Cara Menggunakan Tablet PC Sebagai Monitor Kedua Komputer Anda

9 Jan 2013 10:00 8820 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dual monitor tengah digandrungi banyak pengguna teknologi saat ini. Beberapa bidang telah memanfaatkan kecanggihan dua integrasi perangkat tersebut. Dan berikut adalah beberapa cara menggunakan tablet PC sebagai monitor kedua Anda.

Dual monitor tengah digandrungi banyak pengguna teknologi saat ini. Beberapa bidang telah memanfaatkan kecanggihan dua integrasi perangkat tersebut. Desainer kerap memanfaatkan hal tersebut untuk memudahkan cara kerja mereka. Bahkan saat ini sebuah tablet dapat berfungsi sebagai layar atau monitor kedua untuk agar menambah produktifitas kerja. Mobilitas tinggi adalah salah satu alasan utama mengapa kebanyakan orang saat ini memilih tablet sebagai salah satu alat kerja utamanya. Tapi seorang pemilik tablet tidak dapat menggunakannya dengan cara tradisiona agar mendapatkan seluruh kemampuan maksimal perangkatnya tersebut. Berikut beberapa cara menggunakan tablet PC sebagai monitor kedua.

Untuk mengetahui cara penggunaan tablet sebagai monitor kedua diperlukan beberapa pekerjaan. Anda tidak perlu melakukan cara-cara ilegan untuk menjalankannya. Beberapa aplikasi iOS dan Android dapat membuat desktop Anda berpikir bahwa Anda terkoneksi dengan monitor eksternal lainnya di dalam sistem. Berikut beerapa aplikasi yang tersedia dan dapat Anda unduh.

Air Display

Aplikasi Air Display ini memungkinkan Anda menyambungkan perangkat iPad atau Android dengan Maca atau komputer Windows. Selain itu aplikasi yang dikembangkan Avatron Software ini pun mampu menghubungkan laptop secara nirkabel sebagai monitor kedua bagi desktop komputer Anda. Karena terhitung sebagai aplikasi yang universal, Air Display mampu bekerja bagi melalui iPad, iPhone, ataupun iPod Touch. Aplikasi ini dihargai seharaga $9.99 dan dapat diunduh di sini.

iDisplay

iDisplay dapat melakukan hal serupa seperti Air Display. Dikembangkan oleh SHAPE GmbH, Anda dapat menjadikan perangkat iPad, iPhone ataupun iPod Touch menjadi layar cadangan bagi Mac atau komputer Windows. Anda dapat mengunduhnya seharga $4.99 melalui App Store di sini.

Dua aplikasi di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya aplikasi penggunaan tablet sebagai monitor kedua. Aplikasi tersebut memiliki kemiripan dalam hal pengaturan serta instruksi saat menjalankannya. Anda dapat mempergunakan aplikasi iDisplay sebagai contoh. Berikut langkah-langkah konfigurasi yang harus Anda lakukan.

  • Pastikan komputer dan tablet milik Anda telah terkoneksi pada jaringan WiFi yang sama.

  • Unduh aplikasi melalui perangkat tablet.

  • Unduh desktop client dan jalankan pada komputer.

  • Aturlah proses perizinan atau firewall.

  • Bukan aplikasi pada perangkat tablet dan pilih nama komputer Anda.

  • Layar akan menyala dan pastikan tablet Anda telah tersambung.

  • Jika ukuran layar tablet terlihat kecil, Anda mungkin perlu melakukan cara pinch and zoom untuk memperbaikinya. Atau Anda harus memutuskan sambungan dan menyambungkannya kembali.

Sebagai catatan, langkah-langkah tersebut akan berubah, tergantung pada aplikasi atau sistem operasi yang dipergunakan. Ikutilah setiap perintah dari aplikasi dan desktop client yang Anda pilih. Setelah proses pengaturan selesai, Anda akan memiliki tampilan layar sentuh baru yang akan membantu Anda menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan waktu yang lebih sedikit. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel