Google Reader - Dapatkan RSS Feed Dari Berbagai Situs Melalui Perangkat Android

22 Aug 2011 13:40 12485 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Google Reader adalah RSS Reader milik Google khusus perangkat Android. Semua situs yang Anda daftarkan pada Google Reader versi web Anda akan terbaca pada Google Reader versi Android, begitu juga sebaliknya.

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah umum digunakan oleh situs berita dan blog. RSS memiliki beberapa kepanjangan Rich Site Summary, RDF Site Summary dan Really Simple Syndication.

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan update konten situs web yang menyediakan feed RSS. Untuk memanfaatkan teknologi ini pengguna membutuhkan program yang umumnya dinamakan RSS reader. RSS reader bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi, Anda kemudian dapat mendaftar ke berbagai situs dan mendapatkan update konten dari situs tersebut. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya alias gratis.

Manfaat RSS reader umumnya untuk mendapatkan update berita terbaru. Dengan mendaftar kepada berbagai situs yang pengguna tentukan dengan kategori berita yang bisa pengguna pilih, pengguna bisa selalu mendapat konten berita yang diinginkan.

Lalu bagaimana mendapatkan update berita pada Android? Tersedia banyak aplikasi yang berfungsi sebagai RSS reader namun Plimbi lebih memilih aplikasi besutan Google sendiri, Google Reader, sebagai RSS reader andalan perangkat Google Android.

Google Reader untuk perangkat untuk perangkat Android ini tersinkronisasi dengan Google Reader versi web yang bisa Anda tambahkan pada akun Google milik Anda. Semua situs yang Anda daftarkan pada Google Reader versi web Anda akan terbaca pada Google Reader versi Android, begitu juga sebaliknya.

Berikut cara menambahkan situs pada list Google Reader Anda:

  1. Tekan tombol + yang terdapat di ujung kanan atas. Selanjutnya Google Reader menyediakan tiga pilihan "Search", "Social", dan Browse.

  2. Fitur "Search" digunakan untuk mencari situs/blog berdasarkan keyword, alamat URL, atau topik.

  3. Fitur "Social" digunakan untuk mencari blog berdasarkan username pada layanan seperti Blogger, Wordpress, dan lain-lain.

  4. Fitur "Browse" akan menampilkan kategori dari suatu situs yang akan mempermudah Anda yang sedang mencari situs berdasarkan kategori tertentu.

Dengan Google Reader, Anda bisa memanage situs yang Anda daftarkan berdasarkan kategori dengan membuat folder kategori. Google Reader akan menampilkan list headline dari situs yang Anda daftarkan, namun kelebihan Google Reader adalah Anda bisa menampilkan keseluruhan konten langsung dari aplikasi tanpa harus membuka web browser Android. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel