Di Era Serba Digital, Ilmu Parenting pun Harus Mengikuti Zaman

4 Jul 2024 09:04 95 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

5 Sarana Dan Prasarana Yang Dibutuhkan Sebagai Alternatif Parenting Memasuki Era Serba Digital

Pada dasarnya para orangtua memiliki peranan yang besar dalam hubungannya dengan membentuk sikap dan karakter anak-anak tak dapat diragukan lagi terutama memasuki era serba digital seperti saat ini, parenting bergeser fungsi dari menerapkan tata cara yang sifatnya tradisional menuju kea rah yang bersifat modern dengan kecendrungan pemakaian teknologi yang tinggi. Teknologi hadir sebagai salah satu sarana untuk akses alternatif dengan tujuan untuk membantu para orangtua melakukan fungsinya mengawasi anak-anak serta memberikan pola asuh yang tepat. Dalam hubungannya dengan penggunaan teknologi yang serba canggih, para orangtua perlu memberikan perhatian mengenai beberapa hal termasuk tidak kuatir berlebihan jika harus melakukan adaptasi dengan teknologi.

Yang dibutuhkan untuk melakukan parenting optimal di era digital ini sebenarnya erat kaitannya dengan sarana dan prasarana dimana jenisnya sangat beragam seperti pencontohan para orangtua miliki untuk menunjang proses parenting di era digital berjalan dengan standar disertai dengan sikap bijaksana.

1. Gadget dan perangkat digital

Yang dimaksudkan dengan gadget dalam hal ini adalah contohnya beragam jenis tablet, laptop atau smartphone sebagai sarana utama dalam menjalankan proses parenting pada era digital ini. Para orangtua bisa memakai gadget tersebut untuk tujuan melakukan aktivitas parenting contohnya adalah mengawasi sivitas anak-anak di internet, memberikan edukasi mengenai pemakaian teknologi secara bijaksana atau memberikan fasilitasi anak-anak untuk bisa belajar secara online.

2. Jaringan internet yang stabi

Dalam hal ini jaringan internet yang stabil menjadi pemegang peranan yang sangat penting dalam melakukan proses parenting di era digital. Dengan memakai jaringan internet yang stabil dan cepat maka diharapkan para orangtua dapat menjalankan pengawasan secara real time terhadap sivitas anak-anak di internet atau sekaligus memberikan fasilitasi kepada anak-anak untuk bisa belajar secara online dengan lancar.

3. Aplikasi parenting

Aplikasi parenting saat ini sudah banyak tersedia yang memiliki fungsi untuk membantu para orangtua dalam melakukan pengawasan terhadap aktivitas anak-anak di internet. Beragam jenis aplikasi ini pada umumnya dilengkapi dengan semacam fitur seperti pengaturan waktu layar, filter konten-konten berbahaya atau monitoring terhadap sivitas anak-anak secara real time.

4. Beri dukungan dari lingkungan

Dalam upaya pengembangan parenting di era digital ini, memberikan dukungan kepada anak-anak melalui lingkungannya perlu untuk diperhatikan, dalam hal ini bukan hanya anak-anak saja yang perlu melakukan adaptasi dengan lingkungan serba digital tetapi para orangtua perlu juga menciptakan lingkungan yang mendukung dalam melakukan parenting di era digital ini. Jika lingkungan sudah mendukung maka nantinya akan melebar mencakup dukungan terhadap keluarga terutama orangtua dan teman-teman yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang sama mengenai parenting di era digital.

5. Pelatihan dan edukasi

Jika bunda merasa kesulitan untuk memberikan arahan kepada anak-anak mengenai berbagai tools digital, sebenarnya para orangtua masih memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk belajar mulai dari awal. Bunda perlu mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang cukup memadai guna melakukan parenting di era digital ini. Dukunglah pengetahuan bunda melalui keikutsertaan pelatihan atau mengikuti seminar atau seminar-seminar online mengenai parenting di era digital supaya dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel