Perbedaan Xiaomi Mi 10 Ultra dan Xiaomi Mi 11 Ultra, Dua Ponsel Pintar untuk Aktivitas Rutin Di Kantor

10 Jan 2024 18:35 265 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perbedaan Xiaomi Mi 10 Ultra dan Xiaomi Mi 11 Ultra, Dua Ponsel Pintar untuk Aktivitas Rutin Di Kantor

Ponsel pintar lini feature phone mungkin minim spesifikasi sehingga dicap sudah ketinggalan zaman. Namun siapa sangka belakangan ini Generasi Z alias Gen Z di Amerika Serikat (AS) malah beralih menggunakan feature phone seperti Xiaomi Mi 11 Ultra.

Ponsel pintar ini adalah ponsel dengan sejumlah fungsi dan fitur yang lebih sederhana dibandingkan smartphone. Xiaomi Mi 11 Ultra mampu memberikan jawaban terhadap tuntutan Gen Z Amerika Serikat akan ketersediaan ponsel canggih masa kini.

Meskipun demikian jenis ponsel pintar ini kerap disebut dumb phone lebih canggih dibandingkan ponsel jadul biasa. Perbandingan bisa kamu lihat diantara dua produk ini yaitu Xiaomi Mi 10 Ultra dan Xiaomi Mi 11 Ultra.

Seperti diketahui bahwa Xiaomi sudah lama memproduksi HP seri Mi yang bertaraf flagship. Mereka baru punya smartphone yang statusnya flagship paripurna 2020. Yang dimaksudkan dalam hal ini adalah Xiaomi Mi 10 Ultra.

Status flagship paripurna menandakan bahwa seluruh teknologi terbaik yang ada di dunia HP disematkan buat si ponsel bersangkutan. Xiaomi Mi 10 Ultra dijual eksklusif hanya di pasar Tiongkok. Ada rasa percaya diri perusahaan yang didirikan oleh Le Jun ini akhirnya muncul ketika menghadirkan Xiaomi Mi 11 Ultra secara global. Indonesia pun tak lupt dari pemasaran Xiaomi Mi 11 Ultra.

Keberanian Xiaomi untuk menjual produk Mi 11 Ultra ke dunia internasional tak lepas dari kualitasnya yang jempolan. Xiaomi dalam hal ini sudah melakukan beberapa pembenahan yang membuat Mi 11 Ultra tak sama dengan Mi 10 Ultra.

Nah ketidaksamaan itulah yang akan dibahas melalui artikel kami ini. Perbedaan kedua ponsel ini bukanlah hal sepele. Karena diharapkan kamu menjadi tahu apa saja peningkatan yang diberikan Xiaomi untuk produk terbarunya. Bisa diawali dengan membaca spesifikasi singkat kedua ponsel sebagai berikut.

Spesifikasi Xiaomi Mi 10 Ultra : ponsel ini dilengkapi dengan layar OLED 6.67 inci. Chipset Qualcomm Snapdragon 865, RAM 8GB, 12GB dan 16GB. Memori internal 128GB, 256GB dan 512GB. Kamera 48MP (wide), 48MP (periscope telephoto), 12MP (telephoto), 20MP (ultrawide).

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Ultra : Layar ponsel ini adalah AMOLED 6.81 inci. Chipset dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 888, RAM 12GB, memori internal 256GB, kamera 50MP (wide), 48MP (periscope telephoto), 48MP (ultrawide) dengan baterai dari jenis Li-Po 5000 mAh.

Perbedaan selanjutnya adalah dalam hal desain dan dimensi. Kedua ponsel ini sama-sama menerapkan bahasa desain minimalis. Sepertinya bahasa desain yang seperti itu sudah menjadi pakem buat HP flagship. Namun ada banyak hal yang membuat kamu akan sadar terhadap perbedaan kedua ponsel daro sekilas pandang saja.

Pertama adalah soal modul kamera. Mi 10 Ultra terlihat serba vertikal karena modul kamera dan tulisan identitas brand ditata berdiri. Di dalam modul tersebut tersusun lensa kamera yang urutannya dari atas yakni lensa telephoto periskop, lensa telephoto, lensa utama dan lensa ultrawide.

Berkebalikan dengan Mi 11 Ultra. Memilih gaya horizontal untuk menaruh modul kamera dan identitas brand. Yang unik adalah modul kamera Mi 11 Ultra berbentuk persegi panjang besar, dengan dua bulatan lensa kembar, lensa berbentuk persegi dan layar mini untuk pratinjau swafoto.

Bagian depan masing-masing terdapat kaca proteksi yang melapisi ponsel terlihat berbeda. Mi 10 Ultra mengandalkan gorilla glass 5 sedangkan Mi 11 Ultra sudah pakai gorilla glass victus. Perbedaan material ini ternyata juga terjadi di cover belakang, Mi 10 Ultra masih setia dengan kaca tetapi yang dipakai adalah gorilla glass 6. Lain dengan Mi 11 Ultra sudah menggunakan bahan keramik.

Perbedaan masalah desain merembet ke masalah ukuran. Mi 11 Ultra dirancang Xiaomi lebih panjang, lebih tipis dan lebih ramping dibandingkan dengan Mi 10 Ultra. Dimensinya yakni 164,3x74,6x8,4 mm. Di sisi lain, Mi 10 Ultra mempunyai ukuran 162,4x75,1x9,5 mm lebih ringan daripada Mi 11 Ultra yaitu 221,8 g berbanding 234 g.

Hal terakhir soal desain yang membuat Mi 11 Ultra lebih keren dibandingkan pendahulunya adalah adanya sertifikasi ketahanan debu dan air IP68. Alhasil Mi 11 Ultra aman ketika berenang hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit. Sertifikasi ketahanan debu dan air tak dimiliki Mi 10 Ultra.

Perbedaan juga terselip dalam hal tampilan, chipset, konfigurasi kamera, memori, konektivitas, sensor dan speaker, dan baterai.

Debut Xiaomi dalam memasarkan seri Mi Ultra secara global dilakukan dengan baik. Karena Mi 11 Ultra membawa spesifikasi yang membuatnya benar-benar pantas menyandang status sebagai flagship paripurna.

Beberapa perubahan yang diberikan Xiaomi kepadanya memang tidak selalu lebih unggul ketimbang Mi 10 Ultra. Namun bukan berarti Mi 11 Ultra tidak lebih bagus daripada pendahulunya. Beberapa faktor seperti adanya sertifikasi IP68, resolusi layar 2K, kamera utama 50MP, speaker Harman Kardon, dan baterei 5000 mAh menjadi penegas bahwa Mi 11 Ultra adalah penerus yang menarik.

 

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel