Rekomendasi 2 Cara Ampuh untuk Mengatasi Komedo Parah dan Membandel di Area Wajah

8 Jul 2024 12:02 71 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Rekomendasi 2 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Komedo Parah Dan Membandel Di Area Wajah

Ada hal-hal penting yang wajib kamu lakukan dalam mengatasi komedo yaitu menahan diri untuk tidak memencet dan mengeluarkan dengan paksa batu komedo karena hal ini justru bisa menyebabkan isi komedo menjadi semakin terdorong ke dalam yang menyebabkan bakteri penyebab infeksi mudah masuk ke dalam pori-pori kulit kamu. Juga memencet komedo meninggalkan bekas luka yang kurang enak dilihat.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk tujuan mengatasi komedo parah mulai dari cara yang sederhana bisa dilakukan di rumah sampai dengan perawatan medis.

1. Melakukan perawatan di rumah. Yang perlu kamu lakukan adalah cuci muka secara rutin dengan teratur ketika bangun tidur di waktu pagi hari dan sebelum tidur pada waktu malam hari untuk melenyapkan penumpukan minyak, cuci muka jangan berlebihan cukup 2 kali dalam sehari karena jika dilakukan tanpa aturan akan mengiritasi kulit yang membuat jerawat metradang. Gunakan produk pembersih yang lembut dan tidak menyebabkan kulit kamu teriritasi.

Selanjutnya adalah yang rajin cuci rambut setiap hari memberikan pengaruh terhadap pori-pori kulit wajah yang tersumbat. Bisa mencuci rambut setiap hari untuk membantu mengatasi komedo terutama apabila tipe rambut kamu berminyak. Disarankan untuk memakai produk bebas minyak, masing-masing produk yang mengandung minyak bisa menimbulkan komedo baru jadi pilihlah make-up, lotion dan tabir surya bebas minyak atau pilih produk-produk dengan label noncomedogenic guna menghindari komedo semakin parah. Bisa juga memakai produk pengelupasan komedo semacam exfoliating scrub dan masker bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah dimana ini membantu kamu dalam mengurangi dan mencegah komedo tumbuh banyak. Gunakan produk yang tidak bersifat mengiritasi kulit.

2. Melakukan perawatan medis melalui pemakaian produk-produk dijual bebas yang berfungsi menangani masalah komedo parah, kemungkinan dibutuhkan obat dan perawatan dari dokter untuk menangani selanjutnya. Untuk jenis obat-obatan pada umumnya dokter akan meresepkan obat yang mengandung vitamin A/retinoid contohnya tretinoin, isotretinoin dan adapalene yang bekerja melalui pencegahan terbentuknya proses penyumbatan pada pori-pori dan mempercepat proses pergantian sel-sel kulit. Untuk kasus komedo dengan jerawat yang parah, dokter pada umumnya akan meresepkan obat yang di dalamnya mengandung antibiotik dan benzoyl peroxide khusus untuk jerawat.

Bisa juga melakukan perawatan mikrodermabrasi merupakan salah satu metode untuk tujuan mengangkat lapisan kulit teratas memakai alat-alat khusus contohnya adalah tabung yang memiliki permukaan kasar. Metode ini bisa menghilangkan sumbatan pori-pori secara langsung sebagai penyebab komedo. Juga ampuh untuk memperbaiki penampilan kulit menyebabkan kulit tampak terlihat awet muda dan mengurangi bintik-bintik hitam sebagai bekas jerawat membandel. Perawatan selanjutnya adalah chemical peels, ini adalah perawatan kecantikan non bedah yang populer membantu untuk memperbaiki penampilan kulit dengan cara mengatasi komedo dengan secara langsung menghilangkan sel-sel kulit mati disertai dengan sumbatan. Metode chemical peels sama dengan mikrodermabrasi tetapi memakai bahan-bahan kimia untuk melakukan pengupasan sel-sel kulit yang sudah mati. Selanjutnya kulit akan terlihat lebih halus sekaligus untuk mengatasi bekas jerawat, bintik-bintik hitam, keriput hingga kulit rusak sebagai akibat matahari di waktu siang hari.

Terakhir adalah menggunakan terapi laser dan terapi cahaya. Ini adalah sejenis terapi yang berfungsi untuk mengobati komedo parah disertai dengan jerawat namun tidak merusak permukaan kulit terluar. Terapi ini memakai energi sinar yang bisa menurunkan produksi minyak berlebihan pada kulit dan pada akhirnya membunug bakteri penyebab komedo. Pada sebagian orang kondisi ini sangat mengganggu penampilan sehingga bisa mengurangi rasa percaya diri. Komedo bisa berkembang menjadi jerawat yang sangat parah dan ini bisa merusak kulit bila tidak diatasi dengan cara yang benar.

Maka dari itu lakukanlah perawatan komedo yang sifatnya aman dan cocok untuk kamu dan rutin lakukan penuh disiplin. Bila dibutuhkan, tanyakan ke dokter kulit mengenai perawatan kulit apa yang bisa kamu pilih dan konsultasikan jika komedo mulai tampak membengkak, terasa sakit dan meradang.

Semoga bermanfaat.

Tags Android

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel