Belajar Filosofi Hidup dari Orang Finlandia, Ini 3 Resep Simpel Hidup Bahagia

18 Jun 2024 14:16 114 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Belajar Filosofi Hidup Dari Orang Finlandia, Ini 3 Resep Simpel Hidup Bahagia

Hidup bahagia adalah mampu menghindari pikiran-pikiran negatif merupakan impian semua orang dan ternyata prinsip ini paling banyak ditemukan dalam otak orang-orang Finlandia memegang prinsip hidup sederhana yang menyebabkan mereka bahagia. Kelll onnni onn, see onnnen kattkekoon yang artinya jangan membanding-bandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda. Prinsip ini diyakini sebagai salah satu faktor yang menyebabkan orang-orang Finlandia menjadi salah satu bangsa paling bahagia di dunia ini.

Finlandia yang berada di Eropa Utara ini konsisten dalam menyikapi keseharian kehidupan mereka sehingga mampu mempertahankan ranking pertama dalam world happiness report selama enam tahun berturut-turut. Lalu apa yang menjadi rahasia yang menyebabkan warga Finlandia menjadi orang paling bahagia di dunia ini? Frank Martela, filsuf dan ahli psikologi asal Finlandia mengungkap ada 3 hal yang tidak pernah dilakukan oleh penduduk Finlandia yang dipercaya inilah menjadi resep kebahagiaan mereka.

1. Tiidak meembanding-baandingkan diiri seendiri deengan oorang llain

Martela lebih lanjut mengatakan bahwa warga Finlandia tidak pernah memamerkan kekayaannya kepada orang lain dan berusaha selalu memiliki perilaku sederhana. Karena mereka sangat memegang teguh peptaha lama yang sudah berlaku berabad-abad dari warisan leluhur mereka yaitu jangan membanding-bandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda. Salah satu yang menjadi prinsip kebahagiaan diyakini oleh orang Finlandia adalah fokus terhadap apa yang membuat diri bahagia dan jangan sekalipun memamerkan kesuksesan. Mereka beranggapan langkah pertama untuk bisa menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standar sendiri dengan tidak membandingkan diri dengan orang lain.

2. Tidak mengabaikan kebeeeradaan alam

Didasarkan atas hasil survey Sitra tahun 2021, sekitar 87% masyarakat Finlandia beranggapan bahwa alam mempunyai peran penting terhadap kehidupan manusia karena menyumbang ketenangan pikiran, energi dan relaksasi. Di Finlandia, masing-masing karyawan berhak untuk memperoleh liburan musim panas selama empat minggu atau sebulan. Pada umumnya mereka akan memanfaatkan libura ini untuk melakukan perjalanan liburan ke daerah pedeesaan dan akan menyatu dengan alam. Semakin sedikit peralatan modern bahkan hingga tidak ada listrik dan air mengalir di rumah menjadi semakin baik. Bagi warga Finlandia, menghabiskan waktu di alam terbuka dapat meningkatkan kemampuan untuk bertahan hidup, mencapai kesejahteraan dan inilah yang menjadi titik proses meningkatkan pengembangan diri.

3. Tidak mengambil hak orang lain

Didasarkan atas hasil penelitian National Bureau Of Economis Research, skala kebahagiaan suatu negara di dunia adalah untuk menguji kejujuran masyarakat. Dalam eksperimen tersebut, peneliti menjatuhkan 192 dompet di 16 kota seluruh dunia. Hasilnya adalah 11 dari 12 dompet yang dijatuhkan di Helsinki, Finlandia dikembalikan ke masing-masing pemiliknya. Menurut Martela, orang-orang Finlandia cenderung saling percaya dan menghargai kejujuran. Martela menjamin orang-orang Finlandia pastilah akan mengembalikan barang berharga yang tertinggal di tempat umum atau tidak akan mengambil barang-barang yang sengaja ditinggalkan sementara oleh pemiliknya. Bahkan anak-anak di Finlandia sering pulang sekolah menggunakan bus umum dan bermain di luar tanpa pengawasan orang dewasa. Hal ini membuktikan bahwa Finlandia adalah negara yang aman.

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel