Bagaimana Tips Hapus Cache iPhone yang Mudah

12 Dec 2023 10:24 475 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Tips Hapus Cache iPhone Yang Mudah

Cache adalah data sementara dari hasil pengoperasian sistem suatu perangkat. Contoh, hasil pengaturan kontak, media, dan lainnya yang tersimpan di sistem.

Kinerja sistem operasi di perangkat bisa dengan mudah dipengaruhi seperti iPhone menjadi lemot. Untuk itu pengguna harus tahu bagaimana cara hapus cache di iPHone agar mendapatkan performa perangkat ngebut atau lebih maksimal.

Para pengguna dapat menghapus riwayat penelusuran dan data di iPhone melalui proses menghapus cookie dengan mendapat izin yang kamu berikan ke situs web untuk menggunakan lokasi.

Dikutip dari laman Apple, sistem operasi iPhone akan menghapus cache secara otomatis jika perangkat sedang membutuhkan ruang memori. Tetapi pengguna juga dapat menghapus cache iPhone secara manual. Cara menghapusnya cukup mudah dan tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Juga dikutip dari laman resmi Support Google, membersihkan riwayat penelusuran di Safari tidak membantu membersihkan riwayat penelusuran yang disimpan secara terpisah. Dimaksudkan adalah terpisah dari situs web yang pengguna kunjungi atau riwayat penelusuran di app lainnya.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu kuatir penelusurannya hilang begitu saja. Bagaimana cara hapus cache di iPhone ?

Ada dua cara yang biasa dilakukan untuk menghapus cache di iPhone yaitu melalui situs web dan aplikasi.

1. Berikut ini cara menghapus cache di app Safari pada iPhone. Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu ‘Pengaturan’ kemudian gulir ke bawah hingga menemukan opsi browser ‘Safari’ lalu klik opsi tersebut kemudian cari dan pilih opsi ‘Bersihkan Riwayat dan data Situs Web’.

2. Aplikasi. Selain melalui situs Safari, pengguna juga dapat menghapus cache iPhone pada aplikasi dengan cara sebagai berikut :

Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu ‘Pengaturan’ kemudian klik opsi ‘Umum’ atau “General’. Kemudian gulir ke bawah dan klik opsi ‘Penyimpanan iPHone’ dimana kamu diwajibkan untuk memilih aplikasi yang dirasa terlalu banyak memakan ruang memori. Selanjutnya klik opsi ‘Hapus App’.

Semua cache bakal terhapus dengan klik opsi tersebut lalu kamu bisa mengunduh dan menginstal ulang aplikasi yang tadi dihapus.

Sekadar informasi bahwa fungsi cache adalah agar user bisa mengakses informasi dengan lebih cepat karena adanya data yang sudah tersimpan.

Secara jangka panjang, proses ini tentu akan sangat bermanfaat karena bisa menghemat waktu dan menjadikan semuanya lebih efisien saat kamu perlu membuka informasi yang serupa secara berulang kali.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel