit - Solusi Memperbaiki Gadget, Smartphone, Bahkan Memperbaiki Dunia!

24 Sep 2011 15:00 4616 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

iFixit sepenuhnya didedikasikan untuk memberikan informasi berharga yang memungkinkan banyak orang untuk melakukan perbaikan pada berbagai macam perangkat. Mulai dari perangkat elektronik, gadget, smartphone, kendaraan, bahkan perangkat rumah tangga.

Ketika benda yang kita miliki rusak, biasanya hal pertama yang kita lakukan adalah mencoba memperbaikinya semampu kita. Untuk hal-hal yang cukup mudah, seperti menjahit baju yang sobek, mungkin hampir sebagian orang dapat melakukannya. Tapi ketika dihadapkan pada hal-hal yang rumit, seperti memperbaiki smartphone yang rusak, dapat dipastikan hampir sebagian orang lebih memilih untuk memperbaikinya di service center yang datanya tersedia di Paseban Service Center Information.

Namun berbeda halnya dengan Luke dan Kyle. Pada tahun 2003, ketika Apple iBook G4 milik Kyle rusak, dua sahabat yang tinggal satu asrama di Universitas CalPoly di San Luis Ubispo ini memilih untuk mencoba memperbaikinya sendiri, walaupun mereka sama sekali tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Tapi siapa yang menyangka bahwa akhirnya mereka berhasil memperbaikinya dengan cara mereka sendiri?

Sejak kejadian itu mereka menyadari bahwa banyak produsen yang berhasil membuat produk yang hebat, namun tidak banyak yang memberikan informasi mengenai pemecahan masalah apabila terjadi kerusakan. Dari situlah mereka mulai menjalankan misi berbagi ilmu untuk membantu sesama dengan mengembangkan iFixit.

iFixit sepenuhnya didedikasikan untuk memberikan informasi berharga yang memungkinkan banyak orang untuk melakukan perbaikan pada berbagai macam perangkat. Mulai dari perangkat elektronik, gadget, smartphone, kendaraan, bahkan perangkat rumah tangga. Informasi ini dirangkum dalam sebuah repair manual yang dijelaskan iFixit dengan sangat terperinci, step-by-step, dilengkapi gambar dan video tutorial, sehingga sangat memudahkan para penggunanya.

Tidak hanya itu, situs yang beralamat di http://www.ifixit.com ini, pengguna pun diajak berkontribusi dengan berbagi berbagai keahlian reparasi yang dimilikinya, mengoreksi kesalahan atau menambahkan kekurangan yang terdapat pada informasi lain yang sudah ada di website iFixit.

Semua informasi yang tersedia di iFixit diberikan secara gratis, termasuk panduan dan video tutorial, sehingga semua orang dapat mempelajarinya tanpa terkecuali. Luke dan Kyle sadar betul bahwa berbagi ilmu dengan sesama tidak akan membuat mereka rugi. Mereka mendanai misi berbagi ilmu ini dengan menjual berbagai macam peralatan dan spareparts yang berguna dengan harga yang relatif murah, yang juga ditawarkan di halaman iFixit.

Anda berpikir bahwa misi berbagi ilmu ini hanya akal-akalan iFixit untuk berbisnis? Anda salah besar. iFixit menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan mereka untuk didonasikan ke berbagai macam organisasi yang mereka percaya mampu membawa perubahan pada dunia. Di antaranya BAN (Basel Action Network), Creative Commons, Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres), EEF (Electronic Frontier Foundation), Feed the Children, Room to Read, dan banyak lagi.

Masih ada lagi yang membuat Plimbi kagum, iFixit juga mempunyai misi menyelamatkan bumi dan memperbaiki dunia yang direalisasikan dengan memberikan donasi pada Greenpeace dan Carbonfund. iFixit juga terus mengembangkan penelitian dan mengumpulkan dokumen mengenai global e-waste dengan tujuan mengedukasi masyarakat dunia tentang bahaya limbah bekas elektronik, sehingga akan semakin sedikit orang yang membuang barang elektronik begitu saja tanpa berusaha memperbaikinya. Peralatan dan spareparts yang dijual di iFixit pun kebanyakan bukan barang baru, mereka mengambil komponen-komponen yang masih bisa digunakan untuk perangkat lain pada perangkat yang kerusakannya sudah parah.

Bagi iFixit, Repair is recycling. Fixing the world, one piece of hardware at time. Memperbaiki sama dengan mendaur ulang. Memperbaiki dunia, dengan satu komponen pada satu waktu. Inspirasi yang sangat hebat dari website yang mempunyai banyak manfaat.

Apakah Anda ingin turut serta dengan iFixit untuk memperbaiki dunia? Bagi pengguna Apple, mari berpartisipasi dengan download iFixit sekarang di sini. Bagi Anda yang lain, mari kita lakukan satu langkah nyata dengan mulai belajar memperbaiki berbagai macam perangkat di iFixit.com, selain untuk berpartisipasi dalam memperbaiki dunia, ilmu dari iFixit akan sangat berguna untuk membantu memperbaiki keadaan keuangan Anda. QR

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel