Pemanfaatan Mobile Technology Terhadap Bisnis Car Rental

8 Apr 2011 17:29 6420 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bisnis sewa mobil di Indonesia sudah berlangsung puluhan tahun tapi sayangnya model bisnis yang digunakan masih menggunakan model bisnis yang konvensional dimana perusahaan atau perorangan yang berusaha di industri ini memiliki dan menyediakan berbagai jenis mobil di lokasi yang sudah ditentukan. Proses pemesanan dan informasi mengenai harga dilakukan melalui komunikasi telepon. 

Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi suatu negara akan meningkatkan jumlah kebutuhan terhadap alat transportasi seperti halnya kebutuhan terhadap penggunaan mobil. Karena beberapa pertimbangan praktis, ekonomis dan fun, buat sebagian masyarakat kebutuhan terhadap mobil tidak harus dilakukan dengan memiliki tapi bisa dengan menggunakan jasa sewa mobil. Bisnis sewa mobil di Indonesia sudah berlangsung puluhan tahun tapi sayangnya model bisnis yang digunakan masih menggunakan model bisnis yang konvensional dimana perusahaan atau perorangan yang berusaha di industri ini memiliki dan menyediakan berbagai jenis mobil di lokasi yang sudah ditentukan. Proses pemesanan dan informasi mengenai harga dilakukan melalui komunikasi telepon. Setelah term and condition disetujui mobil akan diantar ke tempat pemesan atau diambil di kantor penyedia layanan. Sedangkan pembayaran dapat dilakukan dengan cara tunai atau credit card. Terlihat bahwa sangat sedikit sentuhan online technology maupun mobile technology terhadap proses bisnis tersebut. Kalaupun ada sebagian penyedia jasa sewa mobil mempunyai website sekedar untuk informasi kantor, jenis layanan dan jenis mobil.

Kita akan bandingkan tiga bisnis sewa mobil dari tiga negara berbeda dimana pemanfaatan online technology dan mobile technology sudah masif dan advanced, yaitu DriveMyCarRental.com dari Australia, Whipcar.com dari UK dan Zipcar.com dari USA.

DriveMyCarRental.com
Pemilik situs DriveMyCarRental.com (DMCR) hanya memberikan infrastruktur online sebagai media berkomunikasi antara pemilik mobil (owners) dengan penyewa mobil (drivers) dan memperoleh komisi sekitar 16.5% dari setiap transaksi. Semua pendaftaran baik untuk owners dan drivers dilakukan secara online. Meskipun Anda hanya memiliki satu mobil, Anda sudah bisa menjadi pengusaha sewa mobil dengan melakukan registrasi secara gratis. Selain memberikan identitas diri, Anda harus memberikan informasi dari jenis mobil, tahun pembuatan mobil, lokasi dan ketersediaan waktu (availability) dari mobil Anda untuk disewa dalam seminggu. Harga sewa rental sendiri ditentukan otomatis, dan untuk membantu owners disediakan tool Rental Calculator sebagai referensi perhitungan harga sewa.

Jika ingin menjadi penyewa mobil, setalah melakukan registrasi online maka Anda dapat mencari mobil yang tersedia sesuai kebutuhan dengan memberikan informasi tentang jenis mobil yg dibutuhkan, estimasi harga yang sesuai dan lokasi pemakaian (negara bagian dan suburb). Setelah menemukan mobil yang cocok, Anda meminta penawaran resmi dari DMCR kemudian melakukan booking langsung kepada owners. Sebagai konfirmasi, drivers akan menerima konfirmasi melalui email atau SMS.

Setelah itu, drivers melakukan pembayaran komisi ke DMCR dengan menggunakan fasilitas DMCR yang tersedia secara online juga, sedangkan sisa pembayaran dibayarkan langsung ke owners dengan cara tunai, debit atau paypal.

Drivers dan owners berkomunikasi langsung untuk menentukan tempat dan waktu pengambilan maupun pengembalian mobil. Dan tentu saja harus menanda tangani sejumlah dokumen pada saat pengambilan dan pengembalian mobil seperti yang dilakukan dalam model bisnis yang konvensional.

Whipcar.com
Dari sisi model bisnis, Whipcar.com memiliki kemiripan dengan DMCR, keduanya menerapkan community based business. Perbedaannya ada di level detail dan bisa dikatakan Whipcar.com menggunakan hampir semua proses secara otomatis dan online. Perbedaan paling mencolok adalah kita melakukan pencarian mobil berdasarkan kode pos sehingga penyewa mobil dapat mengambil keputusan yang lebih tepat karena mengetahui jarak mobil yang akan disewa dengan lebih akurat. Whipcar.com juga menyediakan tampilan dari ketersediaan mobil dengan Google Earth untuk mempermudah pencarian. Tidak salah bila mereka menggunakan slogan bisnis: Rent the Car Next Door.

Owners dan drivers akan memperoleh Whipcar.com account pada saat registrasi dengan menyertakan informasi bank account Anda. Semua pembayaran akan dilakukan secara online. Whipcar.com sendiri mengutip komisi sekitar 15% dari setiap transaksi. Anda akan mendapat sedikit bonus bila bisa memberikan rekomendasi kepada teman untuk melakukan usaha di Whipcar.com

Zipcar.com
Zipcar.com yang sekarang beroperasi di USA, UK dan Kanada menggunakan model bisnis dan proses bisnis yang sangat berbeda dibandingkan DMCR dan Whipcar.com. Mirip dengan cara bisnis car rental konvensional, Zipcar.com menyediakan seluruh armada kendaraannya dibeberapa lokasi parkir. Tetapi Zipcar.com memanfaatkan online technology dan mobile technology secara optimal. Mereka lebih tepat di katakan sebagai sharing car business.

Pengguna jasa harus menjadi member dengan melakukan registrasi secara online dan memilih satu dari tiga paket yang tersedia: pribadi, perusahaan atau universitas. Apabila registrasi disetujui maka akan memperoleh suatu device yang disebut Zipcard, yang akan diterima paling lambat dalam seminggu. Setelah itu member baru bisa melakukan reservasi secara online. Proses reservasi membutuhkan informasi jenis mobil dan lokasi parkir yang diinginkan. Salah satu kelebihan dari Zipcar.com adalah member bisa menyewa untuk jangka waktu satu jam sedangkan di DMCR dan Whipcar.com jangka waktu penyewaan minimum adalah satu hari. Reservasi bisa dilakukan dalam hitungan menit sebelum waktu yang Anda tentukan. Setelah reservasi disetujui, member pergi ke lokasi parkir yang sudah diinginkan dengan membawa Zipcard. Dengan Zipcard, member membuka mobil (unlock) dan mulai menggunakan mobil yang diinginkan.

Member harus membayar uang tahunan pada saat registrasi dan uang sewa pada saat setiap transaksi. Pembayaran semua dilakukan secara online melalui bank account atau kartu kredit. Sedangkan harga sewa sudah ditentukan dan menjadi hak penuh Zipcar.com.

Dapat disimpulkan meskipun ketiga model bisnis tersebut mempunyai banyak perbedaan tapi semua aktivitas dapat dilakukan dari handphone masing-masing pengguna jasa sewa mobil. Salah satu kunci keberhasilan dari bisnis ini adalah keabsahan informasi yang dibutuhkan baik dari sisi indentitas owners maupun drivers, akurasi online payment dan law enforcement juga sudah diproteksi dengan berbagai jenis asuransi, bisa dibayangkan apabila penyewa mobil tidak mengembalikan mobilnya karena alasan tertentu sedangkan penyedia layanan kesulitan untuk klaim kerugian atau tuntutan hukum. Dengan konsep seperti DMCR dan Whipcar.com, maka akan muncul banyak pengusaha disektor ini tanpa harus membutuhkan kapital yang besar, cukup mulai dengan satu atau dua mobil (baru atau bekas) siapapun bisa menjadi pengusaha car rental. Arief Hidajat

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel