4 Faktor Penting yang Wajib Jadi Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV

30 Nov 2023 16:15 203 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Wajib dibaca, khususnya untuk yang mau beli CCTV dalam waktu dekat.

Jika Anda adalah orang yang ingin melakukan pemasangan CCTV dalam waktu dekat, selamat! Anda membaca artikel yang tepat.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, CCTV dapat memberikan rasa aman kepada penggunanya karena dengan adanya CCTV, pengguna dapat melihat hal yang terjadi di area yang memang terpantau oleh CCTV.

Tidak seperti dulu dimana CCTV punya harga yang mahal. CCTV di zaman sekarang ini relatif terjangkau oleh berbagai kalangan. Namun downside-nya, terlalu banyak merek CCTV yang beredar di pasaran membuat kita bingung memilih merek CCTV yang tepat, bahkan sampai akhirnya tidak jadi membeli karena bingung mau beli yang mana.

Dalam memilih CCTV, penulis sendiri memastikan ada 4 unsur yang harus dijadikan pertimbangan utama. Ketika keempat unsur ini terpenuhi, maka CCTV tersebut adalah CCTV yang tepat untuk Anda beli.

 

1. Kualitas

“Ada harga, ada kualitas”. Pepatah tersebut saat ini tidak begitu relevan. Khususnya untuk produk-produk buatan China yang sekarang ini punya kualitas baik dengan harga yang murah. Bahasa Inggrisnya tuh value for money. Artinya, barang yang dibuat ternyata sesuai bahkan melebihi ekspektasi konsumen untuk produk tersebut.

Ketika Anda membeli sebuah CCTV, pastikan build quality dari CCTV yang Anda beli itu solid, pastikan lensanya jernih baik di siang hari ataupun mode infrared di malam hari. Untuk kamera luar atau outdoor, pastikan juga kamera tersebut memiliki sertifikasi IP rating setidaknya IP65 ke atas yang membuatnya tahan air dan debu.

Kemudian dari sisi software, pastikan juga aplikasi yang dimiliki memiliki performa yang baik dan sering mendapatkan update dari pengembang software-nya.

 

2. Garansi Purna Jual

Walaupun CCTV dibuat se-robust mungkin sehingga jarang mengalami kerusakan, garansi produk tetap harus menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli CCTV karena yang namanya produk buatan manusia itu tidak ada yang sempurna. Nah garansi ini menjadi salah satu pegangan Anda jika sewaktu-waktu CCTV yang Anda beli mengalami kerusakan. Tidak lupa, pastikan garansi yang Anda dapatkan itu setidaknya satu tahun. Karena makin lama garansi yang ditawarkan, maka semakin untung juga konsumen.

 

3. Harga

Seperti yang sudah dibahas di atas, merek CCTV yang beredar di Indonesia itu sangat banyak. Bahkan bisa membuat Anda yang sudah berniat membeli jadi batal.

Harga sendiri sebetulnya tidak bisa jadi pertimbangan yang utama. Poin nomor 1 dan 2 di harus dijadikan satu paket dengan poin nomor 3 ini. Maksudnya, ketika Anda menemukan sebuah CCTV dengan harga 100 ribu saja, Anda tidak lantas membeli produk tersebut dikarenakan harganya murah. Riset dulu kualitasnya seperti apa, prosedur klaim garansinya bagaimana serta berapa lama garansi yang diberikan.

Jika poin nomor 1 dan 2 sudah baik, barulah masuk ke poin soal harga. Sebuah CCTV dengan harga 100 ribu dengan kualitas yang tidak diketahui dan garansi yang hanya hitungan bulan tidak akan penulis rekomendasikan untuk dibeli jika dibandingkan dengan sebuah CCTV dengan harga 200 ribu namun punya garansi 1 tahun dan kualitasnya sudah terjamin, baik dari hasil ulasan pengguna lain atau jaminan dari nama baik merek yang sudah sejak lama terjun di dunia CCTV.

 

4. Keamanan Data

Yang namanya kamera CCTV dengan peruntukannya untuk meningkatkan keamanan tentunya harus punya tingkat keamanan yang tinggi. Salah satunya adalah kemampuannya dalam menghalau penyadapan atau peretasan.

Dari banyak kamera CCTV yang beredar, baik itu kamera IP maupun kamera analog, banyak diantaranya yang menyepelekan soal keamanan ini. Bahkan beberapa diantaranya sama sekali tidak menggunakan kata sandi untuk membatasi akses pengguna yang dapat mengakses kameranya sehingga banyak orang yang dapat akses, termasuk mereka yang mungkin punya niat jahat.

Walaupun berada di nomor 4, poin ini terbilang tidak kalah penting dari 3 poin di atas. Karena dengan kamera yang punya keamanan tinggi, maka rasa aman pun akan hadir dengan sendirinya. Beda ceritanya jika kamera Anda mudah diakses oleh orang yang tidak berkepentingan, yang ada malah menimbulkan stress bagi Anda.

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel