Komikara - Tempat Berkumpulnya Para Pemerhati, Penggemar dan Komikus

29 Jul 2011 15:35 4763 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Komikara merupakan tempat berkumpulnya para pemerhati, penggemar dan pelaku komik (komikus). Komunitas ini terbuka bagi siapa saja, terutama bagi mereka penggemar komik yang berada di kawasan regional Bandung dan sekitarnya.

Komikara, komunitas ini awalnya bernama Komunitas Cergam Bandung Menyala (KCB). Sehubungan bergantinya kepengurusan, komunitas ini berganti nama menjadi Komikara. Komikara sendiri berasal dari kata Komik dan Kara, yang di dalam Bahasa Sunda kara berarti tempat. Jadi, Komikara merupakan tempat berkumpulnya para pemerhati, penggemar dan pelaku komik (komikus). Komunitas ini terbuka bagi siapa saja, terutama bagi mereka penggemar komik yang berada di kawasan regional Bandung dan sekitarnya.

Komikara didirikan pada tahun 2010 dan digagas oleh empat orang, yaitu Okky, Olang, Ibuy dan Azisa, yang hari Rabu sore kemarin ditemui oleh Plimbi di Chibis. Chibis merupakan tempat rental komik sekaligus tempat nongkrongnya para anggota Komikara.

Komikara bersifat mandiri, netral dan terbuka pada semua pihak, dari berbagai aliran gaya visual, sampai dengan latar belakang keilmuan yang bisa mendukung tumbuh kembangnya dunia cergam/komik Indonesia. Visinya yaitu menuju kemandirian dan kemapanan demi kesejahteraan bersama. Sedangkan misi dari Komikara yaitu untuk memperkenalkan, mempromosikan, membimbing dan mengarahkan (edukasi) serta memproduksi dan membangun jaringan kerja yang produktif.

Komikara didukung oleh jaringan Studio Cergam serta Ilustrasi dan Desain di Bandung. Jaringan komunitasnya pun diikuti oleh komunitas komik kampus maupun non-kampus, seperti Comic Management School (CMS), FUNCO UNIKOM, KOSMIK ITHB, STSI, Keraton Komik ITB, Komunitas Komik ITENAS dan PAKOMAR Maranatha.

Sekarang ini, koleksi komik yang diperuntukkan untuk dipinjamkan di Chibis mencapai ratusan komik. Meskipun tempat ini kecil, tetapi mampu menjadi tempat berteduh bagi para penggemar komik khususnya komik Indonesia.

Ketika mendengar Plimbi menyediakan tempat bagi para community, Azisa Noor selaku Public Relation Komikara cukup antusias untuk memanfaatkannya sebagai jembatan bagi kemudahan aktivitas komunitasnya, apalagi dengan adanya layanan-layanan pendukung seperti broadcast, free sms dan Paseban messenger. Untuk agenda kegiatan rutin dari komunitas komik ini sendiri yaitu mengadakan kopdar setiap satu minggu sekali di Jalan Suci, Bandung. Selain itu, mereka juga sering mengadakan event setiap dua bulan sekali, seperti launching komik,talkshow, workshop dan bazaar. MG

Tags Biografi

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel