30 Tahun Teknologi Internet, Masih Jauh Dari Sempurna

22 Jan 2013 09:00 2492 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
1 Januari 1983 merupakan awal dari peralihan teknologi internet. Itu bukanlah internet yang kita ketahui ada pada saat ini. Apa yang dilakukan Cerf dan tim memberikan sumbangsih terhadap masa depan pengembangan teknologi seperti Domain Name System (DNS), World Wide Web (WWW), spam, dan juga lainnya.

Bertepatan dengan perayaan tahun baru yang jatuh pada tanggal 1 Januari, masyarakat modern saat ini tanpa sadar merayakan pula petualangan teknologi internet. Ya, tepat tiga puluh tahun lalu, seseorang bernama Vint Cerf dan sebuah tim berisi para ilmuan dan ahli teknologi memulai petualangan barunya di Amerika Serikat. 1 Januari 1983 merupakan awal dari peralihan teknologi internet. Itu bukanlah internet yang kita ketahui ada pada saat ini. Apa yang dilakukan Cerf dan tim memberikan sumbangsih terhadap masa depan pengembangan teknologi seperti Domain Name System(DNS), World Wide Web (WWW), spam, dan juga lainnya.

Vint Cerf sendiri meninail tahun 1969 merupakan awal dari ditemukannya peralihan internet yang dilakukannya. Saat potensi peralihan paket-paket komunikasi secara operasional telah diujicobakan melalui eksperimen ARPANET yang dilakukan Defence Adcanced Research Project Agency (DARPA) Amerika Serikat. DARPA sendiri bertanggung jawab atas pengembangan teknologi baru yang digunakan oleh militer. Lembaga ini bertanggung jawab terhadap pembiayaan berbagai teknologi dan memiliki pengaruh sangat besar pada dunia, terlebih untuk jaringan komputer. Apa yang dilakukan Cerf pada tanggal 1 Januari adalah peralihan dari sistem DARPA ke protocol TCP/IP. Oleh sebab itu ia dan tim membuat perubahan besar yang hingga saat ini kita gunakan. Tim tersebut tidak hanya merubah cara sejumlah komputer saling berkomunikasi, tetapi merekatkan keseluruhan planet.

Lalu mengapa mereka mengubahnya? Sejatinya peralihan jaringan internet pun diawali oleh DARPA itu sendiri. Mereka mengubah paket-paket mobile radio dan satelit, tetapi meninggalkan sebuah permasalahan besar pula. Pasalnya tidak ada padanan penggunaan bahasa yang umum untuk digunakan. Setiap jaringan memiliki protokol komunikasinya tersendiri menggunakan konvensi serta format standar untuk melakukan pengiriman dan penerimaan paket. Oleh sebab itu tidak ada cara untuk mengirimkan sesuatu di antara jaringan tersebut. Dengan niatan untuk menyelesaikan permasalahan itu, Vint Cerf dan Robert Kahn mengembangkan protokol komunikasi komputer baru yang didesain secara spesifik untuk mendukung hubungan antara paket jaringan yang berbeda. Mereka kelak menyebutnya sebagai TCP (Transmission Control Protocol). Pada tahun 1974 mereka pun mempublikasikan sebuah makalah mengenai IEEE Transaction on Communications. Kemudian untuk mendapatkan transmisi data real-time yang lebih baik, Cerf dan tim memisahkan TCP menjadi dua bagian, yakni TCP dan Internet Protocol atau lebih akrab disebut IP. Maka kombinasi dua protokol tersebut secara resmi memiliki panggilan TCP/IP.

Hasil dari studi panjang itupun diujicobakan ke dalam tiga tie jaringan yang dikembangkan oleh DARPA. Pada tahun 1981, Jon Postel mempublikasikan sebuah rencana transisi untuk memindahkan sekitar 400 host ARPANET dari protokol lama NCP ke TCP/IP. Tanggal 1 Januari 1983 merupakan deadline peralihan atau transisi perpindahan host tersebut. Tanggal 1 pun tiba dan menjadi hari yang sarat luapan emosi. Tidak ada perayaan besar untuk merayakan langkah besar bagi perubahan teknologi internet itu, bahkan Vint Cerf sendiri mengatakan tidak menemukan selembah foto saat proses tersebut berlangsung. Yang ia ingat adalah sebuah pin bertuliskan "I Survived the TCP Transition" beredar pada saat itu. Dan pada hari bersejarah itulah operasional internet terlahir dan TCP/IP menjadi standar internasional hingga saat ini.

Internet sendiri telah menjadi salah satu teknologi terpenting bagi kebanyakan manusia saat ini. Teknologi tersebut memberikan dampak terdapat cara manusia hidup, bekerja, bermain, dan tentunya berkomunikasi. Seperti produk teknologi lainnya, internet memiliki dua sisi mata uang yang saling berseberangan. Di satu sisi, internet dapat mempersatukan manusia, membuatkannya sebuah industri, tetapi di sisi lain menghasilkan prasangka, monopoli, pengawasan serta sensor. Itu bukanlah kesalahan internet. Seperti halnya sulap, baik dan buruknya pertunjukan yang dimainkan tergantung bagaimana pesulap itu memainkannya. Dan 30 tahun lalu perubahan terhadap internet telah dimulai dan entah kapan akan berhenti. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel