Alasan Kontes Dijadikan Salah Satu Strategi Marketing

31 Aug 2011 13:40 3748 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kontes telah hadir dalam waktu yang lama dalam dunia marketing. Peran kontes ini mengalami sedikit perkembangan baru dengan hadirnya situs dan jejaring sosial. Kontes tentu bukan jawaban untuk setiap tantangan marketing, tetapi mereka harus menjadi bagian dari toolkit setiap marketer yang memanfaatkan media online.

Kontes telah hadir dalam waktu yang lama dalam dunia marketing. Peran kontes ini mengalami sedikit perkembangan baru dengan hadirnya situs dan jejaring sosial. Kontes tentu bukan jawaban untuk setiap tantangan marketing, tetapi mereka harus menjadi bagian dari toolkit setiap marketer yang memanfaatkan media online.

Berikut adalah empat alasan mengapa menggunakan kontes sebagai salah satu dari strategi marketing:

Kontes adalah Tool untuk Membangun Fanbase

Kontes telah banyak terbukti bisa meningkatkan audience pada sebuah situs atau pengikut pada akun jejaring sosial sebuah merk. Banyak kasus yang menunjukkan peningkatan, dari 50 pengikut bisa naik menjadi 1000 dan 15.000 naik menjadi 30.000 dalam hitungan hari saat produk mengadakan suatu kontes. Kontes telah terbukti memiliki kekuatan promosi.

Tawaran register atau menjadi fan secara gratis untuk mengikuti kontes yang diadakan, dimana pengguna dalam posisi "nothing to lose" dan berkesempatan mendapatkan hadiah, tentu saja akan memiliki peluang untuk lebih menarik peminat. Strategi marketing ini patut Anda coba.

Kontes Bisa Lebih Melibatkan Audience

Kontes menggunakan User-Generated Content (UGC) seperti kontes foto atau video, selain meningkatkan jumlah orang yang berinteraksi dengan merk Anda, juga menyediakan sarana untuk memperdalam koneksi. Kontes UGC adalah strategi marketing yang memancing keinginan manusia untuk berkompetisi dan memiliki kesempatan untuk menang dan kemudian keinginan Anda untuk mereka berpartisipasi bisa tercapai lebih mudah.

Kontes Kaya akan Sumber Data

Dengan iming-iming hadiah, umumnya orang akan bersedia untuk mengisi data diri sebagai syarat pendaftaran. Jangan menciptakan formulir pendaftaran ini dengan terlalu banyak pertanyaan, karena hal ini akan menurunkan ketertarikan. Tetapi juga jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk mempelajari sedikit tentang calon konsumen Anda, seperti darimana mereka mendengar kontes ini, hal apa dari produk Anda yang mereka sukai, atau pertanyaan yang berguna buat strategi marketing lainnya.

Hal yang perlu Anda ingat dalam menentukan suatu pertanyaan adalah, pertanyaan yang Anda lontarkan ini berhubungan dengan penawaran yang nantinya akan Anda berikan kepada mereka. Plus, Anda bisa mengumpulkan beberapa data penting dari interaksi dan komentar dari audience saat mengikuti kontes.

Kontes bisa Membuat Konsumen melakukan Marketing untuk Anda

Contoh, kontes foto yang Anda adakan memiliki kriteria pemenang kontes adalah foto dengan pendukung terbanyak, dengan kriteria ini kontestan akan mencari banyak dukungan dari teman dan saudaranya.

Dengan mengadakan kontes semacam ini, berarti berita akan adanya kontes dan khususnya keberadaan merk Anda, akan disebarkan oleh para kontestan. Ditambah dengan adanya jejaring sosial, hal ini akan menjadi lebih mudah dengan hasil berlipat ganda. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel