Beginilah Berbagai Cara Melakukan Rooting Android

28 Aug 2011 15:05 22306 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana cara cara *rooting* dengan bantuan *software* tambahan yang ter-*install* di komputer, maupun melakukannya langsung di perangkat Android? berikut ulasannya dari Paseban

Setelah membahas pengertian root beserta kelebihan dan kekurangannya, kali ini Plimbi akan berbagi pengalaman tentang cara rooting dengan bantuan software tambahan yang ter-install di komputer, maupun melakukannya langsung di perangkat Android.

Dalam melakukan rooting Android, terdapat berbagai macam cara, salah satunya yaitu melakukan beberapa modifikasi pada sistem berbasis linux ini dan meng-install aplikasi bernama Superuser. Aplikasi-aplikasi untuk meng-customize Android yang membutuhkan rooting akan mendeteksi dan akan memiliki fungsi dengan adanya Superuser.

Rooting langsung melalui perangkat

Untuk melakukan rooting Android secara langsung dari perangkat Anda, berikut langkah-langkahnya:

  1. Anda harus mencari file berbentuk ZIP yang umumnya bernama 'update.zip' atau 'upd_1.zip'. Biasanya, masing-masing perangkat membutuhkan update.zip yang berbeda. Anda bisa membacanya terlebih dahulu mengenai support ponsel update.zip sebelum men-downloadnya, kemudian lakukan modifikasi dengan cara:

    - Buka file hasil download (jangan di ekstrak!)

    - Buka folder "META-INF\com\google\android" dan buka file updater-script dengan notepad.

    - Pada notepad Anda akan menemukan script getprop ("ro.product.device") == "tipe ponsel" dan getprop ("ro.build.product") == "tipe ponsel", ganti tipe ponsel dengan tipe perangkat Anda. Contoh apabila perangkat Anda Samsung Galaxy Gio, ganti "tipe ponsel" dengan "GT-S5660".

  2. Setelah itu pindahkan file update.zip ke SD Card perangkat Android Anda (tetap jangan diekstrak!)

  3. Matikan perangkat Android Anda.

  4. Nyalakan Android Anda ke Recovery Mode dengan menekan tombol Power+Menu secara bersamaan.

  5. Pada Recovery Mode, Anda akan menemukan beberapa menu pilihan. Pilih apply sdcard: update.zip atau apply update from sdcard

  6. Pada layar selanjutnya pilih file update.zip atau upd_1.zip.

  7. Butuh 2-3 detik untuk meng-install update tersebut.

  8. Setelah selesai pilih reboot sytem.

Saat Android Anda menyala, tanda bahwa update berhasil dan Android Anda telah di-rooting adalah Anda bisa menemukan tambahan aplikasi Superuser ter-install di Android Anda. Cara ini telah berhasil Paseban lakukan pada perangkat Samsung Galaxy Gio. Untuk tipe atau produk berbeda kemungkinan ada sedikit perbedaan, seperti dalam hal tombol untuk mengakses Recovery Mode dan nama menu.

Untuk un-root, Anda bisa mencari file bernama unroot.zip, kemudian lakukan langkah-langkah yang sama dengan proses rooting di atas.

Rooting melalui software tambahan yang ter-install di Komputer

Cara kedua ini menurut Paseban merupakan cara yang lebih mudah dan sederhana untuk Anda lakukan. Paseban menggunakan software SuperOneClick produksi XDA-Developers, yang mana Anda bisa melakukan rooting atau unrooting Android Anda hanya dengan satu klik. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cari dan download software SuperOneClick,

  2. Install dan buka SuperOneClick,

  3. Pada perangkat Android Anda, buka Setting-> Applications-> Development dan centang USB debugging.

  4. Pada saat melakukan proses rooting menggunakan SuperOneClick disarankan Anda melepas SD Card Anda. Buka Setting->SD card and phone storage setting dan pilih Unmount SD Card, lalu lepas SD Card Anda.

  5. Setelah semua setting pada perangkat Android selesai, colokkan Android ke komputer.

  6. Lalu klik tombol Root atau Unroot.

  7. Selanjutnya tunggu hingga SuperOneClick menandakan proses rooting atau unrooting telah selesai. (Pada saat proses rooting berlangsung, SuperOneClick akan menanyakan apakah Anda mau meng-install Busybox juga, pilih OK karena beberapa aplikasi yang bisa di-install pada perangkat rooted Android membutuhkan Busybox.)

Paseban memilih SuperOneClick karena software ini sudah digunakan secara universal. Dan setelah Paseban mencobanya sendiri, software ini menunjukkan hasil yang tidak mengecewakan.

SuperOneClick hanya bisa untuk rooting perangkat berOS Froyo. Untuk perangkat berOS Gingerbread tersedia software bernama GingerBreak, namun Paseban belum mencoba software ini. Selamat mencoba! RY

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel