Kebiasaan Sederhana Yang Dilakukan dengan Kesenangan Hati ini Ternyata Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak! Lakukan Secara Rutin Setiap Hari

23 Feb 2024 15:45 730 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kebiasaan Sederhana Yang Dilakukan Dengan Kesenangan Hati ini Ternyata Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak! Lakukan Secara Rutin Setiap Hari

 

Kecerdasan otak bukan hanya tentang kecerdasan intelektual saja melainkan juga melibatkan kecerdasan emosional, sosial dan kreatif. Untuk dapat meningkatkan kecerdasan secara menyeluruh, penting untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang memberikan kegembiraan sekaligus bermakna.

Kebahagiaan atau kegembiraan yang bisa dilakukan setiap hari akan memberi makna dan mendorong adanya motivasi yang kuat untuk belajar dan berkembang. Saat seseorang merasakan kebahagiaan maka dia merasa bermakna dalam aktivitas keseharian yang dilakukan. Ini bagus pengaruhnya untuk kecerdasan otak.

Ia akan cenderung lebih termotivasi untuk terus melibatkan diri dan meningkatkan kemampuannya terutama hal-hal yang berhubungan dengan mengasah kecerdasan otak. Maka dari itu perlu melakukan hal-hal yang memicu munculnya kegembiraan di dalam hati.

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang beberapa kebiasaan yang dilakukan tidak hanya menyenangkan melainkan dapat meningkatkan kecerdasan dalam beberapa aspek kehidupan yang bisa Anda coba. Selengkapnya langsung saja Anda menyimak uraian singkat di bawah ini agar memiliki tujuan untuk diri sendiri.

1. Asahlah keterampilan kreatif Anda

Dengan cara mengasah keterampilan kreatif adalah menjadi salah satu cara efektif guna meningkatkan kecerdasan otak secara menyenangkan. Lakukan kegiatan-kegiatan kreatif seperti menulis, melukis atau bermain musik, ini akan membantu merangsang kreatifitas otak dan membantu Anda untuk berpikir secara fleksibel. Kreativitas memicu produksi neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati dan bisa mengurangi stres.

Untuk memulai maka alokasikan waktu dalam setiap hari guna melakukan aktivitas kreatif yang bisa Anda nikmati. Contohnya adalah menulis jurnal, membuat seni digital, atau mencoba instrumen musik. Asahlah ketrampilan kreatif Anda disertai dengan meningkatkan kemampuan artistik tetapi yang bisa merangsang otak untuk mau berpikir di luar batas-batas konvensional.

2. Lakukan olahraga secara teratur

Dengan berolahraga tidak hanya memberikan keuntungan secara fisik saja melainkan juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan otak dan kecerdasannya. Aktivitas fisik secara teratur membantu meningkatkan aliran darah ke area otak, kemudian merangsang produksi neurotransmitter misalnya serotonin, sekaligus meningkatkan kemampuan secara kognitif. Olahraga membantu mengurangi stres serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Pilihlah olahraga atau kegiatan fisik yang bisa Anda nikmati, apakah itu berlari pagi, naik sepeda, yoga atau olahraga tim. Dengan cara melibatkan diri dalam aktivitas fisik tidak hanya menyenangkan dilakukan tetapi juga merupakan investasi dalam kesehatan otak. Maka dari itu mulailah jadwalkan waktu untuk olahraga secara teratur dan rutin dalam keseharian Anda untuk mendukung kesehatan tubuh dan pikiran.

3. Berani mencoba pengalaman dan hal-hal baru

Keberanian untuk mau mencoba pengalaman dan hal-hal baru adalah kata kunci untuk dapat memperluas wawasan serta meningkatkan kecerdasan. Zona nyaman Anda akan mendorong untuk membuka pintu guna melakukan pembelajaran dan adanya pertumbuhan secara pribadi melalui mencoba aktivitas atau pengalaman baru bisa merangsang otak dan membantu Anda mengatasi ketakutan atau rasa kurang nyaman.

Misalnya jika Anda belum pernah mencoba memasak masakan dari mancanegara. Maka mulai saat ini cobalah untuk memasak salah satu resep terbaru lakukan setiap Minggu. Ini akan memperkenalkan kepada Anda terhadap berbagai budaya kuliner tetapi juga memungkinkan Anda mengasah keterampilan memasak dan kreativitas dalam menciptakan hidangan baru.

4. Menjaga beberapa hubungan sosial dengan baik

Interaksi sosial yang positif mempunyai dampak positif terhadap kecerdasan emosional dan sosial. Dengan memelihara hubungan baik dengan anggota keluarga, teman, dan rekan kerja tidak hanya memberikan dukungan emosional tetapi juga menciptakan peluang untuk belajar dari pengalaman-pengalaman yang pernah dialami oleh orang lain.

Jadwalkan waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang Anda pedulikan secara fisik atau virtual. Diskusikan ide, berbagai pengalaman, sambil mendengarkan cerita orang lain dapat memberikan perspektif baru untuk dapat memperkuat konektivitas sosial Anda.

5. Mengikuti adanya perkembangan info dan berita-berita terbaru

Dengan menjaga diri Anda tetap terhubung dengan perkembangan info dan berita-berita terbaru adalah menjadi salah satu kebiasaan penting guna meningkatkan kecerdasan otak. Berlangganan berita atau membaca sumber berita yang bisa dipercaya membantu Anda memahami peristiwa terkini, tren, dan isu-isu global. Perbarui pengetahuan Anda tentang dunia dapat meningkatkan pemahaman Anda tentang berbagai topik.

Pertimbangkan juga untuk mengikuti konferensi, webinar atau seminar yang sifatnya relevan dengan minat atau pekerjaan Anda. Dengarkan pemikiran dari ahli di bidang tertentu bisa membantu memberikan wawasan yang berharga dan dapat memperluas pemahaman Anda.

Nah dengan melalui beberapa kegiatan yang berfungsi memberikan kegembiraan, maka Anda tidak hanya meningkatkan kecerdasan tetapi juga menciptakan fondasi guna pertumbuhan pribadi yang berkelanjutan. Semoga informasi ini berguna.

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel