Bagaimana Menjalani Liburan Smart, Asik Tetapi Tetap Hemat! Yuk Ikuti Tips Ini

12 Feb 2024 13:35 96 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Menjalani Liburan Smart, Asik Tetapi Tetap Hemat! Yuk Ikuti Tips Ini

Musim liburan adalah hari-hari yang selalu dinantikan kehadirannya terutama bagi Anda yang bekerja di kantor. Usai kerja dan mengalami capek selama beberapa bulan, selalu berhadapan dengan polusi dan kemacetan kota, maka taka da salahnya Anda sisihkan beberapa waktu untuk melakukan liburan. Maka hidup menjadi balance. Karena fakta menunjukkan bahwa liburan bisa membantu Anda melepaskan rasa penat sekaligus membangkitkan semangat baru untuk kembali bekerja. Jangan pernah untuk ragu dengan menahan diri untuk melakukan perjalanan liburan, dimana Anda bisa melakukan tindakan cerdas dengan mengadakan liburan menyenangkan diakhiri dengan kenangan manis sekaligus bisa melakukan penghematan uang. Berikut tips yang kami sarankan, baca hingga selesai artikel ini.

2. Siapkan dana travelling sejak awal

Supaya kondisi cash flow Anda aman-aman saja, sebaiknya persiapkan dana untuk melakukan travelling jauh-jauh hari sebelum waktu rencana keberangkatan Anda. Ini kami sarankan bagi Anda yang mempunyai hobi travelling. Jaga keinginan semacam hasrat untuk tidak menghabiskan yang melebihi dari anggaran yang telah Anda persiapkan sejak awal sehingga tidak mengganggu anggaran lainnya. Mulailah untuk menabung sejak 3 bulan, 6 bulan sebelumnya atau lebih. Karena jika berangkat liburan secara mendadak dengan cara memakai pendapatan Anda sebulan untuk keperluan lain hanya akan membuat Anda mudah tekor di akhir bulan keuangan keluarga menjadi menipis. Jangan sampai Anda liburan dengan biaya berasal dari cicilan kartu kredit.

2. Mulailah untuk memesan tiket transportasi dan penginapan lebih awal

Lakukan sejak awal untuk memesan tiket transportasi dan penginapan untuk liburan nanti. Jangan memesan untuk waktu dekat terutama ketika Anda hendak membeli tiket di tempat atau go-show karena tiket yang dijual akan menjadi lebih mahal. Memesan lebih awal bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan harga tiket lebih murah sekaligua Anda bisa mengunjungi pameran liburan (travel fair) guna memperoleh penawaran harga yang lebih miring dan promo potongan harga yang menarik. Ini merupakan tindakan hemat yang praktis dimana Anda juga bisa memilih paket-paket liburan menarik yang ditawarkan leh beberapa travel agent yaitu umumnya sudah termasuk tiket pesawat, konsumsi dan penginapan.

3. Bisa memanfaatkan free wi-fi

Adanya jaringan wi-fi yang kondisinya gratis akan memberikan bantuan kepada Anda untuk menghemat biaya pengeluaran. Terutama untuk Anda yang berencana untuk liburan keluar negeri, sebelumnya cari tahu tentang informasi mengenai keberadaan provider atau sewa portable wi-fi yang berkualitas tetapi harganya tetap terjangkau oleh dompet Anda.

4. Pilihlah destinasi wisata mana yang akan dikunjungi sebelum berangkat

Pilihlah lalu tulis beberapa tempat seperti daftar yang ingin Anda rencanakan untuk dikunjungi nanti selama liburan. Bisa juga sekalian melakukan survey tempat-tempat menarik dengan menggunakan beberapa review yang ada di beberapa situs internet atau mobile apps. Yang tersedia. Disarankan untuk jangan memilih tujuan secara mendadak saat hri H karena hal ini akan membuang waktu liburan Anda dengan sia-sia. Hindari juga memilih terlalu banyak tujuan karena selain akan menghabiskan banyak energi, mengunjungi beberapa tempat secara sekaligus akan membutuhkan lebih banyak biaya. Anda bisa terlalu lelah dan rentan jatuh sakit selama liburan.

5. Buat asuransi perjalanan

Banyak para traveller Indonesia masih saja mengabaikan betapa pentingnya memiliki asuransi perjalanan wisata. Meskipun jika Anda melakukan ini harus membayar uang ekstra, asuransi perjalanan wisata sangat penting dimiliki guna memberikan Anda perlindungan selama melakukan perjalanan wisata. Manfaat yang akan diperoleh banyak sekali, dimana ketika Anda mempunyai asuransi perjalanan, asuransi jenis ini tidak hanya akan menanggung kecelakaan saja atau dalam kondisi meninggal saja namun delay pesawat pun bisa ditanggung. Jika Anda mendapat musibah seperti barang-barang atau bagasi Anda hilang atau rusak, kondisi ini bisa dilaporkan ke asuransi dan akan diganti jika dirasa perlu. Bahkan ada asuransi perjalanan yang menanggung segala aktivitas penuh tantangan seperti naik gunung, rafting, snorkeling hingg sky-diving.

Nah setelah Anda membaca tips tersebut di atas, apa yang Anda pikirkan? Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika melakukan liburan asik tetapi tetap bisa menghemat uang. Maka dari itu yuk lebih bijak di dalam menyiapkan uang untuk rencana liburan nanti sehingga liburan yang Anda lakukan bisa berjalan dengan indah dan tidak menjebol kondisi keuangan Anda di dompet.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel