5 Hal yang Membuat Jomblo Bisa Tetap Bahagia

19 Feb 2024 19:30 260 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Meskipun Singel, Kamu Bisa Hidup Bahagia Dengan Menunjukkan 5 Sikap ini Dalam Melakukan Aktivitas Keseharian

Seseorang yang memutuskan untuk menjalani hidup single kerap dianggap akan mengalami periode kehidupan yang sulit, dimana kemungkinan kadang-kadang mereka akan merasakan kesepian karena tanpa memiliki pasangan hidup. Sebenarnya anggapan ini tidaklah sepenuhnya benar karena faktanya banyak orang single mampu menjalani kehidupan mereka dengan rasa bahagia bahkan sebenarnya bisa menjadi kesempatan emas untuk melakukan pengembangan diri yang lebih sempurna dan menuju kepada kepribadian yang lebih dewasa. Untuk mendapatkan fase ini maka seseorang yang memilih menjalani kehidupan single bisa mengadopsi beberapa sikap tertentu sehingga mereka akan merasakan kebahagiaan sejati dan memiliki pribadi yang lebih dewasa tanpa tergantung lagi pada hubungan asmara. Di bawah ini kami berikan lima contoh sikap yang bisa menjadikan kamu semakin dewasa ketika melakukan single life bahkan menjadikan hidupmu lebih bahagia. Yuk simak penjelasan singkat dengan membaca artikel ini sampai selesai.

1. Terimalah diri sendiri secara utuh apa adanya

Ketika kamu sedang menjalani sebuah hubungan asmara, kadang-kadang kamu memiliki kecendrungan untuk menggantungkan kebahagiaan kamu dengan persetujuan dari pasangan karena ini erat kaitannya dengan rasa cinta diantara kamu dan pasanganmu. Namun lain halnya dengan hidup sebagai single akan memberikan banyak kesempatan guna lebih bisa memahami dan menerima diri sendiri seutuhnya. Sikap-sikap ini melibatkan adanya pengakuan bahwa bahagia tidak hanya datang dari luar saja melainkan juga berasal dari dalam diri sendiri. Kamu akan memiliki banyak waktu luang untuk bisa mengenal kekurangan dan kelebihanmu, dengan lapang dada menerima kekurangsempurnaan lalu bisa mencintai diri sendiri adalah sikap-sikap yang bisa memberikan dasar yang kuat untuk membangun emosional yang dewasa.   

2. Bisa mengembangkan sisi kemandirian dalam bidang finansial dan emosional

Sikap-sikap kedewasaan yang sifatnya krusial ketika menjalani single life adalah ada semacam kemampuan untuk bisa mandiri dari sisi finansial dan emosional. Ini cakupannya bisa sangat luas yaitu meliputi kemampuan untuk mengelola keuangan pribadi dengan lebih profesional tanpa lagi bergantung kepada orang lain disertai dengan kemampuan untuk dapat mengatasi tantangan-tantangan emosional dengan tidak tergantung kepada pasangan. Sebagai seseorang yang mandiri secara finansial akan mendorong memberikan rasa tanggung jawab yang kuat terhadap keadaan keuangan pribadi sementara dari sisi kemandirian emosional akan mengajarkan kepada kamu untuk bisa mengatasi masalah tanpa lagi mengandalkan dukungan secara konstan dari pasangan. 

3. Bangunlah jaringan sosial yang kuat  

Sebagai seseorang yang memutuskan untuk menjalani kehidupan single haruslah mempunyai jaringan sosial yang kuat dan luas. Hindari terfokus hanya pada pencarian yang sifatnya romantis melainkan luaskanlah lingkaran pertemanan kamu. Bangunlah sebuah hubungan yang penuh dengan makna kehidupan dengan memiliki banyak teman, menjalin hubungan baik dengan anggota keluarga dan hubungan menyenangkan dengan rekan-rekan kerja dengan tidak hanya menyediakan dukungan sosial saja melainkan juga memberikan bantuan dalam mendorong pertumbuhan pribadi. Lakukan sosialisasi dengan beragam jenis orang dengan membuka pintu hati untuk mampu memahami sudut pandang dunia yang berbeda sehingga membuat kamu tumbuh lebih bijaksana dan semakin dewasa dalam menyikapi hal-hal yang terjadi di sekitar kamu.

4. Lakukanlah eksplorasi diri dan menjalankan hobi dengan suka cita

Ketika kamu tidak lagi terikat dalam hubungan asmara berlandaskan cinta, maka manfaatkanlah waktu yang ada untuk dapat melakukan eksplorasi diri sendiri dan inilah waktu yang tepat untuk mengejar dan melakukan hobi. Kadang-kadang tanpa disadari kamu bisa saja kehilangan diri sendiri dalam sebuah hubungan asmara tetapi hidup sebagai single memberikan kebebasan bagi kamu untuk menemukan passion dan minat yang mungkin terlupakan. Kejarlah hobi tidak hanya akan memberikan kepuasan secara pribadi saja melainkan juga akan menciptakan sebuah kesempatan untuk bisa bertumbuh lalu berkembang secara maksimal secara individu.

5. Tetapkan tujuan-tujuan pribadi secara profesional dan jelas  

Ketika menjadi single, jangan lupa untuk lebih fokus kepada diri sendiri guna menetapkan tujuan-tujuan pribadi secara profesional yang sifatnya jelas. Kejelasan tujuan akan memberikan arah kepada hidup kamu selanjutnya dan ini bisa membantu kamu dalam pencapaian titik sikap yang dewasa. Contohnya adalah termasuk pengembangan keterampilan, pencapaian titik karir yang optimal, atau mencapai target kesehatan jasmani dan rohani. Dengan penetapan secara bijak tujuan-tujuan ini akan membantu kamu memberikan rasa pencapaian sekaligus tujuan hidup yang lebih luas dimana pada gilirannya nanti akan bisa meningkatkan sikap dewasa sehingga kamu menjadi bahagia.

Itulah 5 sikap yang harus kamu perhatikan meskipun sedang menjalani kehidupan single dimana hidup sebagai single sebenarnya bisa menjadi fase yang penuh dengan potensi untuk melalui masa pertumbuhan hingga mencapai titik kebahagiaan pribadi. Adopsi sikap-sikap positif seperti terima diri sendiri seutuhnya, jadilah pribadi yang mandiri, bangun jaringan sosial dengan eksplorasi diri dan hobi dan menetapkan tujuan pribadi yang tegas maka kamu akan bisa mencapai titik kehidupan sebagai orang dewasa dan mampu menikmati kehidupan yang lebih bahagia tanpa harus bergantung kepada kehadiran pasangan.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel