Kamus Online - Solusi Memperkaya Tata Bahasa

15 Sep 2011 15:05 4248 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tak bisa dipungkiri, kamus online banyak dicari oleh banyak orang. Siapapun dia, baik dari kalangan birokrat, jurnalis, mahasiswa, atau mungkin dosen. Kenapa harus kamus online? Sejatinya, sekarang sudah masuk jaman yang serba digital.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi offline, pengertian kamus adalah sebagai berikut :

  1. Buku acuan yang memuat kata dan ungkapan, biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tt makna, pemakaian, atau terjemahannya;
  2. Buku yg memuat kumpulan istilah atau nama yang disusun menurut abjad beserta penjelasan tt makna dan pemakaiannya;

Tak bisa dipungkiri, kamus online banyak dicari oleh banyak orang. Siapapun dia, baik dari kalangan birokrat, jurnalis, mahasiswa, atau mungkin dosen. Kenapa harus kamus online? Sejatinya, sekarang sudah masuk jaman yang serba digital.

Sehingga, orang-orang akan lebih cenderung mempermudah urusannya dengan sesuatu hal yang serba digital. Tidak hanya kamus yang dibungkus secara online, mulai dari kartu nama, buku, sarana menggambar dan lain sebagainya.

Selain Google Translate yang paling populer di kalangan pengguna internet, kamus online yang merupakan buatan asli anak negeri juga banyak tersebar di dunia maya. Misalnya saja, kamus online yang tersedia di situs http://www.sederet.com, situs ini menyediakan faslitas terjemahan dari bahasa Inggris-Indonesia dan sebaliknya. Ketika Plimbi mencoba fasilitas kamus online ini, ternyata hasilnya cangat memuaskan karena tercantum juga terjemahan lain yang berhubungan dengan kata yang kita cari.

Selain situs sederet.com, ada juga situs http://kamus.ugm.ac.id/ yang menyediakan terjemahan dalam kategori bahasa Inggris, bahasa Belanda (Dutch) dan bahasa Jawa. Jadi, bagi Anda yang tidak mengerti bahasa Jawa, Anda bisa menggunakan aplikasi kamus online yang dibuat oleh UGM ini.

Selain terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang telah umum, banyak juga yang menyediakan aplikasi kamus online berbagai bahasa. Misalnya kamus online Mandarin-Indonesia, psikologi, bahasa arab, bahasa jepang, bahasa sunda dan masih banyak lagi. Bagaimana? Anda tertarik memperkaya tata bahasa Anda dengan mencoba kamus online? MG

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel