Rekomendasi Usaha Istri yang Menjabat Sebagai Ibu Rumah Tangga

23 Feb 2024 13:44 350 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Beberapa Jenis Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga Cocok Untuk Isi Waktu Luang Sambil Membantu Ekonomi Rumah Tangga

 

Menjadi ibu rumah tangga adalah salah satu profesi yang tak kalah mulia jika dibandingkan dengan profesi lainnya yang mendapatkan gaji besar. Karena peran ibu di rumah inilah yang membuat pencari nafkah dalam rumah tangga bisa menjadi lebih tenang saat bekerja dan bisa pulang ke rumah untuk istirahat dengan nyaman.

Meskipun begitu, kadang-kadang ibu rumah tangga juga membutuhkan kegiatan sampingan yang bisa dilakukan di rumah tetapi bisa menghasilkan uang. Maka dari itu zaman sekarang ini tidak ada salahnya bagi para ibu untuk mencoba ide bisnis yang berfungsi untuk mengisi waktu luang sekaligus menambah uang jajan keluarga.

Ada beberapa jenis usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan sambil tetap pada jalur utama yaitu menjaga rumah. Para ibu ini bisa melakukan dwi fungsi secara sekaligus yaitu menjalani peran sebagai ibu rumah tangga dan sebagai ibu karir meskipun pekerjaan yang dilakoni dikerjakan dari rumah. Apa saja jenis usaha sampingan yang dimaksudkan? Simak ulasan singkat dari kami di bawah ini.

1. Entri Data Daring

Usaha sampingan yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu ide bisnis yang bisa ditekuni oleh seorang ibu rumah tangga. Ini adalah salah satu jenis pekerjaan yang paling mudah bisa dicoba. Yang Anda butuhkan adalah sebuah komputer dengan spesifikasi memadai dan adanya koneksi internet yang bisa diandalkan.

Anda juga tidak membutuhkan kemampuan yang terlalu rumit untuk melakukan pekerjaan ini karena yang dibutuhkan hanyalah operasi komputer dasar. Anda dalam hal ini tidak membutuhkan investasi modal yang besar guna memulai usaha sampingan yang satu ini.

2. Bergabung menjadi seorang Dropshipper

Ide usaha sampingan kedua untuk dilakoni oleh ibu rumah tangga ini adalah dengan cara bergabung menjadi seorang Dropshipper. Yang dimaksud dengan Dropshipper merupakan salah satu jenis usaha yang dilakukan dengan cara menyalurkan barang-barang melalui distributor kepada para konsumen yang Anda kumpulkan. Ini adalah salah satu bisnis yang rata-rata bisa dilakukan secara online yang sedang marak dilakukan oleh berbagai jenis kalangan karena relatif mudah dan bisa dikerjakan dari manapun.

Tak hanya itu, menjadi seorang Dropshipper juga dapat menjadi peluang usaha sampingan para ibu rumah tangga yang memiliki kesempatan tinggi untuk meraup keuntungan karena pembelian barang dilakukan secara online semakin banyak digemari. Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya perlu mencari dan mengumpulkan trend barang yang banyak diminati saat ini, kemudian tak usah kuatir untuk mempersiapkan stock atau pengiriman barang karena akan secara langsung dilakukan oleh supplier.

3. Anda bisa membuka usaha catering

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan sering kali banyak yang suka makan masakan Anda dan secara langsung memberikan pujian, maka ini bisa menjadi sebuah ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang cocok untuk dilakukan dari rumah.

Dimana diketahui bahwa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini sebenarnya tidak membutuhkan modal tinggi tetapi mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Pada umumnya membuka jasa catering rumahan hanya mengeluarkan modal untuk mempersiapkan bahan-bahan makanan dengan menggunakan dapur pribadi tanpa perlu menyewa tempat seperti restoran. Kemudian untuk memasarkannya Anda bisa menawarkan menu andalan melalui orang-orang terdekat atau ke media sosial. Di samping itu Anda juga bisa menunjukkan bakat memasak Anda dalam acara-acara pernikahan atau perayaan di sekitar rumah sebagai salah sat ajang promosi di awal membuka ide.

4. Menjadi seorang freelancer di rumah

Jika Anda kurang mampu memasak namun tetap ingin mencari usaha sampingan sebagai ubu rumah tangga maka Anda tidak perlu merasa kuatir. Sekarang ada berbagai sumber cuan yang dapat diperoleh hanya bermodal internet yaitu salah satunya adalah menjadi freelancer di rumah.

Anda bisa menjadi freelancer untuk menulis, design, ataupun sebagai editor naskah sesuai dengan skill yang dimiliki. Dengan seiring berkemabngnya teknologi ke masa depan, saat ini tenaga penulis, design flyer atau banner serta editor akan semakin dibutuhkan dan tidak mudah hilang dari pergantian zaman. Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga sebagai freelancer ini cukup tinggi karena seluruh informasinya dapat dicari melalui internet.

5. Membuka kursus menjahit

Di samping memasak, apabila Anda mempunyai kemampuan menjahit, maka cobalah untuk memanfaatkannya sebagai salah satu usaha sampingan sebagai ibu rumah tangga dengan membuka kursus. Saat ini banyak orang yang ingin mencari kegiatan lain untuk mengisi waktu luang salah satunya adalah dengan mengikuti kursus. Untuk bisa memulainya maka Anda tak harus membuka kursus secara langsung dengan menyewa tempat mengajar karena sekarang ini semuanya bisa dilakukan secara virtual. 

6. Membuat produk-produk Hampers

Yang keenam sebagai ide usaha sampingan ibu rumah tangga adalah dengan membuat produk hampers. Ini bisa menjadi salah satu ide bisnis yang merupakan peluang usaha sampingan ibu rumah tangga cukup tinggi dilakoni terutama pada momen perayaan seperti pernikahan, lamarn atau keagamaan.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel