Fitur Baru Android 14 untuk Notifikasi Flash dan PIN Diperketat

5 Dec 2023 09:59 574 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fitur Baru Android 14 Untuk Notifikasi Flash Dan PIN Diperketat

Sistem operasi seluler Google terbaru yaitu Android 14 yang resmi dirilis tanggal 4 Oktober 2023 lalu mulai diluncurkan secara bertahap ke beberapa ponsel, tablet dan perangkat lainnya. Ada peningkatan pengguna Android 14 dimana secara umum terdiri dalam empat kategori yaitu aksesibilitas, penyesuaian, privasi dan keamanan. Untuk lebih mendatail mendapatkan informasi, berikut kami berikan beberapa fitur signifikan terhadap update Android 14 dan bagaimana cara mengakses serta mengaktifkannya dikutip dari Endgaddget.   

1/ Aksesibilitas

1.1/ Flash Notification

Hal terbaru yang muncul di Android 14 adalah flash notification, adalah fitur yang memungkinkan OS memicu cahaya kamera ponsel anda atau mencerahkan layar saat notifikasi muncul atau alarm berbunyi. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang mungkin mempunyai gangguan pendengaran. Sebelumnya dukungan untuk notifikasi cahaya tidak banyak tersedia di Android, hanya beberapa produsen termasuk Samsung yang menggunakannya. Para pengguna bisa mengaktifkan notifikasi ini dari menu pengaturan perangkat mereka. Geser ke       arah bawah dari atas layar ponsel anda guna mengakses notification shade lalu geser ke bawah lagi untuk memperluas quick settings. Ketuk ikon roda gigi di kanan bawah layar untuk mengakses menu pengaturan utama, dari sana ketuk ‘notifications’ (pemberitahuan) lalu ‘flash notificarions’. Dua tombol akan memungkinkan anda untuk mengaktifkan flash kamera dan layar secara terpisah satu dengan yang lainnya dan jika anda mengetuk ‘screen flash’ anda juga bisa mengubah warna cahaya, dengan ponsel Pixel akan menawarkan 12 opsi berbeda.

1.2/ Peningkatan dukungan untuk alat bantu dengar

Flash notifications bukan satu-satunya fitur baru Android 14 bagi mereka yang mungkin mengalami gangguan pendengaran. Di Android 13, Google mengelompokkan alat bantu dengar dengan perangkat Bluetooth lainnya dan sekarang fitur ini memiliki halaman khusus dalam pengaturan Android 14. Untuk bisa mengakses halaman tersebut, buka aplikasi pengaturan gulir ke bawah dan ketuk ‘accessibility’ lalu gulir ke bawah dan ketuk ‘hearing devices’ (alat bantu dengar). Di sini anda akan menemukan opsi untuk memasang alat bantu dengar dengan ponsel anda dan tombol yang memungkinkan anda menambahkan pintasan jhusus untuk perangkat tersebut.

1.3/ Font yang ada lebih besar

Untuk para pengguna tunanetra, Google menambahkan dukungan untuk jenis font yang lebih besar dan skala yang lebih cerdas. Pada perangkat Pixel, Android kini dapat memperbesar teks hingga 200 persen dibandingkan sebelumnya maksimal 130 persen. Sistem baru ini dibangun berdasarkan penskalaan non-linear sehingga teks yang sudah besar seperti judul dan sub-judul tidak akan bertambah ukurannya sebanyak unsur lain yang sebelumnya lebih kecil. Untuk bisa memperbesar teks, buka menu settings (pengaturan) lalu ketuk ‘display’ (tampilan) diikuti dengan ‘display size anda text’ (ukuran tampilan dan teks). Selain dua skala geser yang memungkinkan anda mengubah ukuran font dan semua yang ada di layar, halaman ini memiliki dua tombol yang bisa anda aktifkan guna menebalkan semua teks dan mengaktifkan font kontras tinggi.

1.4/ Zoom pakai cubit alias pinch

Android 14 dilengkapi zoom yang didesain ulang sehingga para pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan seberapa besar bagian layar yang ingin mereka perbesar.Panel ini menawarkan empat ukuran zoom yang berbeda-beda dan opsi untuk mengaktifkan pengguliran diagonal. Ini juga mencakup skala yang bisa anda gunakan untuk menambah atau mengurangi tingkat zoom.Untuk bisa mengaktifkan panel, buka menu pengaturan kemudian ketuk ‘accessibility’ diikuti dengan magnification (pembesaran).

 

2/ Customization

2.1/ Lebih banyak wallpaper dan kustomisasi layar terkunci

Meski secara teknis bukanlah hal baru lagi di Android 14, namun kemungkinan besar dua fitur wallpaper yang hadir dalam preview di ajang Google di I/O 2023 akan muncul di sebagian besar ponsel Pixel bersama Android 14. Fitur baru ini memungkinkan para pengguna membuat wallpaper khusus hingga 14 wallpaper emoji favorit mereka atau dengan bantuan AI. Pengaturan penyesuaian baru dapat diakses langsung dari layar beranda (homescreen) dengan tekan lama layar beranda dan ketuk opsi teratas. ‘Wallpaper & style’ kemudian akan membuka menu yang hubungannya relevan. Dari sini anda bisa menemukan opsi wallpaper AI dan emoji baru dengan mengetuk ‘more wallpaper’ dimana kedua opsi tersebut terletak di bagian atas interface.

2.2/ Preferensi wilayah

Apabila anda sering mengunjungi luar negeri, Android 14 memungkinkan para pengguna menyetel pilihan satuan yang lazim di wilayah ini misalnya dalam Celcius atau Fahrenheit atau menjadikan Minggu atau Senin sebagai permulaan pekan. Setelah anda menetapkan preferensi tersebut, Android 14 akan memindahkannya di antara backup dimana secara terpisah OS ini menawarkan dukungan yang lebih kuat untuk bahasa yang mempunyai gender seperti Perancis dan Jerman. Untuk mengatur preferensi regional anda, buka menu settings, ketuk ‘system’ lalu ‘languages’ diikuti ‘regional preferences’.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel