Freerice - Bermain, Belajar dan Menyumbang Beras

29 Aug 2011 19:00 3374 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Akhir-akhir ini, banyak kegiatan sosial yang dikaitkan dengan dunia online. Tidak hanya di dalam negeri, di luar negeri pun ternyata cukup marak. Salah satunya, ya Freerice ini.

Akhir-akhir ini, banyak kegiatan sosial yang dikaitkan dengan dunia online. Tidak hanya di dalam negeri, di luar negeri pun ternyata cukup marak. Salah satunya, ya Freerice ini.

Freerice merupakan sebuah situs non-komersial dimana pengguna bisa bermain berbagai macam hal yang bersifat pendidikan, salah satunya bermain kosa kata yang merupakan pilihan ganda dalam rangka memerangi kelaparan dunia.

Freerice didirikan oleh John Breen pada tanggal 7 Oktober 2007. Baru di hari pertama, situs ini telah berhasil menyumbangkan 830 butir beras. Jumlah beras yang didonasikan dalam setiap jawaban yang benar, pada awalnya adalah 20 butir. Tetapi, setelah beberapa bulan kemudian jumlah donasinya dikurangi menjadi 10 butir untuk 1 pertanyaan yang benar.

Maret 2009, situs Freerice resmi didonasikan untuk Program Pangan Dunia PBB (UN World Food Program). September 2010, Program Pangan Dunia PBB meluncurkan game versi baru yang didukung dengan fitur social networking, grup, ranking dan prestasi member. Awalnya, nama situs Freerice ini adalah 'FreeRice", pengubahan nama ini diresmikan bersamaan dengan peluncuran versi game terbarunya tadi. Meskipun namanya telah diubah, nama 'FreeRice' masih akan Anda jumpai ketika nanti Anda mengunjungi situs ini.

Pada tahun 2011, untuk pertama kalinya Freerice menambahkan fitur bahasa Spanyol yang memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan populer di sejumlah mata pelajaran dalam bahasa Spanyol. Meskipun bahasa Inggris merupakan bahasa standar yang dipakai dalam permainan kosa kata Freerice, tetapi sekarang pemain bisa memilih permainan dengan berbagai kategori mata pelajaran dan pilihan bahasa asing dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Kategori mata pelajaran yang disediakan diantaranya matematika, kimia, geografi dan seni. Sedangkan untuk kategori bahasa asing terdiri dari bahasa Perancis, Spanyol, Italia dan Jerman.

Ketika Anda masuk dan telah menjadi member di situs Freerice, pada halaman awal Anda akan disuguhkan kolom kosakata berbahasa Inggris yang harus Anda cari persamaannya. Misalnya kata priceless, Anda harus menjawab persamaan dari kata ini. Apabila Anda benar dalam menjawab, Freerice akan memberikan Anda poin 10 butir beras untuk disumbangkan. Jadi, setiap pertanyaan yang Anda jawab benar, akan dikalikan dengan 10 butir beras tersebut. Bermain, belajar dan beramal, mungkin begitulah kegiatan yang pantas disematkan bagi situs Freerice ini. Selamat mencoba! MG

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel