Internetan Murah via Handphone Lokal

20 Sep 2011 13:00 5008 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok oleh sebagian besar pengguna telepon seluler. Bukan hanya smartphone dengan platform populer seperti Android, iPhone, atau BlackBerry saja yang mampu untuk melakukan hal tersebut.

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok oleh sebagian besar pengguna telepon seluler. Bukan hanya smartphone dengan platform populer seperti Android, iPhone, atau BlackBerry saja yang mampu untuk melakukan hal tersebut. Handphone lokal yang tersedia saat ini pun, selain murah, juga sudah mumpuni untuk digunakan sebagai internetan.

Oleh karena itu pada artikel kali ini Plimbi ingin menghadirkan tips & trik bagi Anda pengguna yang memanfaatkan handphone lokal untuk memenuhi kebutuhan berinternet.

Handphone lokal ber-budget rendah pada umumnya hanya menyediakan jaringan GPRS untuk keperluan koneksi internet. Tarif penggunaan GPRS yang disediakan oleh operator seluler juga berdasarkan pada volume penggunaan (/byte) atau berdasarkan paket dengan kuota pemakaian. Untuk menghemat pulsa yang tersedot oleh layanan internet tersebut, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Pakailah browser yang menggunakan teknologi xHTML daripada HTML. Browser HTML akan menampilkan halaman web dalam format penuh dengan kualitas yang lebih baik, namun tentu saja HTML membutuhkan data yang besar pula sehingga biaya GPRS menjadi mahal. Oleh karena itu jika Anda hanya memerlukan konten/data daripada gambar maka pakailah browser yang berteknologi xHTML.

  • Matikan fungsi penampil gambar. Langkah ini akan mengurangi biaya GPRS karena mengurangi besaran data yang Anda unduh.

  • Gunakan search engine Google. Search engine Google dalam versi mobile cenderung untuk melakukan kompresi suatu situs menjadi lebih kecil dan pas dengan layar ponsel, hal ini tentu akan mengurangi biaya GPRS Anda.

  • Buat Bookmark. Jika Anda menyukai situs tertentu, bookmark situs tersebut. Langkah ini tak hanya menghemat biaya tapi juga waktu Anda.

Tips & trik ini bisa digunakan untuk ponsel atau smartphone apapun yang menggunakan sistem kuota pada layanan koneksi internet. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel