Cara Cek HP Bisa Pakai WhatsApp Atau Tidak

27 Nov 2023 13:15 524 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Anda Sudah Paham Cara Cek HP Bisa Pakai WhatsApp Atau Tidak

Seperti diketahui bahwa beberapa jenis smartphone android saat ini dipastikan tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp yaitu mulai diberlakukan sejak Selasa (24/10/2023), nah untuk jaga-jaga maka anda perlu menyimak cara mengecek apakah HP anda tetap dapat dukungan dari WhatsApp atau tidak.Menurut keterangan yang diberikan dari laman Pusat Bantuan (Help Center), WhatsApp mengungkap bahwa platformnya memiliki batasan dukungan terhadap sistem operasi (OS) di ponsel. Dimana semakin lawas, OS menjadi semakin ditinggalkan. Namun ada catatan kecil bahwa mulai tanggal 24 Oktober 2023 hanya OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru yang akan didukung, demikian keterangan WhatsApp.

Sejumlah smartphone Android dapat dipastikan tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai tanggal 24 Oktober 2023 dimana melalui artikel ini anda dapat mengetahui bagaimana cara mengecek apakah HP anda tetap dapat dukungan dari WhatsApp atau tidak. Mengecek HP anda apakah masih bisa memakai WhatsApp atau tidak penting untuk dilakukan karena tanpa fasilitas WhatsApp maka anda akan kesulitan dalam menggunakan HP tersebut menjadi benda yang tidak berguna karena fasilitas WhatsApp membantu HP memudahkan berbagi informasi ke sesame pengguna HP.

Merujuk keterangan di laman Pusat Bantuan (Help Center), WhatsApp mengungkap bahwa platformnya mempunyai batasan dukungan terhadap sistem operasi (OS) di ponsel. Makin lawas maka OS itu makin ditinggalkan. Lantas bagaimana cara mengecek apakah HP anda termasuk dalam daftar yang tidak bisa menggunakan WA ?  Anda dapat memeriksa menu pengaturan pada ponsel cerdas anda untuk bisa melihat apakah mendapatkan dukungan dengan cara aktifkan pengaturan (Settings)  > tentang ponsel (about phone) > informasi perangkat lunak (software information). Rata-rata ponsel cerdas memberikan informasi terkait seri androidnya pada ‘About phone’ atau tentang ponsel di pengaturan sehingga anda dapat dengan mudah mengetahui HP anda masih mendapatkan dukungan WhatsApp atau tidak.

Lebih lanjut untuk gadget terbitan Apple, WhatsApp belum mengubah kebijakan yang terakhir kali diperbaharui pada Oktober 2022 dimana seri yang palin lawas yang masih bisa memakai WhatsApp adalah iPhone 5S. Kami mendukung iOS 12 atau yang lebih baru tetapi kami sarankan untuk menggunakan versi terbaru yang tersedia, tulis perusahaan. WhatsApp menyampaikan pencabutan dukungan ini terkait fokus sumber daya terkait perkembangan teknologi. Untuk bisa mengikuti kemajuan teknologi terbaru, anda secara rutin menghentikan dukungan terhadap sistem operasi yang lebih lama dan mengarahkan sumber daya kami guna mendukung sistem operasi terbaru. Meskipun demikian perusahaan mengaku akan memberi tahu jika akan mencabut dukungan dari ponsel anda. Apabila perusahaan menghentikan dukungan terhadap sistem operasi yang anda gunakan maka anda akan diberitahu dan diingatkan beberapa kali guna meningkatkan perangkat anda agar dapat terus menggunakan WhatsApp.   

Dengan informasi resmi tersebut di atas, maka anda minimal harus mempunyai HP dengan sistem operasi seperti +HP Android dengan versi 5.0 atau lebih baru, + iPhone dengan iOS 12 atau lebih baru (minimal iPhone 5S) dan + ponsel KaiOS pada KaiOS 2.5.0 termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

Berdasarkan panduan tersebut di atas, berikut daftar HP yang sudah tidak bisa memakai WhatsApp per hari ini tanggal 24 Oktober 2023 dikutip dari India Today :

Samsung Galaxy S2, Nexus 7, iPhone 5, iPhone 5c, Archos 53 Platinum, Grand S Flex ZTE, Grand X Quad V987 ZTE, HTC Desire 500, Huawei Ascend D, Huawei Ascend D1, HTC One, Sony Xperia Z, LG Optimus G Pro, Samsung Galaxy Nexus, HTC Sensation, Motorola Droid Razr, Sony Xperia S2, Motorola Xoom, Samsung Galaxy Tab 10.1, Asus Eee Pad Transformer, Acer Iconia Tab A5003, Samsung Galaxy S, HTC Desire HD, LG Optimus 2X, dan Sony Ericsson Xperia Arc3.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel