5 Langkah Membersihkan Alat Pel Lantai Biar Tahan Lama

26 Jun 2024 10:00 178 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Info yang sampai jangan dilewatkan para ibu rumah tangga.

Setiap rumah pasti memiliki alat pel lantai. Soalnya, alat satu ini digunakan untuk membersihkan lantai yang kotor dari debu, kotoran, dan noda.  Biasanya, alat pel terdiri dari tongkat atau penyangga dan kain pel.

 

Ada berbagai jenis alat pel yang bisa kamu pilih, mulai dari alat pel basah biasa, kering, hingga semprot atau spray mop.  Karena digunakan hampir setiap hari, tentu kamu perlu menjaga alat pel supaya tahan lama dan bisa digunakan dalam waktu lama. Bagaimana caranya? Simak berikut ini.

 

1. Cuci kain pel setelah digunakan

Biar kain pel tidak kotor dan berbau, kamu harus segera mencucinya setelah digunakan. Cukup rendam kain pel di dalam ember berisi kain sabun selama 15-20 menit. Setelah itu, kucek kain pel sampai tidak ada sisa kotoran. Lalu, bilas hingga sabun tidak bersisa.  Jadinya, kain pel bisa digunakan kembali untuk membersihkan lantai dengan lebih optimal.

 

2. Pastikan kain pel sudah kering sebelum disimpan

Kain pel yang basah menjadi sumber bau tidak sedap, bakteri, dan jamur. Untuk itu, kamu perlu segera menjemurnya di bawah sinar matahari agar cepat kering. Setelah itu, kamu baru dapat memakainya lagi.

3. Bersihkan juga bagian tongkat pel

Selain kain pel, kamu juga perlu membersihkan bagian tongkatnya. Kamu bisa memakai campuran air cuka dan sabun. Semprotkan bagian tongkat dengan campuran ini dan seka sampai bersih.

4. Simpan di tempat yang kering

Bila kain dan tongkat pel sudah selesai dicuci, pastikan kamu menjemurnya terlebih dahulu supaya tidak lembap. Lalu, simpan di tempat yang tidak mudah terkena air, seperti di dalam lemari atau sudut ruangan. Jadinya, alat pel tidak berbau dan bisa digunakan dengan baik.

5. Ganti kain pel secara berkala

Meski sudah dibersihkan, kadang kain pel memang perlu diganti. Salah satu tandanya adalah kotoran di permukaan kain susah hilang dan ada robek. Lebih baik kamu memakai kain pel baru supaya lantai benar-benar bebas dari kotoran.

 

 

Itu dia beberapa cara mudah membersihkan alat pel biar tahan lama. Nah, kamu bisa membeli berbagai model alat pel lantai terbaik hanya di ruparupa.com

 

Di sini, kamu juga dapat belanja perabot dan peralatan tangga lainnya dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, SELMA, THYS, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi. Yuk belanja di ruparupa yang pasti #BikinBeres semua urusan rumahmu!

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel