Windows 8 Upgrade: Cara Bermigrasi dari OS Windows Lama Anda ke Windows 8

14 Jan 2013 10:00 4965 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda bukanlah salah satu dari pengadopsi awal Windows 8 ini yang bergegas untuk segera membelinya pada hari pertama peluncurannya, sekarang mungkin Anda mulai berpikir untuk membeli atau melakukan Windows 8 upgrade pada komputer.

Windows 8 sudah berada di pasaran selama beberapa Minggu terakhir ini dan mendapatkan respons yang positif dari para pengguna Windows dari seluruh dunia. Jika Anda bukanlah salah satu dari pengadopsi awal Windows 8 ini yang bergegas untuk segera membelinya pada hari pertama peluncurannya, sekarang mungkin Anda mulai berpikir untuk membeli atau melakukan Windows 8 upgrade pada komputer. Jika Anda merasa sayang untuk mengganti komputer di rumah karena di sana tersimpan banyak data penting yang dimiliki dan memiliki resik untuk terhapus atau mentransfer dengan waktu yang lama, maka satu-satunya jalan adalah dengan cara melakukan Windows 8 upgrade ke dalam komputer Anda. Bermigrasi dari Windows lama Anda ke dalam Windows 8 yang baru bukanlah hal yang sulit seperti yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu membaca ulasan yang akan [Paseban](http://www.plimbi.com "Paseban Berita dan Informasi Teknologi") berikan di bawah ini untuk bermigrasi dari Windows lama Anda menuju ke Windows 8 yang baru.

Migrasi ke Windows 8 untuk Sistem yang Ada Jika Anda memiliki komputer yang saat ini menggunakan sistem operasi Windows XP dengan Service Pack 3, Windows Vista atau Windows 7 maka Anda memungkinkan untuk melakukan upgrade. Untuk mencari tahu, maka Anda bisa langsung pergi menuju situs ini dan mengunduh gratis Windows 8 Upgrade Assistant. Hal ini akan menganalisa sistem Anda dan memberitahukan kepada Anda apakah perangkat Anda yang sekarang ini Anda gunakan kompatibel dengan sistem operasi Windows 8. Jika perangkat Anda sesuai dengan kompabilitas, maka asisten ini akan membawa Anda menuju ke proses pembelian dan menginstal sistem operasi Anda yang baru. Anda akan diberi peringatan terhadap masalah yang mungkin akan terjadi sebelum Anda melanjutkan untuk melakukan update sistem operasi Anda. Apa yang terjadi selanjutnya tergantung pada sistem operasi lama apa yang Anda gunakan sekarang. Pada Windows 7 semua sistem harus ditransfer secara utuh sehingga Anda berakhir dengan sebuah sistem yang siap untuk Anda gunakan setelah upgrade selesai. Jika Anda menggunakan XP atau Vista, file Anda akan disalin, tetapi Anda harus menginstal ulang semua aplikasi Anda. Pastikan bahwa Anda memiliki media instalasi yang diperlukan dan *license key* sebelum Anda memulai.

Pada era sebelum SP3 pada XP atau sistem yang lebih tua, Anda masih dapat menginstal Windows 8, jika perangkat Anda memenuhi kriteria dalam hal mana seperti dokumen, foto dan lainnya akan disimpan ke dalam Windows old folder. Anda dapat mengambil data data Anda setelah Anda selesai melakukan upgrade. Hal ini juga berlaku pada sistem apapun jika Anda memilih pilihan ‘keep nothing’ pada saat Anda sedang melakukan upgrade, selama Anda tidak memformat disk file Anda masih akan disimpan dalam folder Windows.old.

Gunakan Windows Easy Transfer untuk Bermigrasi ke Windows 8 Jika Anda memutuskan untuk membuat sebuah awalan baru dan melakukan instalasi bersih, pasti akan ada beberapa file yang ingin Anda pertahankan. Untungnya, terdapat alat untuk versi sebelumnya dari Windows yang dapat membantu Anda dengan proses ini. Pada Windows 7 Anda bisa menggunakan Windows Easy Transfer yang disediakan sebagai bagian dari OS untuk menyalin data ke drive eksternal atau lokasi jaringan. Untuk pengguna XP dan Vista dapat mengunjungi situs ini untuk mengunduh Windows Easy Transfer yang sesuai dengan versi sistem operasi yang sedang digunakan. Ketika Anda telah menyimpan data menggunakan Windows Easy Transfer maka Anda dapat langsung melanjutkan untuk bermigrasi dan menginstal Windows 8. Ketika proses instalasi selesai, buka Search dan ketikan ‘transfer’ untuk mencari Windows Easy Transfer pada sistem Windows 8. Salah satu kekurangan dari Windows Easy Transfer adalah bahwa aplikasi ini hanya menangani file, jadi pastikan Anda memiliki salinan dari perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk menginstal ulang setelah upgrade, khususnya Anda akan memerlukan installer untuk setiap program yang telah dibeli.

Melakukan upgrade ke sistem operasi yang baru memang tidak sesulit yang Anda bayangkan, namun tidak bisa dianggap enteng. Pilih alat yang tepat untuk melakukan hal ini yang juga berguna untuk menyelamatkan data penting Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel