Warning Kolesterol akan Naik Tajam Usai Lebaran Buruan Rebus 6 Daun Tradisional Ini untuk Menurunkannya

1 Jul 2024 16:45 245 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Warning Kolesterol Bakal Naik Tajam Usai Lebaran Buruan Rebus 6 Daun Tradisional Ini Untuk Menurunkannya

Lebaran biasanya identik dengan beragam jenis makanan bersantan dan berminyak yang bisa memicu kadar kolesterol menjadi tinggi. Padahal kolesterol ini bisa menyebabkan stroke atau penyakit jantung yang berbahaya. Kolesterol terjadi apabila kadar lemak dalam darah meningkat dan ini bisa menyumbat aliran darah menuju ke otak. Bahkan jika sumbatan sudah parah atau total maka bisa menyebabkan kelumpuhan atau kematian otak. Kolesterol tinggi disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau konsumsi lemak berlebihan. Oleh karena itu orang-orang dengan kolesterol tinggi akan berusaha untuk menurunkannya dengan melakukan pola makan yang lebih sehat.

Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan mulai dari memakan makanan berserat hingga mengkonsumsi obat-obatan. Namun tahukah Anda bahwa ada pengobatan alami yang dapat diperoleh dari sejumlah daun yang jika direbus daunnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Rebusan daun-daun di bawah ini sejak dulu dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, silahkan simak.

1. Jenis daun kelor

Yang pertama adalah kategori sayuran yang bernama daun kelor tidak diragukan lagi bahwa daun ini ampuh dimanfaatkan sebagai obat alami penurun kolesterol tinggi. Tanaman ini sudah mulai digunakan sejak Bangsa Indian mengatasi masalah obesitas. Kandungan zat aktif seperti flavonoid dan tanin menyebabkan daun kelor diklaim mempunyai efek untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

2. Jenis daun salam

Yang kedua adalah kategori sayuran yaitu daun salam yang diketahui tidak hanya untuk bahan tambahan masakan, daun salam ternyata juga bisa menurunkan kolesterol tinggi. Daun salam kaya akan senyawa flavonoid dimana flavonoid inilah yang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang kuat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

3. Jenis daun sirsak

Yang ketiga adalah daun sirsak sudah lama dikenal oleh Masyarakat sebagai obat kolesterol herbal yang mudah ditemukan di kebun dan diklaim sangat efektif diolah sebagai jamu tradisional dimana salah satu studi menyatakan bahwa air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan efek pembentukan kolesterol di dalam darah.

4. Jenis daun artichoke

Yang keempat adalah daun artichoke, terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa efek daun artichoke adalah dapat menurunkan kolesterol. Ekstark daun ini ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, mempunyai zat cynarin yang mempengaruhi pencernaan lemak dalam tubuh.

5. Jenis daun sirih

Yang kelima adalah mengenal manfaat daun sirih, memiliki kadar eugenol yang dapat menurunkan kolesterol. Di samping itu juga menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di liver dan dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus.

6. Jenis daun serai

Yang terakhir adalah daun serai dapat menurunkan kolesterol, dimana dalam sebuah studi Journal Of Advanced Pharmaceutical Technology and Research, daun serai dapat menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Penurunan kadar kolesterol tersebut tergantung pada sosis yang diberikan.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel