Ingin Baterai Laptop tetap Awet? Beginilah Caranya!

17 Sep 2011 15:00 5999 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jengkel rasanya jika pada saat Anda berada di luar ruangan, baterai pada laptop Anda melemah, sementara di sekitar Anda tak ada colokan listrik untuk men-*charge* baterai laptop Anda, sementara pada saat itu Anda sedang benar-benar membutuhkan perangkat laptop Anda.

Jengkel rasanya jika pada saat Anda berada di luar ruangan, baterai pada laptop Anda melemah, sementara di sekitar Anda tak ada colokan listrik untuk men-charge baterai laptop Anda, sementara pada saat itu Anda sedang benar-benar membutuhkan perangkat laptop Anda. Tentu hal ini tak ingin menimpa Anda bukan? Untuk itulah sedarri dini Anda perlu 'menyelamat'-kan laptop Anda dari kondisi tersebut dengan lebih memperhatikan baterai laptop Anda.

Baterai laptop sepertinya sudah menjadi nyawa cadangan pada perangkat laptop Anda selain listrik. Sebenarnya, ada software yang bisa membantu Anda untuk menghemat baterai laptop ketika Anda gunakan. software ini bernama LocalCooling yang bisa menghemat baterai laptop hingga 20%. Rahasia dibalik software ini adalah bisa mengoptimalkan pemakaian energi dalam laptop Anda. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menghidupkan Power Saving Mode yang sudah ditentukan pada tab general. Lebih baik, Anda memilih high agar lebih optimal. Anda juga bisa mengubahnya sesuai keinginan.

Namun tak semua orang menyukai software untuk melakukan hal yang sesederhana ini, ribet! Ada cara manual lain yang bisa menggantikan 'tugas' software tadi untuk menyelamatkan baterai laptop. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatian dalam merawat baterai laptop Anda.

  • Ketika Anda memakai laptop dengan tenaga listrik, sebaiknya lepaskan baterai laptop. Gunakan laptop dengan power langsung dari adaptor yang dicolok ke listrik. Sehingga Anda harus memakai baterai laptop saat Anda sedang berada di luar ruangan atau mobile saja.

  • Jangan sampai membiarkan baterai laptop Anda berada pada 0% atau benar-benar mati. Jika baterai laptop sudah mau habis, matikan laptop dan charge baterai Anda. Pastikan Anda jangan memakai laptop saat baterai Anda di-charge. Justru itu akan memperpendek umur baterai.

  • Hindarkan baterai Anda dari kondisi temperature yang tinggi. Hal ini juga akan memperburuk daya tahan baterai. Jadi jika Anda memakai laptop untuk waktu yang lama, gunakan kipas angin tambahan untuk lebih menjaga baterai laptop Anda.

  • Matikan Bluetooth, WiFi, hardisk ekstrernal, flashdisk saat tidak digunakan. Jangan terlalu lama bekerja dengan external device, jika Anda menggunakan external harddisk sebaiknya file tersebut dipindahkan dan dialihkan kedalam harddisk.

  • Anda bisa mengakali tampilan laptop Anda untuk lebih menghemat baterai. Redupkan layar laptop Anda. Jangan menggunakan banyak aplikasi pada saat yang bersamaan. Misalnya Anda membuka Winamp, DVD Player, Microsoft Word, Photoshop, berinternet dalam waktu yang bersamaan. Selain bisa membuat laptop Anda berat, baterai laptop Anda akan lebih cepat habis.

  • Sebulan sekali, bersihkan kontak baterai Anda dengan kain yang dibasahi alkohol agar transfer daya baterai tetap lancar. HJADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel