5 Aplikasi Edit Video dan Audio yang Mudah Digunakan untuk Guru Mengajar

9 Feb 2024 10:18 93 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

5 Aplikasi Edit Video dan Audio Untuk Guru Mengajar

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama setahun di Indonesia telah banyak mengubah praktik pembelajaran. Kini proses belajar tidak lagi di dalam ruang kelas dan secara langsung bertatap muka. Pembelajaran selama pandemi dilangsungkan secara online atau diistilahkan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). PJJ sangat tergantung dengan keberadaan teknologi digital seperti gadget yaitu laptop dan smartphone.   Saat PJJ, para guru dituntut lebih kreatif agar pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif meskipun secara online dengan bantuan laptop dan smartphone. Juga salah satu media pembelajaran yang sering dipakai saat PJJ adalah video.  Menggunakan video sebagai media pembelajaran ternayata memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan terlebih dahulu anda menyediakan perlengkapan gadget berupa smartphone. Diaman pembelajaran berbasis video akan memberikan fasilitas berupa proses informasi yang berlangsung lebih cepat, mempertahankan pengetahuan, dan mengingatnya dengan akurat. Sekitar 90 persen dari informasi yang diterima para pelajar dari dunia luar untuk bertahan dan berkembang adalah dalam bentuk visual. Dimana pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan untuk memproses gambar sebanyak 60.000 kali lebih cepat daripada teks biasa.

Pembelajaran berbasis video sering terbukti lebih efektif daripada pembelajaran di kelas tradisional tempo dulu. Konten-konten video adalah salah satu konten yang cukup banyak digemari anak-anak muda zaman modern ini. Termasuk di dalamnya adalah anak-anak sekolah dan para guru. Karena sangat mudah ditemukan di media-media sosial seperti Instagram dan Facebook, konten video juga sebenarnya sangat mudah dibuat. Ini erat hubungannya dengan aplikasi-aplikasi mudah digunakan oleh guru sehingga sangat membantu para guru dalam membuat konten pembelajaran. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa aplikasi edit video mobile yang sangat mudah digunakan oleh para guru. Simak penjelasan di bawah ini.

1/ Aplikasi FilmoraGo

Aplikasi ini mempunyai fitur yang cukup lengkap. FilmoraGo bisa memotong, menggabungkan, menambahkan musik atau backsound, transisi, ragam efek dan subtitle. Namun sayang kekurangan aplikasi ini tidak memiliki fitur layar.

2/ Power Director

Power Director adalah aplikasi edit video gratis berbasis Android. Memiliki banyak kelebihan dibandingkan aplikasi edit video lainnya. Pertama adalah mengedit video tidak memerlukan waktu yang lama. Anda bisa melakukan editing video dengan mudah dan sangat cepat. Kedua bisa membuat video layaknya sebuah film. Di sini Anda bisa menambahkan suara-suara pada video bahkan memberinya soundtrack layaknya film. Ketiga di sini anda juga bisa memberikan sentuhan efek audio pada video yang anda buat. Bahkan melalui aplikasi ini Anda bisa memberikan sentuhan efek slow motion pada video layaknya saat membuat video memakai GoPRo.

Selain mudah digunakan dan mempunyai banyak kelebihan, aplikasi video editing Power Director bisa mengirimkan hasil editan ke Google Drive dengan cara mudah.

3/ Kinemaster

Kinemarte adalah aplikasi edit video terbanyak digunakan oleh para konten creator. Apalikasi ini bisa diperoleh secara gratis dan mudah didapat karena tersedia dalam platform Android maupun iOS. Banyak sekali kelebihan yang dimiliki aplikasi ini, salah satunya adalah fitur chrome key. Fitur ini bisa membuat video yang Anda edit mempunyai background transparan layaknya sebuah software edit video profesional melalui prangkat PC. Menariknya lagi aplikasi ini selalu mampu melakukan pembaharuan, ini sangat menunjang Anda untuk menghasilkan video yang lebih kreatif lagi.

Aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk pengguna kelas pemula. Namun jangan kuatir karena pemula juga bisa memakai aplikasi ini. Dimana Kinemaster mudah dioperasikan da nada banyak sekali video tutorial menggunakan aplikasi yang mudah dipelajari.

4/ Quick

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba mengedit video, Quick adalah pilihan terbaik. Karena aplikasi ini khusus dirancang bagi kelompok pemula. Biasanya pemula bisa menggunakan aplikasi ini untuk video editing maupun film maker. Fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini sangat lengkap. Dengan memiliki tampilan uyang sangat simple dan user friendly sehingga sangat mudah untuk digunakan. Quick bisa mengatur kecepatan video dengan cara mudah. Bisa membantu Anda membuat video slowmotion maupun time lapse. Tambahkan lagu pada video, ada ratusan lagu musik gratis dalam aplikasi ini.

Selain itu ada sekitar 20 pilihan lebih tema yang lengkap dengan transisi dan grafik yang bisa Anda pakai dengan mudah. Aplikasi ini juga bisa melakukan pemotongan video secara cepat.

5/ Action Director

Bagi Anda yang suka mengedit video akasi atau olahraga maka aplikasi Action Director ini bisa menjadi pilihan yang terbaik di perangkat Android. Aplikasi ini memang dioptimalkan untuk mengedit video aksi yang dilengkapi dengan berbagai efek film aksi.

Aplikasi video editing ini juga menawarkan tampilan yang simpel dan user friendly. Apalikasi ini cocok bagi Anda yang mendambakan aplikasi edit video keren di HP Android yang bisa dmanfaatkan dengan mudah sehingga cocok untuk pemula.

Semoga bermanfaat.

 

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel