Google Webmaster Tools - Ketika Google Jadi Analis Web

25 Jul 2011 14:47 4697 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Google kian mendekati jejaring sosial. Lihat saja sarana web analisisnya, yakni Google Analytics dan Google Webmaster Tools. Semua fasilitas tersebut kini bisa menyajikan wawasan lebih kepada pemilik website

Google kian mendekati jejaring sosial. Lihat saja sarana web analisisnya, yakni Google Analytics dan Google Webmaster Tools. Kedua layanan milik Google itu kini telah dilengkapi dengan fungsi-fungsi baru yang bisa melacak dampak dari Twitter, Google+, dan jejaring sosial lainnya yang mempengaruhi traffic website Anda.

Google Webmaster Tools misalnya. Tool yang menjadi andalan para webmaster itu kini memiliki "+1 Metrics" section, yakni fungsi yang melaporkan bagaimana peran +1 pada search. Analisa baru akan memperlihatkan dampak +1s (simbol untuk aktifitas memberi komentar atau bisa juga mem-follow komentar orang lain dalam Web) terhadap rasio CTR (click through rate) atau rasio klik per tayang pada website Anda. +Metrics Section juga melacak jumlah +1s pada halaman web, jumlah halaman dengan +1 dan tanpa +1, serta menunjukkan grafik jumlah halaman lengkap dengan CTR-nya.

Google juga telah menambahkan Activity Report (Laporan Kegiatan) dan Audience Report (Laporan Audiens) ke dalam Google Webmaster Tools. Laporan Kegiatan akan menampilkan berapa banyak +1s yang telah Anda terima. Sedang Laporan Audiens menampilkan data geografis dan demografis tentang pengguna yang sudah mendapatkan +1'd (simbol yang didapatkan untuk tiap aktifitas melakukan sharing sesuatu yang didapati dalam web) yang telah didapat website Anda.

Yang paling terasa manfaatnya adalah kehadiran tool Social Plugin Tracking (alat pelacak sosial) baru milik Google Analytic. Alat ini kini bisa membandingkan dampak dari berbagai jenis aktifitas pada jejaring sosial yang ada pada website Anda. Tak hanya +1, tetapi juga aktifitas tweet pada Twitter, Facebook like, Facebook Send, dan aktifitas sosial lainnya.

Ada tiga bentuk laporan dari Plugin Social Tracking, yakni Social Engagement, Social Actions, dan Social Pages. Social Engagement melacak perubahan perilaku (waktu, halaman, bouncing rate, dll). Sosial Action melacak jumlah pengguna yang melakukan aktifitas sosial pada situs Anda, dan Sosial Pages membandingkan halaman-halaman yang menjadi tempat terjadinya aktifitas sosial tersebut. Begitulah, semua fasilitas tersebut kini bisa menyajikan wawasan lebih kepada pemilik website, terutama mengenai peranan aktifitas sosial pada situs Web mereka. Social Tracking ini menjadi sangat penting lantaran aktifitas sosial website berdampak penting pada peningkatan traffic web. Google ingin menggugah para pengelola website agar mau mengadopsi tombol +1 karena sudah terbukti, +1 benar-benar plus.HF

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel