Ini Dia Aplikasi Auto Shutdown, Restart, dan Hibernate Untuk PC

14 Jan 2013 18:00 7280 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika tidak ingin kerusakan pada perangkat keras atau komputer tersebut menghampiri komputer, aplikasi Auto Shutdown adalah sebuah aplikasi shutdown otomatis gratis yang mungkin bisa digunakan sebagai salah satu solusinya untuk melakukan proses shutdown, sleep, hibernate pada komputer secara otomatis dengan mudah dan cepat.

Shutdown adalah proses penghentian program maupun sebuah sistem komputer yang sedang aktif dan juga sedang berjalan (running) serta untuk menonaktifkan fungsi perangkat keras yang sedang berjalan pada PC, laptop, Notebook, maupun beberapa perangkat yang menggunakan sebuah sistem operasi agar berhenti atau mati.

Membiarkan dan juga menghidupkan komputer entah saat Anda ketiduran di kamar ataupun sedang tidak dipakai akibat Anda lupa, tentunya akan menyebabkan pemborosan listrik dan jika hal tersebut terjadi secara berulang-ulang pada komputer, akan berdampak kepada beberapa komponen perangkat keras komputer ataupun laptop. Hal ini menjadi salah satu alasan perangkat menjadi lebih cepat rusak dan juga sering terjadi error.

Jika tidak ingin kerusakan pada perangkat keras atau komputer tersebut menghampiri komputer, aplikasi Auto Shutdown adalah sebuah aplikasi shutdown otomatis gratis yang mungkin bisa digunakan sebagai salah satu solusinya untuk melakukan proses shutdown, sleep, hibernate pada komputer secara otomatis dengan mudah dan cepat.

Auto Shutdown adalah sebuah aplikasi gratis yang dapat digunakan pada desktop bagi para pengguna sistem operasi Windows. Aplikasi ini hadir dengan ukuran yang sangat kecil dan tidak akan menghabiskan penggunaan memori penyimpanan atau hardisk Anda, ukurannya hanya sekitar 800 KB. Proses instalasi pada aplikasi ini sangat cepat dan nantinya aplikasi ini akan berjalan pada System Tray komputer Windows milik Anda.

Untuk menggunakan salah satu aplikasi untuk dapat melakukan shutdown pada komputer maupun laptop secara otomatis. Untuk penggunaanya, Anda hanya cukup mengklik kanan pada system tray yang berada pada Task Bar Windows Anda, lalu nantinya akan muncul berbagai macam pengaturan-pengaturan serta berbagai pilihan yang ingin Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda seperti penjadwalan untuk melakukan fungsi shutdown,hiberbate, sleep secara otomatis pada hari maupun pada jam-jam tertentu.

Anda dapat mengatur perintah apa yang ingin dilakukan dengan mengklik menu tombol Action, lalu tinggal mengatur waktu untuk mengekseskusi perintah yang telah Anda atur tersebut. Desain tampilan aplikasi yang cukup mudah, tentunya tidak akan membinggungkan bagi pengguna awal komputer sekalipun .

Anda juga dapat mengatur pengaturan secara singkat serta cepat menggunakan kombinasi menu shortcut sesuai keinginan Anda untuk dapat menjalankan perintah shutdown, sleep, hibernate secara otomatis pada komputer milik Anda.

Aplikasi shutdown otomatis ini juga dapat memberikan sebuah peringatan maupun pemberitahuan (warning pop-up) pada saat komputer Anda akan melakukan atau mengeksekusi perintah yang telah diatur sebelumnya untuk dapat melakukan proses shutdown, sleep, ataupun proses hibernate pada komputer secara otomatis sesuai dengan keinginan Anda dengan cara menglik tombol Advanced Settings. Fitur ini berguna jika Ada pengguna lain yang sedang menggunakan PC atau komputer milik Anda ketika Anda sedang tertidur, jadi pengguna tersebut tidak akan merasa bingung saat komputer milik Anda tersebut melakukan shutdown komputer secara otomatis.

Untuk dapat mendownload aplikasi Auto Shutdown ini, Anda bisa mengklik link ini. Secara keseluruhan spesifikasi kebutuhan minimun dari aplikasi Autu Shutdown yang telah disebutkan di atas, aplikasi tersebut dapat dipergunakan pada berbagai jenis versi Windows seperti: Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan juga Windows 8 dengan penggunaan memori yang minim maupun dari penggunaan RAM. Semoga dengan aplikasi shutdown otomatis ini komputer Anda yang biasanya selalu menyala terus pada malam hari atau pun karena Anda ketiduran tidak lagi terjadi, dan dapat dimatikan secara otomatis dan diatur sesuai dengan keinginan Anda, sehinggsa umur dari komputer maupun laptop Anda tersebut akan lebih panjang. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel