Wikivoyage - Situs Tourist Travelling Guide Terlengkap

6 Jul 2013 21:00 2497 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Wikivoyage merupakan web yang dibuat untuk memenuhi berbagai informasi mengenai panduan wisata, baik bagi kebutuhan destinasi wisata atau berbagai topik menarik mengenai perjalanan wisata.

Ingin mengetahui seluruh informasi lengkap mengenai tempat-tempat menarik yang ada di bumi? Ingin mengetahui cara dapat mengunjungi Kilimanjaro dari tempat Anda berada? Situs travel terbaru dari Wikimedia Foundation satu ini dapat menjadi solusi.

Wikivoyage merupakan web yang dibuat untuk memenuhi berbagai informasi mengenai panduan wisata, baik bagi kebutuhan destinasi wisata atau berbagai topik menarik mengenai perjalanan wisata. Sejatinya situs ini telah berjalan sejak bulan September tahun lalu, tetapi peluncuran resminya rencananya dijadwalkan pada tanggal 15 Januari mendatang. Situs ini menggunakan model wiki atau sebuah sistem internet yang memungkinkan perubahan dan penambahan teks oleh semua pengguna.

Wikivoyage sendiri dibangun melalui kolaborasi yang dilakukan oleh para pengguna situs ini dari seluruh dunia. Beragam artikelnya dapat disisipi berdasarkan tingkat spesifikasi geografis, mulai dari tingkatan benua hingga distrik sebuah kota. Proyek inipun berisi artikel-artikel bertemakan perjalanan, catatan digital bagi para pejalan, dan sugesti jadwa-jadwal perjalanan yang tersimpan secara online.

Saat ini, situs travel terbaru ini baru tersedia dalam tujuh penggunaan bahasa, setiap penggunaan bahasa telah dikembangkan secara spesifik. Versi bahasa Inggris tentunya masih memimping jumlah artikel yang ada saat ini, dengan lebih dari 26.500 informasi yang terkumpul hingga bulan Desember 2012 lalu. Walau sekarang telah beralih kepemilikan oleh Wikimedia, awalnya proyek ini dibangun secara independen dengan konten-konten berkategori seperti destinasi, jadwal perjalanan, catatan, dan topik-topik perjalanan.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales sendiri telah mengkonfirmasi bahwa situs ini akan segera diluncurkan. Wales sendiri mengatakan bahwa situs ini tidak memiliki sebuah model bisnis yang baku dan tidak akan memiliki iklan sedikitpun. Dalam artian lain, secara keseluruhan Voyage akan berjalan berdasarkan pendanaan dari Wikimedia Foundation. Situs ini menggunakan software MediaWiki dari Wikipedia yang memungkinkan penggunanya berkontribusi tanpa perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike yang dimilikinya, Voyage dimaksudkan untuk dapat memfasilitasi produksi panduan cetak dari sudut pandang yang legal. Informasi yang dibangun di dalam situs inipun dinilai lebih terstruktur dibandingkan ensiklopedia biasa.

Beragam artikelnya ditujukan kepada sebuah topik yang dikumpulkan berdasarkan berbagai kategori. Tujuan Voyage sendiri adalah menyediakan penggunanya berbagai informasi mengenai destinasi perjalanan dan rekomendasi mengenai restoran, hotel, budaya, dan lainnya. "Wikivoyage merupakan sebuah proyek untuk membuat sebuah panduan wisata yang gratis, lengkap, up-to-date, dan menjangkau dunia," tertulis dalam situsnya.

"Kapanpun para pejalan bertemu satu sama lain di jalanan, mereka akan bertukar informasi mengenai tempat-tempat asal mereka dan bertanya mengenai tempat yang akan mereka kunjungi. Kami ingin membuat hal itu lebih mudah untuk dibagikan dan biarkan orang lain membagikannya," tambahnya.

Menilik kepada sejarahnya, kembali pada tahun 2004 silam saat banyak dari penulis dan admin Voyage membangun konten berbahasa Jerman dari Wikitravel.org, hal tersebut menimbulkan beberapa kekecewaan saat situs tersebut ditujukan untuk mengeruk keuntungan secara komersial. Setelah enam bulan persiapan, perkumpulan non-profit situs inipun berdiri. Desember 2006 mereka mulai berjalan online dengan penggunaan bahasa Jerman, setelah 7 bulan beroperasi ada sekitar 40% artikel baru yang masuk dan meningkat 50% setelah 10 bulan. Migrasi pun akhirnya dilakukan pada tahun 2012 lalu oleh Wikimedia Foundation. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel