5 Komunikasi Wajib Dilakukan Sepasang Suami Istri dalam Pernikahan Agar Awet

20 Mar 2024 12:50 553 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
5 Komunikasi Wajib Dilakukan Sepasang Suami Istri Dalam Pernikahan Agar Awet

Apakah Anda pernah menonton film berjudul “Marriage Story?” Ini adalah salah satu film yang memperlihatkan bahwa sebuah komunikasi bisa memegang peranan penting dalam menjalin sebuah hubungan pernikahan yang sehat. Karena di dalam pernikahan, komunikasi menjadi salah satu kunci terpenting dan mendasar dimana ada banyak pernikahan yang gagal di tengah jalan karena kurang adanya komunikasi antara pasangan suami istri.

Adalah Michele Weiner Davis sebagai seorang penulis dalam bukunya berjudul The Sex-Starved Marriage menjelaskan bahwa pasangan yang memiliki keterampilan komunikasi yang optimal bersedia belajar dan mengatasi adanya perbedaan-perbedaan diantara mereka dengan lebih baik. Ibaratnya jika Anda ingin merasa lebih intens berhubungan dengan pasangan maka penting bagi Anda untuk mau mempelajari tentang cara-cara yang lebih baik dalam mengkomunikasikan pikiran dan perasaan Anda satu sama lainnya.

Lantas apa sajakah alasan pentingnya komunikasi suami istri? Mengapa melakukan komunikasi yang optimal dengan pasangan bisa membantu sebuah pernikahan menjadi langgeng? Simak Ulasan kami terkait dengan hal ini melalui artikel ini. Baca hingga selesai.

1. Bisa saling menghemat waktu

Mungkin ketika Anda sedang berdebat dengan pasangan akan terasa lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikan masalah dengan hanya menyahut “iya”, “terserah”, atau “tidak tahu” tetapi faktanya sahutan seperti ini tidak akan bisa menyelesaikan masalah di kemudian hari. Disarankan untuk membicarakan masalah yang sedang dihadapi bersama-sama dengan pasangan saat pertama kali masalah tersebut terjadi. Melalui sebuah komunikasi suami istri yang baik, Anda bisa saling belajar sehingga di masa depan tidak terulang lagi kesalahan yang sama. 

2. Bagus untuk menjaga kesehatan

Alasan kedua pentingnya melakukan komunikasi yang maksimal dengan pasangan dalam sebuah pernikahan adalah untuk mengurangi stress. Karena Anda bisa menjadi tegang dengan pasangan jika Anda tidak memberitahukan masalah apa yang sedang ada di kepala Anda dengan pasangan. Contohnya adalah masalah pekerjaan, lingkungan, pertemanan atau persahabatan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mempunyai seseorang yang bisa dipercaya dan dapat menceritakan apa saja tentang kehidupan Anda melalui pernikahan yang saling terbuka.

3. Bisa terfokus/konsentrasi kepada hal-hal lain di sekitar Anda

Apabila Anda mengalami kesulitan atau tidak mau mengutarakan pendapat secara langsung ketika diajak berdiskusi dengan pasangan tentu saja pemikiran yang bersarang di kepala Anda akan terus mengganjal sehingga Anda menjadi kesulitan untuk fokus pada hal-hal lain yang memiliki tingkatan lebih penting. Sepanjang hari Anda akan terus berpikir seharusnya mengatakan ini tadi sehingga perdebatan pun akan berlanjut lagi nantinya.

4. Memiliki banyak kesempatan untuk bisa lebih mengenal diri sendiri

Seperti dilansir dari For Your Marriage, manfaat komunikasi antara suami istri yang intens adalah Anda bisa lebih mengenal diri sendiri. Apakah Anda pernah mencoba menjelaskan tentang pemikiran-pemikiran atau hal-hal berkaitan dengan perasaan kepada seseorang dimana pada akhir percakapan Anda akan merasa sangat lega atau menjadi sangat bebas? Sepertinya melakukan sebuah komunikasi ibarat memaksa Anda untuk mampu mendefinisikan perasaan sedetail mungkin sehingga diharapkan bisa mengutarakan semua isi hati. Hindari hal seperti ini dengan cara berbicara dan mendengarkan orang lain pun bisa ikut menyempurnakan pemikiran Anda.

5. Membangun adanya rasa percaya diri

Alasan terakhir pentingnya melakukan komunikasi suami istri adalah untuk membangun rasa saling mempercayai satu dengan yang lainnya. Menghindari melakukan komunikasi sama sulitnya dengan melakukan komunikasi itu sendiri. Mungkin terpikir bahwa Anda menghindari komunikasi karena merasa senang terhindar dari masalah tetapi ini sifatnya untuk sementara waktu saja. Ini adalah sebuah pemikiran yang salah karena dengan menghindari komunikasi justru malah menyebabkan pasangan menjadi lebih kurang percaya diri dan ujung-ujungnya bisa tidak menghargai Anda. Sediakan waktu luang dengan pasangan guna saling berkomunikasi justru menjadi lebih merasa membangun rasa percaya dan di kemudian hari bisa menjalani pernikahan dengan diberikan banyak kemudahan.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel