Memiliki Fungsi Sama dengan Fasilitas TikTok Shop YouTube Perkuat Fitur Baru Layanan Belanja

20 Jun 2024 17:55 173 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Memiliki Fungsi Sama Dengan Fasilitas TikTok Shop YouTube Perkuat Fitur Baru Layanan Belanja

YouTube saat ini mulai melebarkan sayapnya dengan mengembangkan beberapa fitur belanja terbaru yang up to date untuk memenuhi fungsi yaitu sebagai media membantu menyusun koleksi dagangan para kreator video. Fitur terbaru ini disisipkan dalam YouTube Shopping yang juga menyokong adanya perencanaan video promosi yang sifatnya menjadi lebih maju dan mendukung kondisi monetisasi video lama.

Sebagai informasi, YouTube Shopping mengizinkan para creator video yang memenuhi syarat untuk mulai melakukan sivitas yaitu menghubungkan toko-toko daring mereka ke platform YouTube dimana diharapkan para kreator bisa menjual produk-produk secara langsung melalui konten video. Selanjutnya YouTube menggeber fitur belanjanya supaya tidak disaingi oleh TikTok Shop dan layanan lainnya yang sejenis. TikTok belakangan memiliki rencana melebarkan skala bisnis TikTok Shop di Amerika Serikat hingga sepuluh kali lipat sehingga valuasinya bisa menembus US$17,5 miliar pada tahun ini.

Pada saat memberikan pengumuman tentang adanya pembaharuan fitur dalam YouTube Shopping terbaru up date tanggal 9 April 2024, YouTube menyatakan memiliki total durasi pengguna untuk dapat menonton video berhubungan dengan sivitas belanja sepanjang tahun 2023 lalu telah tembus angka 30 miliar jam. Ini adalah durasi kunjungan atau views YouTube yang mengalami peningkatan sekitar 25 persen untuk segmen video panduan belanja. Salah satu fitur yang menjadi target untuk dikembangkan oleh YouTube adalah shopping collection alias koleksi belanja yang membantu para creator konten untuk dapat menyusun produk-produk sesuai merek terfavorit mereka, sehingga bisa digunakan untuk menjelajahi para calon pembeli. Para kreator bisa mulai mengatur susunan produk didasarkan atas tema misalnya tema riasan keseharian atau barang-barang dalam lemari pakaian. Selanjutnya koleksinya akan bermunculan di daftar produk pembuat konten, menuju ke bagian daftar toko, lalu ada deskripsi video. Pada saat video-video promosi akan diunggah, creator bisa membuat dan menyusun koleksi melalui aplikasi studio di ponsel mereka masing-masing dimana fitur terbaru ini akan diluncurkan oleh YouTube di desktop dalam waktu dekat.

Ada juga fitur affiliate hub yang memiliki fungsi untuk memudahkan kreator video untuk menggali informasi ihwal daftar mitra belanja yang terbaru. Layanan baru ini memb erikan informasi-informasi mengenai tariff komisi yang sifatnya kompetitif dan disertakan kode promo. Hub tersedia juga bisa digunakan untuk meminta sampel dari merek barang-barang ternama. Ide di balik munculnya hub-hub baru adalah untuk tujuan memudahkan para pembuat konten dalam merencanakan video belanja berikutnya. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur fourthwall, adalah pembuat situs web yang memiliki fungsi untuk membantu integrasi kepada toko-toko kreator dengan platform afiliasi YouTube. Dengan adanya tambahan fitur ini maka para pengguna bisa membuat dan mengelola konten secara langsung di YouTube Studio. Dalam hal ini YouTube akan menawarkan integrasi dengan Spring, Spreadshop dan Shopify.

Sepanjang tahun 2023 lalu, YouTube sukses meluncurkan fitur khusus bagi kreator untuk memberi tanda kepada produk-produk khusus di seluruh perpustakaan video mereka yang dilakukan dengan sistem massal. Penanda ini adalah untuk yang ditambahkan ke dalam deskripsi video. Kini fitur penanda ini diperluas ke YouTube Shopping, dimana fitur ini diklaim dapat membantu melakukan monetisasi video lama yang dibuat oleh para kreator, terutama jika video masih bisa mengumpulkan views dalam jumlah tinggi.

 

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel