Bagaimana Cara Optimalkan Performa Ponsel Murah

5 Feb 2024 10:35 118 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Optimalkan Performa Ponsel Murah

Smartphone yang berusia tua dan sudah lama dipakai untuk keperluan aktivitas sehari-hari kadang-kadang semakin hari terasa semakin berat dan kurang responsif lagi. Terutama berlaku untuk HP 2 jutaan, performanya bisa menurun seiring berjalannya waktu ke masa depan. Memang HP 2 jutaan memiliki kondisi yang sudah umum diketahui oleh para penggunanya. Performa yang menurun karena kerutinan digunakan setiap hari dari hari ke hari. Namun hal tersebut dapat sangat mudah diperbaiki sehingga kamu tidak perlu kuatir dan merasa cemas jika kebetulan memiliki HP 2 jutaan dalam kondisi sedang down. Berikut kami berikan beberapa cara mudah dan simpel untuk tujuan memaksimalkan performa HP pada umumnya dan HP 2 jutaan khususnya.

1/ Jangan lupa memperbarui perangkat lunak.

Yang perlu diperhatikan adalah langkah pertama lakukan yaitu memperbarui perangkat lunak atau softwarenya. Selanjutnya hindarkan software yang kamu gunakan selama ini sudah tidak up to date lag alias ketinggalan zaman. Maka dari itu dalam setiap pembaruan software yang direkomendasikan oleh developernya biasanya menyangkut beberapa perbaikan yang berfungsi untuk membuat smartphone kamu menjadi kembali lancar.

Contoh perbaikan yang dimaksudkan adalah untuk mengurangi bug, mengatasi lagging dan pengaturan terhadap penyimpanan menjadi lebih akurat disertai penghapusan cache yang kurang berguna secara otomatis oleh fitur di dalamnya.

2/ Jangan lupa untuk menghapus cache dan data-data aplikasi.

Kegiatan menghapus cache dan data-data aplikasi membutuhkan untuk dilakukan secara rutin agar smartphone kamu menjadi lancar kembali beroperasi.

Cache pada umumnya adalah sejenis file sampah yang diciptakan dari sebuah data dimana hal tersebut tidak bisa digunakan karena hanya akan memberati beban dalam ruang penyimpanan saja. Data-data dalam sebuah aplikasi yang sudah tak digunakan juga mendapat perlakuan yang sama.

Namun akan lebih baik lagi jika kamu menghapus data tersebut dalam sebuah aplikasi (jika kamu tidak ingin menghapus aplikasinya secara permanen). Data tersebut dapat berupa informasi seputar login dan file-file yang tersimpan di dalamnya.

3/ Luangkan waktu untuk hapus widget yang tidak dibutuhkan.

Widget adalah ibarat sebuah gimik dari perangkat smartphone kamu. Widget sendiri adalah salah satu jenis layanan pendukung guna mempercantik tampilan smartphone kamu dari segi mata telanjang saja. Namun sebaliknya widget mempunyai peranan besar dalam memperlambat kinerja smartphone kamu. Ini dikarenakan ukuran widget rata-rata cukup besar dengan kinerjanya yang bisa menguras baterai HP.

Nah mulailah berpikir untuk kembali mengingat performa HP kamu yaitu apakah widget lebih penting daripada memperhatikan performa HP yang bisa saja meningkat sehingga kamu bisa memutyskan untuk menghapusnya atau membiarkan menumpuk. Tetapi jangan kuatir karena nantinya widget bisa dipasang kembali di HP setelah kamu menghapusnya terlebih dahulu untuk perbaikan.

4/ Lakukan nonaktifkan notifikasi

Notifikasi memegang peranan penting bagi pengguna smartphone. Tetapi notifikasi dari aplikasi yang jarang dioperasikan atau hampir menjadi tidak aktif karena tak pernah dibuka juga dapat membuat kinerja smartphone kamu menjadi berkurang. Mengapa begitu ? Ini dikarenakan aplikasi yang jarang digunakan atau hampir tak pernah dibuka yang menyebakan kinerja msartphone kamu menjadi menurun. Ini dikarenakan aplikasi yang jarang dipakai sama saja dengan aplikasi yang tak terpakai namun tetap mengelarkan notifikasi. Notifikasi ini biasanya muncul dari sistem aplikasi tersebut dan selalu memberikan up date kepada para pengguna.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel