Di Amerika Kopi Lebih Populer Disukai Warga Dibandingkan Minum Air Mineral

20 Feb 2024 13:35 167 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di Amerika Kopi Lebih Populer Disukai Warga Dibandingkan Minum Air Mineral

Di Amerika Serikat bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa warga di sini memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi/minum kopi dalam jumlah yang besar setiap hari. Meskipun demikian, apakah benar minuman kopi di sini mampu mengalahkan popularitas warga minum air mineral?

Seperti fakta mengungkap bahwa di Amerika Serikat terkenal di mancanegara sebagai salah satu pangsa kopi yang sangat besar. Sehingga tak mengherankan apabila selanjutnya brand kopi semakin merajai negeri ini dan berhasil berjaya pada posisinya mengalahkan beragam jenis minuman lainnya termasuk air mineral. Contohnya adalah Dunkin Donuts, Starbucks dan brand populer yang lainnya. Dapat dipastikan bahwa hampir setaip orang dewasa di sini gemar meminum kopi paling tidak dalam sehari menghabiskan 2 cangkir besar kopi. Kian hari jumlah peminum kopi semakin bertambah di negeri ini terutama sudah mempengaruhi kelompok remaja gaul yang mulai minum kopi dalam beragam variasi seperti dicampur dengan krim atau susu.

Seperti yang dikabarkan dari salah satu situs kopi “Perfect Daily Grind” pada tanggal 19 September 2023 lalu, adalah National Coffee Association menerbitkan sebuah laporan mengenai data-data terbaru dari National Coffee Data Trend 2023. Dalam data ini diungkapkan bahwa selama tujuh dekade terakhir ini kopi masih mampu bertahan sebagai salah satu minuman paling banyak diminati oleh warga di Amerika Serikat. Selanjutnya menurut beberapa survei yang dilakukan oleh para pengusaha kopi sedunia menjelaskan bahwa warga di Amerika Serikat nyaris setiap hari melalui kehidupan mereka dengan santai meminum minimal dua cangkir besar kopi. Berdasarkan studi yang dilakukan ini sekaligus mengungkap bahwa minuman kopi adalah salah satu jenis minuman terpopuler dari minuman kemasan lainnya misalnya air keran, teh dan air mineral kemasan di Amerika Serikat. Ini menguak fakta yang terjadi di Amerika Serikat bahwa banyak peminum kopi di sini memang benar secara rutin mengkonsumsi minuman kopi dalam beragam jenis varian. Meskipun demikian, ini hanyalah bersifat data secara umum saja mengenai kopi yang diminum. Belum jelas diungkapkan jenis kopi apa saja yang mereka pilih untuk dikonsumsi setiap hari. Apakah ada kopi spesialti termasuk di dalamnya?    

Catatan sejarah kopi bukanlah berjalan singkat di Amerika Serikat. Karena ada banyak sekali faktor yang memberikan pengaruh terhadap kebiasaan minum kopi di negara ini. Seperti dengan masuknya brand kopi ternama Starbucks pada gelombang kedua pada tahun 1970 adalah menjadi salah satu penyumbang besar kenapa kopi menjadi minuman favotit di sini.   

Lebih lanjut studi terbaru dari National Coffe Data Trend tahun 2023 menemukan bahwa hampir dua pertiga dari orang-orang Amerika suka minum kopi setiap hari apalagi di hari libur. Data menjelaskan bahwa di wilayah Midwest adalah salah satu daerah yang terbanyak memiliki warga yang gemar minum kopi jika dibandingkan area lainnya di negara ini. Sebanyak 65 persen orang-orang di sini memilih untuk minum kopi setiap hari yang dilakukan oleh kelompok remaja dan orang dewasa dibandingkan minuman lainnya. Penelitian juga menemukan fakta bahwa sebagian besar konsumen di AS (sebanyak 81%) suka minum kopi yang dilakukan pada waktu pagi hari yaitu ketika melakukan sarapan pagi, dan sisanya sekitar 19% adalah orang-orang yang minum kopi pada waktu sore hari ketika melakukan acara ritual “Tea Afternoon”.

Menurut laporan National Coffee Data Trend 2023 menjelaskan bahwa orang-orang Amerika yang rata-rata berusia antara 25 hingga 39 tahun memiliki kecendrungan untuk minum kopi setiap hari di waktu pagi dan sore hari, dimana pilihan mereka adalah minuman kopi jenis Espresso dibandingkan dengan kelompok usia yang sama di lain negara. Beberapa minuman kopi terpopuler karena sering diminum di Amerika Serikat adalah jenis Latte sebanyak 18%, varian kopi jenis Espresso rata-rata 16% (sangat menguntungkan bagi Eropa sebagai pencipta minuman ini sehingga kental mencerminkan budaya orang-orang Eropa), jenis Cappucino sebanyak 15% dan Moka sebanyak 11%.

Data-data dari National Coffee Data Trend 2023 menjelaskan lagi bahwa terjadi pertumbuhan peminum kopi spesialti di Amerika Serikat. Tercatat ada sekitar 53% lebih pertumbuhannya dan ini adalah angka yang menunjukkan jumlah besar. Kemudian Starbucks mendominasi posisi kedua terbesar mengingat brand ini sudah berhasil mempunyai sekitar 16.000 cabang menyebar di seluruh Amerika Serikat. Juga didukung oleh layanan drive thru dari Starbucks merupakan salah satu fasilitas yang sangat diminati di negeri ini.

Amerika Serikat sendiri mempunyai industri kopi spesialti yang saat ini berkembang pesat dan menyebar di beberapa kota metropolitan hingga kota-kota kecil di sini. Kopi spesialti mampu membuktikan memiliki pengaruh perilaku konsumen yang menyukai minum kopi ibarat sebuah tradisi seperti ritual minum teh dalam acara Tea Afternoon di Eropa.

Indikasi ini menjelaskan bahwa para generasi muda di Amerika Serikat turut serta membantu mengubah tren, dimana berdasarkan laporan terbaru dari National Coffee Assosiation mengklaim bahwa sekitar 65% orang Amerika berusia antara 25 hingga 39 tahun meminum kopi spesial dalam seminggu terakhir, dan sebanyak 51% dari orang-orang berusia antara 18 hingga 24 tahun melakukan hal yang sama. Meningkatkan popularitas minuman kopi dingin sejenis es kopi di AS juga sukses menjadi salah satu pintu gerbang untuk lebih banyak memiliki kesempatan minum kopi spesialti di Amerika. 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel