Cara Membersihkan Trackball Agar Tetap Awet

14 Sep 2011 15:00 13640 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Trackball adalah sebuah piranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada dalam suatu alat yang memiliki sensor gerakan. Pada artikel ini, Paseban akan membahas bagaimana cara membersihkan trackball agar tetap awet.

Banyak perangkat ponsel yang kini dilengkapi dengan fitur trackbal, seperti pada perangkat BlackBerry Curve 8310 dan beberapa perangkat BlackBerry tipe lain atau ponsel lainnya. Trackball sendiri adalah sebuah piranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada dalam suatu alat yang memiliki sensor gerakan. Nah, pada artikel ini, Plimbi akan membahas bagaimana cara membersihkan trackball agar tetap awet.

Awalnya trackball terdapat pada sebuah mouse (tetikus), namun kedepannya trackball sudah diadaptasi dalam perangkat ponsel. Begitu juga dengan trackpad yang awalnya kita kenal berada pada laptop, kini juga terdapat pada perangkat ponsel.

Kembali lagi ke pembahasan sebuah trackball, kehadiran trackball ini sangat vital karena menyangkut tombol yang digunakan untuk mengakses arah pada sebuah ponsel. Jika Anda tidak mengerti bagaimana cara membersihkan trackball, maka bisa jadi terjadi kerusakan pada fitur ini.

Kerusakan trackball tentu sering Anda alami, kalau sudah terjadi hal seperti ini Anda pasti kesal dan emosi, karena tanpa trackball, perangkat Anda seperti 'lumpuh'. Untuk itu, Anda perlu menjaganya agar trackball Anda tetap awet dan tidak terjadi kerusakan apapun.

Paseban akan memberikan tips bagaimana menjaga trackball dan bagaimana cara membersihkan trackball Anda. Kebanyakan, trackball perangkat Anda rusak akibat terlalu sering digunakannya trackball, pemakaian yang kasar, tergores, kotor, atau memang cacat produksi sehingga komponen tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kadang kelalaian dalam membersihkannya secara rutin pun bisa jadi penyebab kerusakan pada trackball.

Yang perlu Anda lakukan adalah merawat trackball sebelum mengalami kerusakan. Berikut tips dari Paseban:

  • Kurangi pemakaian trackball pada BlackBerry, sebagai gantinya gunakan shortcut yang bisa di akses di keyboard keypad Anda. Tanpa disadari penggunaan trackball terlalu sering dapat menyebabkan trackball cepat rusak.
  • Jangan sesekali menggunakan kuku saat menekan trackball karena akan berpengaruh negatif terhadap sensitivitas trackball,.
  • Jangan menekan trackball terlalu keras karena akan menyebabkan trackball masuk ke dalam.
  • Penggunaan headset saat berbicara di telepon akan mengurangi frekuensi pemakaian atau kontak dengan trackball. Karena itu, pakailah headset saat menelepon. Pemakaian headset juga dapat mencegah tetesan keringat masuk ke sela-sela trackball.
  • Yang terakhir adalah hindarkan perangkat ponsel Anda dari tempat-tempat kotor. Sesekali bersihkan trackball Anda secara rutin. Jangan lupa pastikan tangan Anda bersih, tidak basah ataupun berminyak.

Jika trackball Anda sudah mengalami kemacetan, maka Anda sebenarnya Anda bisa membawa ponsel Anda ke service center terdekat dari rumah Anda. Bagi Anda yang tidak mengetahui lokasi service center, Anda bisa mengaksesnya lewat aplikasi dari Paseban, yakni Paseban Service Center Information. Namun, agaknya Anda enggan untuk melakukan ini, karena ada biaya tersendiri untuk mengganti trackball Anda yang rusak, biaya tersebut hampir mencapai Rp 250.000.

Cara yang lebih murah dan lebih umum digunakan adalah dengan memperhatikan bagaimana cara membersihkan trackball yang benar. Banyak yang percaya bahwa dengan menggunakan minyak kayu putih, masalah pada trackball bisa diatasi. Ini bukan karena ponsel Anda masuk angin, tapi konon alkohol yang terdapat dalam minyak kayu putih bisa menghasilkan efek yang bisa menyembuhkan kelumpuhan trackball Anda. Jadi semakin banyak kandungan alkohol pada larutan tertentu, maka semakin mujarab. Alkohol membuat scroller lebih bersih dan berputar lebih mulus dan mampu menggerus debu yang menempel di alas scroller.

Cara lain, dengan menggunakan minyak kayu putih, oleskan minyak kayu putih tersebut pada cotton bud. Lalu oleskan ke bola scroller. Putar-putar sampai bersih. Anda juga bisa membersihkannya dengan meneteskan sedikit alkohol ke trackball. Setelah kering, maka gerakkan trackball dengan jemari Anda.

Menjaga trackball memang sangat penting, yang terpenting bagaimana Anda bisa menjaga trackball tersebut agar tidak rusak. Daripada repot pada nantinya, mending Anda menjaganya dari sekarang bukan? HJ

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel