Topshop - Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen Melalui Aplikasi Game Mobile

25 Aug 2011 09:44 6020 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Belanja online mulai dilirik oleh para konsumen saat ini. Selain sistem keamanan yang mulai berangsur-angsur membaik, para konsumen mulai aware dengan tata cara belanja online yang aman. Jika Anda pemilik toko online, sepertinya Anda bisa meniru ide kreatif dari Topshop ini.

Belanja online mulai dilirik oleh para konsumen saat ini. Selain sistem keamanan yang mulai berangsur-angsur membaik, para konsumen mulai aware dengan tata cara belanja online yang aman, ditambah dengan kelebihan untuk berbelanja dari sembarang tempat dengan koneksi internet, toko online makin marak bermunculan sebagai alternatif lain dari mendirikan infrastruktur toko yang sebenarnya.

Tetapi karena makin banyaknya pesaing, saat ini sebuah toko online perlu memberikan sedikit sentuhan untuk membuat lapaknya bisa lebih menarik konsumen dan berbeda dari toko online lain. Dalam merangka menciptakan diferensiasi semacam ini, Paseban menemukan salah satu contoh strategi marketing milik Topshop yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Topshop, sebuah merk baju asal Inggris, bekerjasama dengan SCVNGR menciptakan aplikasi game untuk perangkat mobile. Aplikasi game ini memiliki fungsi utama sebagai "special marketing promotion and fun" atau berbasis gamification seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya.

Dengan aplikasi dari Topshop ini, semua pengguna yang berada pada radius 500 meter dari lokasi toko Topshop bisa memainkan game ini. Pengguna hanya tinggal download aplikasi tersebut dari iPhone atau Android, meng-klik "Places" dan mencari "Topshop, kemudian mereka bisa mulai memainkan "fashion-themed challenge". Game ini adalah permainan berdasarkan poin, dimana pengguna bisa memilih hadiah yang ingin dia dapatkan dan kemudian mulai menyelesaikan suatu tantangan untuk mengumpulkan poin yang dibutuhkan dalam meraih hadiah yang telah ia pilih.

Tantangan sederhana pada game ini akan berupa aktifitas seperti mengambil foto dari produk pakaian Topshop bertema tertentu yang menjadi favoritnya atau memilih item mana yang cocok untuk mewakili tren yang sedang terjadi saat ini. Hadiah akan berupa diskon belanja di Topshop atau memenangkan sejumlah uang untuk berbelanja di Topshop.

Strategi yang dilakukan oleh Topshop ini bisa dibilang cara yang inovatif untuk mengajak konsumen selalu berpartisipasi dan melakukan komunikasi dengan Topshop. Menciptakan suatu awareness dan brand image menggunakan cara ini akan sangat efektif untuk dilakukan. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel